Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cari Tahu, 5 Kuliner Khas Jogja yang Terkenal Pedas Tapi Bikin Ketagihan

List Artikel
29 Juli 2016 | 0 Komentar
Bagi para pecinta pedas, berburu kuliner pedas dari berbagai daerah tentunya menjadi kesenangan tersendiri. Sebagai orang Indonesia, menyantap kuliner pedas dengan cabai yang melimpah tentunya bukan hal yang asing lagi. Salah satu faktor penyebabnya yaitu rata-rata kuliner tradisional Indonesia memiliki rasa yang cukup pedas dibanding dengan kuliner negara lain. Yogyakarta, kota yang terkenal dengan kota pelajarnya ini terkenal dengan aneka masakannya yang manis. Namun, untuk para pecinta pedas, ternyata Yogyakarta juga mempunyai aneka kuliner pedas lho. Mau tahu apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini:


1. Sambal Goreng Krecek


Sumber: resepdanmasakan.com

Sambal goreng krecek terdiri dari krecek, tempe, tahu cokelat, tetelan, serta kacang tolo yang dimasak dengan bumbu pedas dan santan encer. Krecek sendiri terbuat dari kulit sapi yang sudah dikeringkan lalu digoreng menjadi kerupuk. Sambal goreng krecek ini biasanya disajikan bersama dengan nasi gudeg untuk mengimbangi rasa manis dari gudeg.


2. Oseng-oseng Mercon


Sumber: budaya-indonesia.org

Kuliner khas Jogja yang terkenal pedas selanjutnya adalah oseng-oseng mercon yang menjadi favorit di kalangan pelajar dan mahasiswa. Oseng-oseng mercon terbuat dari daging sapi, tetelan, irisan cabai, dan bumbu sambal yang super pedas sukses membuat kamu berkeringat. Biasanya oseng-oseng mercon dijual di warung kaki lima dekat kampus. Oseng-oseng mercon cocok disantap bersama dengan nasi putih hangat, ikan atau ayam goreng, serta lalapan. 


3. Ayam Geprek


Sumber: paketwisatajogja75.com

Ayam geprek merupakan ayam berbalut tepung yang kemudian digeprek di atas cobek sampai hancur lalu ditambahkan cabe, tomat, terasi, bawang, dan sedikit garam. Rasa gurih yang bercampur dengan pedasnya cabai mampu membuat kamu ketagihan. Biasanya ayam geprek dijual bersama dengan tongseng yang dapat berfungsi sebagai peredam rasa pedas.


4. Sop Merah


Sumber: www.imgrum.net

Sesuai dengan penampilannya yang merah membara, sop merah memiliki rasa pedas yang berasal dari cabai giling yang ada pada kuahnya. Dalam satu mangkuk sop merah biasanya terdiri dari ceker, paha, suwiran ayam, wortel, kol, serta daun bawang. Jika masih merasa kurang pedas, kamu bisa menambah level kepedasan pada sang penjual. Semakin pedas sop merah kamu, maka semakin pekat warna merah yang ada di dalam mangkokmu. 


5. Sate Petir


Sumber: www.brilio.net

Sesuai dengan namanya, sate petir mampu membuat kamu seperti tersambar petir karena level kepedasan yang menggila. Tak seperti sate kebanyakan yang menggunakan bumbu kacang, sate petir menggunakan bumbu kecap. Meski menggunakan bumbu kecap, potongan rawit yang melimpah menjadikan sate petir menggelegar ketika disantap. Sate petir terdiri dari dua jenis daging, yakni daging ayam dan daging kambing. Biasanya sate petir disajikan bersama dengan irisan bawang merah, tomat ,dan kol untuk sayurannya. 

Dapur Solo

Foto Dapur Solo

Nasi Gudeg Eyang Martin

Foto Nasi Gudeg Eyang Martin

Lara Djonggrang & La Bihzad Bar

Foto Lara Djonggrang & La Bihzad Bar

Gudeg Kandjeng

Foto Gudeg Kandjeng
Foto Gudeg Kandjeng

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?