Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Gimana Sih Cara Menyimpan Keju yang Benar?

List Artikel
31 Juli 2015 | 0 Komentar
Bagi kamu penggemar keju, wajib hukumnya memang untuk menyetok keju di rumah. Tapi, kamu pasti sering mengalami kendala dengan cara menyimpan keju kan? Keju yang kamu simpan kadang cepat kering, berjamur, bahkan basi. Padahal, kamu baru menyimpannya beberapa hari di kulkas dan masa kadaluarsanya masih sangat lama sekali. Lalu, bagaimana sih agar kita bisa menyimpan keju dengan benar sehingga awet dan tahan lama? PergiKuliner punya beberapa tips nih buat kamu supaya kamu bisa menyimpan keju dengan benar!

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat  membeli keju. Pastikan keju terbungkus dan tersegel dengan benar. Jangan beli keju yang kemasannya sudah rusak atau terbuka. Hindari keju yang terlihat kering dan sudah berubah warna, sekalipun masih dalam kemasan atau segel. Periksa tanggal kesegaran keju sehingga kamu bisa tahu sampai kapan keju tersebut masih boleh dikonsumsi. Gosok semua jenis keju Amerika seperti Grey, Bleu, atau Washed Rind dengan menggunakan minyak zaitun atau canola. Fungsinya tentu saja untuk membuat mereka tetap awet dan tahan lebih lama. Nah, mau tau tips-tips lainnya supaya keju tetap awet dan tahan lama? Simak yuk!

Gimana sih caranya agar keju tidak berjamur?

Beberapa keju yang berjamur memang ada yang masih bisa dimakan. Cara mengetahuinya adalah dengan mengecek perubahan aroma dan rasa. Bila aroma dan rasa keju tidak berubah, maka buang bagian yang berjamur, kemudian oleskan minyak zaitun atau canola, lalu simpan keju di wadah yang berbeda dari wadah semula. Untuk menghindari jamur berkembang, sebaiknya simpan keju di dalam kemasan plastik tertutup yang kedap udara. Hindari menyimpan keju di ruangan terbuka. Selain keju bisa dimakan oleh serangga, keju juga akan mudah sekali berjamur di tempat yang terbuka.



Lalu gimana caranya agar keju tidak kering?

Kulkas menjadi tempat penyimpanan yang terbaik untuk bahan makanan agar bisa bertahan lama, termasuk keju. Tapi, menyimpan keju di dalam kulkas biasanya justru membuat keju menjadi kering. Sebenarnya, keju yang kering masih aman untuk dikonsumsi selama masih disimpan di dalam kulkas. Keju akan menjadi berubah seperti semula saat bagian luarnya diparut karena hanya bagian luarnya saja yang kering. Nah, agar bagian luar keju tidak kering, pakailah wadah yang kedap udara untuk menyimpan keju. Cara ini lebih aman karena keju tidak akan terkontaminasi udara yang berada di dalam kulkas.


Sumber: Serious Eats

Kalau cara menyimpan agar keju tidak cepat basi?

Keju yang utuh atau sudah diparut dan dipotong sebaiknya dibungkus dengan kertas minyak atau alumunium foil dan dimasukkan ke dalam plastik. Simpan dalam wadah yang kedap udara di dalam lemari pendingin. Tujuannya agar keju tetap lembab. Jangan menyimpan keju bercampur dengan makanan lain yang beraroma tajam. Karena, saat keju 'bernafas', keju dapat menyerap bau tersebut dan merusak aroma dari keju itu sendiri.


Sumber: Food 52

Nah, itu dia cara menyimpan keju yang benar supaya keju yang kamu simpan nggak cepet basi. Berguna kan tips-tipsnya? Share yuk ke teman-temanmu!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?