Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

3 Rendang Vegetarian asli Indonesia yang Tidak Kalah Lezat dari Rendang Daging

List Artikel
2 September 2016 | 1 Komentar

Rendang atau randang dalam bahasa Minang, merupakan makanan khas Sumatera Barat yang memiliki bahan utama daging sapi atau kerbau. Rendang memiliki rasa yang cukup pedas karena ada campuran bumbu cabai di dalamnya. Warnanya yang hitam pekat serta tekstur bumbunya yang kental didapat dari cara memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa hingga mengering selama lebih dari empat jam lamanya. Jika biasanya rendang terbuat dari daging, ada juga lho rendang vegetarian asli Indonesia yang tak kalah enaknya dari rendang daging. Ingin tahu rendang vegetarian apa saja? Simak ulasannya berikut ini:



1. Rendang Nangka



Sumber: rendangunifarah.com


Rendang nangka dalam bahasa Minang disebut rendang cubadak. Nangka yang digunakan tentunya tak bisa sembarang nangka karena harus nangka muda. Nangka muda dipilih karena teksturnya yang menyerupai daging saat telah dimasak. Saat memilih nangka muda untuk dijadikan rendang, pilihlah nangka dengan biji kecil sehingga tak hancur saat dimasak dengan bumbu rendang. Teknik memasak rendang nangka berbeda dengan memasak rendang daging. Jika biasanya kamu memasukkan daging setelah minyak santan keluar, untuk nangka kamu bisa memasukkan kuah santan di awal. Keistimewaan dari rendang nangka ini adalah tidak terlalu berlemak. 



2. Rendang Telur



Sumber: tekgadih.com


Jika kamu membayangkan telur rebus bulat yang diberi bumbu rendang, kamu salah besar! Rendang telur khas dari daerah Payakumbuh, Sumatera Barat ini menggunakan telur yang dimasak dengan cara didadar. Telur dicampur dengan adonan tepung terigu atau tapioka, lalu digoreng tipis hingga kering. Setelah itu baru ditambahkan bumbu rendang. Telur dadar yang tadinya lunak akan menjadi kering dan crispy karena tercampur bumbu rendang. 



3. Rendang Ketan Hitam



Sumber: rendangunifarah.com


Rendang ketan hitam memiliki nama lain rendang sapuluik hitam dalam bahasa Minang. Rendang ini berasal dari daerah Simalanggang, Sumatera Barat. Cara membuatnya memang cukup rumit karena kamu harus menumbuk halus terlebih dahulu ketan hitam hingga menjadi tepung ketan hitam. Setelah itu campurkan telur dan sedikit santan serta aneka bumbu seperti bawang putih, bawang merah, garam, dan aneka rempah-rempah lainnya kemudian kukus dalam cetakan. Setelah matang, potong kotak-kotak lalu campur dengan bumbu rendang yang sudah mengental. Teksturnya mirip dengan daging hati yang agak kenyal. Rendang ketan hitam ini wajib ada saat acara adat di Simalanggang.


Marco Padang Grill

Foto Marco Padang Grill
Foto Marco Padang Grill
Foto Marco Padang Grill

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore

Rumah Makan Padang Raya II

Foto Rumah Makan Padang Raya II

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Hi kak, Perkenalkan saya merlyn dari situs HL8 ingin menawarkan kerjasama dalam bentuk program affiliasi ( PENCARI REFERAL ) dimana anda bisa mendapatkan keuntungan komisi 40% flat dari kami setiap bulannya, Apabila anda tertarik silahkan hubungi kami di affiliate[a]hl8asia .com atau langsung daftar di https://bit.ly/affindoHL8. (GRATIS TANPA DIPUNGUT BIAYA PENDAFTARAN) Terima kasih atas perhatiannya merlyn
affiliate@hl8asia.com | 18 Mar 2021 pk. 04:13 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?