Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Alasan Kenapa Telur Cocok Dijadikan Menu Santap Sahur

List Artikel
24 Mei 2019 | 0 Komentar

Telur termasuk superfood yang dinilai memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Harga bahan makanan yang satu ini tergolong lebih murah dibanding sumber protein hewani lainnya seperti daging sapi atau daging ayam. Inilah alasan utama kebanyakan orang lebih memilih untuk menjadikan telur sebagai menu santap sahur. Selain murah, masih ada lagi 5 alasan kenapa telur sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu santap sahur. Mari kita lihat!



Sumber : Pergikuliner.com


Memiliki Nutrisi yang Lengkap

Alasan pertama kenapa kamu harus sering makan telur saat sahur adalah karena nutrisinya yang sangat lengkap. Dalam telur terdapat kandungan vitamin A, vitamin B5, vitamin B12, vitamin K, vitamin D, vitamin E, kalsium, zinc, asam amino, fosfor, selenium, omega3, serta folat. Kandungan nutrisi yang lengkap inilah yang membuat telur masuk dalam kategori superfood. Dengan menyantap telur saat sahur, kamu bisa mendapatkan banyak sekali manfaat bagi tubuh ketika sedang berpuasa.

 

Membantu Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan saat sedang berpuasa memang tidaklah mudah. Meski sudah berpuasa seharian, tapi ketika kamu berbuka puasa dan sahur, biasanya apa yang ada di atas meja ingin segera kamu santap. Tak jarang ada orang yang kalap menyantap apa saja hingga perut kekenyangan. Perlu kamu ketahui kalau kandungan asam amino dalam telur bisa membuat berat badan kamu tetap terjaga.

 

Mudah Diolah

Kalau alasan yang satu ini tentu kamu sudah tahu. Telur menjadi bahan makanan yang bisa diolah menjadi kuliner apa saja. Mulai dari dibuat sunny side up, omelet, egg benedict, fuyunghai, hingga dijadikan olahan masakan Indonesia seperti telur balado, semur tahu, tahu opor, dan masih banyak lagi. Rasanya jika kita urutkan, ada puluhan menu telur yang ada di dunia. Jadi, kamu tak perlu takut bosan menyantap telur saat sahur karena kamu bisa mengganti-ganti jenis olahannya.

 

Membuat Kenyang Lebih Lama

Kamu tahu skor satiety index? Satiety index merupakan nilai yang menunjukkan kemampuan bahan makanan tertentu untuk dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga bisa mengurangi asupan kalori yang berlebihan. Meski tidak tidak memiliki kandungan serat yang tinggi, tapi telur menjadi salah satu bahan makanan dengan skor satiety index yang tinggi sehingga mampu membuat kamu kenyang lebih lama selama berpuasa.

 

Mengurangi Rasa Lelah

Jangan lupa kalau telur juga memiliki kandungan asam lemak omega 3, vitamin B, dan ionida yang ternyata mampu mengurangi rasa lelah, letih, dan lesu akibat terlalu padatnya aktivitas yang dilakukan. Dengan menyantap telur, maka suasana hati kamu juga bisa menjadi lebih baik sehingga rasa lelah yang ada mendera tubuh menjadi hilang seketika.

Jadi jangan ragu lagi ya untuk menyantap olahan telur saat sahur nanti!

Sunny Side Up

Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up

Coco Ichibanya

Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya

Spumante

Foto Spumante
Foto Spumante
Foto Spumante

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Salty Sam

Foto Salty Sam
Foto Salty Sam

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?