Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Berani Cobain 10 Makanan Aneh dari Jepang Ini?

List Artikel
14 Juli 2015 | 4 Komentar
Sushi, sashimi, ramen? Udah biasa dan banyak banget ditemui di Indonesia. Sebagian besar dari kamu pasti udah pernah makan ketiga makanan yang disebutin tadi, yakin banget deh. Tapi pernah denger ga makanan Jepang bernama shirako? Basashi? Atau fugu? Jepang memang terkenal akan kelezatan kulinernya. Saking kayanya Jepang akan kulinernya, Jepang sampe punya beragam makanan yang ga biasa dan aneh banget. Jangan heran kalaau tiba-tiba kamu ditawarin makan ulat atau serangga air yang buat kamu ga mungkin banget dimakan. Emangnya apa aja sih makanan-makanan Jepang yang aneh dan ekstrim-ekstrim banget? Ini dia nih!

Hachinoko

Hachinoko merupakan cemilan Jepang yang terbuat dari larva ulat. Cafe-cafe lokal di Jepang akan menghidangkan hachinoko apabila makanan kecil lainnya seperti kacang telah habis dimakan pengunjung. Karena terbuat dari larva, hachinoko sangat kaya akan kandungan protein. Konon katanya, almarhum Kaisar Hirohito gemar sekali makan hachinoko yang dimakan dengan nasi dan dibumbui kecap serta gula.



Basashi

Basashi merupakan makanan yang terbuat dari daging kuda yang disajikan secara mentah. Basashi sering dijumpai di provinsi Kumamoto, Nagano, Oita, dan juga Tohoku. Orang Jepang sangat menyukai kuliner ini. Saking sukanya, mereka bahkan juga memproduksi es krim dengan rasa serupa.


Sumber: IMG Arcade

Inago no Tsukudani

Inago dalam bahasa Indonesia berarti belalang. Sedangkan itu, tsukudani adalah kecap manis yang direbus bersama dengan mirin, sejenis bumbu yang mengandung alkohol. Jadi, bisa membayangkan bagaimana bentuknya inago no tsukudani? Di Jepang, makanan ini populer di provinsi Yamagata, Nagano, serta Gunma.



Shirako

Sekilas, makanan ini berbentuk seperti usus sapi yang disajikan mentah-mentah. Namun, shirako sebenarnya adalah bagian genital dari ikan yang mengandung sperma. Shirako sangat populer sebagai salah satu menu yang dihidangkan di beberapa bar di Jepang.


Sumber: Japan Centre

Kujira Iruca

Di Jepang, kujira adalah daging paus sedangkan iruca adalah daging lumba-lumba. Lho? Daging paus dicampur dengan daging lumba-lumba? Makanan ini memang terdengar aneh dan tidak lazim. Tapi jangan salah, kedua jenis daging tersebut menjadi salah satu menu sashimi andalan di beberapa restoran di Jepang. Daging-daging tersebut juga banyak dijual di supermarket-supermarket di Jepang.


Sumber: Aburiya 946

Natto

Natto merupakan makanan yang terbuat dari kedelai yang difermentasi dan memiliki bau yang sangat tajam. Natto yang sangat lengket ini biasa disajikan sebagai salah satu menu sarapan orang Jepang.


Sumber: Megumi Natto

Fugu

Udah sering dengar kan nama fugu? Fugu merupakan masakan yang terbuat dari sejenis ikan buntal yang beracun. Hebat kan orang Jepang, bisa banget menyulap ikan yang beracun tersebut menjadi masakan yang lezat? Hanya koki yang sudah ahli dan memiliki ijin saja yang boleh mengolah fugu karena tidak sembarang orang mampu menghilangkan racun ikan buntal sepenuhnya yang sangat berbahaya bagi kesehatan.



Zazamushi

Zazamushi adalah makanan yang terbuat dari serangga air. Makanan ini bisa kamu temukan di restoran-restoran di Jepang maupun di supermarket dalam bentuk kalengan. Zazamushi berasal dari kata mushi yang berarti serangga yang hidup di sungai yang mana seringkali membuat suara 'zaazaa' ketika air sungai tersebut mengalir.


Sumber: Travelzeed

Shiokara

Shiokara merupakan makanan laut yang difermentasi. Rasa shiokara sangat asin dan juga berbau amis.


Sumber: Telegraph

Shirouo no Odorigui

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang terbuat dari ikan Shirouo, ikan yang sangat kecil dan transparan, yang dimakan hidup-hidup. Shirouo seolah menari-nari (odorigui) di dalam mulut ketika kamu memakannya.


Sumber: J-Cul

Gimana? Aneh-aneh dan ga lazim banget kan? Ada yang berani cobain makanan-makanan tadi?


Topik artikel ini:
4 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Tulis pendapat kamu di sini...menjijay kan euw.,
angelayen89 | 07 Jan 2016 pk. 07:42 PM
Foto user umum
klo nato masih berani sisanya... ampun deh xixixi... mending k mangkok ramen aja deh (resto jepang deket rumah)
jualnicerdicer@gmail.com | 25 Aug 2016 pk. 05:40 PM
Foto user umum
Menjijikan semua ga may believe paling kayanya kalo disini gakkkk lakuuu!!!
arsyadkerenz@gmail.com | 21 Oct 2016 pk. 12:48 PM
Foto user umum
Japanese food is famous for its unique and delicious taste which makes it different from the taste of other dishes. There are many varieties, including snacks, fried foods, noodles and other types of dishes. Sushi is known as a variant of rice covered with a mixture of vinegar (made from sugar and salt) and combined with a variety of food ingredients including seafood, vegetables, nori (seaweed), and so on. . However, there are several types of sushi that use cooked ingredients that you can try. For clearer information, you can visit our website https://foodfunandfotos.com/
rezarinaldi0906@gmail.com | 20 Dec 2023 pk. 05:44 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?