Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Ikan Bakar Khas Korea yang Rasa dan Aromanya Sangat Menggoda

List Artikel
22 Januari 2024 | 0 Komentar

Ikan menjadi salah satu sumber protein yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Korea. Pasalnya ikan bisa didapat dengan mudah dengan harga yang sangat terjangkau. Tak berbeda jauh dengan Indonesia, Korea dikelilingi oleh lautan luas yang membuatnya memiliki banyak hasil laut. Melimpahnya hasil laut berupa ikan ini membuat banyak olahan ikan khas Korea yang bisa dinikmati, salah satunya adalah ikan bakar. Ikan bakar menjadi menu kuliner khas Korea yang memiliki banyak penggemarnya. Pasalnya ikan yang dibakar memiliki tekstur yang lebih lembut jika dibandingkan ikan yang digoreng. Berhubung kuliner ikan bakar sangat disukai, ada beragam olahan ikan bakar khas Korea yang bisa dinikmati, yuk cari tahu di bawah ini!


1. Godeungeo Gui



Sumber: Koreanbapsang.com


Ikan bakar khas Korea yang pertama adalah godeungeo gui. Godeungoe gui merupakan salah satu jenis ikan bakar khas Korea yang dibuat dari bahan dasar ikan makarel yang kemudian diasinkan terlebih dahulu selama beberapa hari hingga kering. Nantinya setelah diasinkan dan dikeringkan, ikan makarel ini akan ditaburi dengan garam laut kasar lalu dibakar hingga teksurnya melembut. Godeungeo gui ini sangat populer dan bisa dijumpai dengan mudah di pasar-pasar tradisional Korea.


2. Jangeogui



Sumber:  Kocis.go.kr


Jangeogui merupakan ikan bakar khas Korea yang juga sering dikonsumsi. Jangeogui sebenarnya terbuat dari belut laut yang dibumbui terlebih dahulu dengan beragam bumbu khas Korea seperti gochujang, kecap asin, dan lain sebagainya. Belut ini nantinya akan dibakar di atas bara api dengan dilapisi pemanggang besi. Untuk memanggangnya tidak membutuhkan waktu lama supaya tekstur dari belut laut yang dipanggang akan terasa lembut tapi masih tetap kenyal.


3. Kkongchi Gui



Sumber: Instagram.com/ksh1685


Selanjutnya ada kkongchi gui yang terbuat dari bahan dasar ikan saury pasifik. Ikan ini biasanya hanya bisa dijumpai pada saat musim gugur. Ikan saury pasifik memiliki ciri khas tubuhnya yang panjang seperti pedang dengan warna perak. Daging terbilang cukup tebal sehingga cocok untuk diolah menjadi ikan bakar. Untuk mengolahnya menjadi ikan bakar, ikan saury pasifik ini dibumbui dengan garam saja. Tidak seperti ikan bakar khas Korea lainnya yang dipanggang di atas arang, kkongchi gui dibakar di atas wajan teflon.


4. Imyeonsugui



Sumber: Instagram.com/lovely_sunny-0510


Imyeonsugui merupakan ikan khas Korea yang dibuat dari ikan tenggiri. Kuliner ini sangat wangi karena dbuat dengan cara mengoleskan mentega terlebih dahulu sebelum dibakar. Sebelum dibakar, ikan tenggiri harus dibersihkan terlebih dahulu dengan membuang sirip dan kepalanya. Baru setelahnya diolesi mentega dan dibakar di atas teflon sehingga tekstur luarnya menjadi lebih renyah.


5. Kodarigui



Sumber: Instagram.com/afterain8


Ikan bakar khas Korea yang terakhir adalah kodarigui. Ikan bakar ini dibuat dari bahan dasar ikan pollack yang memiliki tampilan paling berbeda jika dibandingkan ikan bakar lainnya. Hal ini dikarenakan kodarigui dibumbui dengan bumbu merah khas Korea seperti gochujang, bubuk cabai Korea, bawang putih concang, gula, dan kecap asin yang dioleskan di atas ikan, baru kemudian dipanggang hingga matang. Setelah matang, kodarigui akan ditaburi dengan daun bawang dan biji wijen.


Itu dia 5 jenis ikan bakar khas Korea, kira-kira kamu kepingin cobain yang mana nih? Jangan bingung kalau kamu mau cari tempat makan khas Korea, PergiKuliner sudah siapkan rekomendasinya untuk kamu di bawah ini. Yuk simak!

88 Korean Kitchen

Foto 88 Korean Kitchen
Foto 88 Korean Kitchen
Foto 88 Korean Kitchen

Gamagol Korean BBQ & Grill

Foto Gamagol Korean BBQ & Grill
Foto Gamagol Korean BBQ & Grill
Foto Gamagol Korean BBQ & Grill

ILLUA Korean Restaurant

Foto ILLUA Korean Restaurant
Foto ILLUA Korean Restaurant
Foto ILLUA Korean Restaurant

Sookdal Premium Korean BBQ

Foto Sookdal Premium Korean BBQ
Foto Sookdal Premium Korean BBQ
Foto Sookdal Premium Korean BBQ

Chan Chan Korean BBQ

Foto Chan Chan Korean BBQ
Foto Chan Chan Korean BBQ
Foto Chan Chan Korean BBQ

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?