Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Hanya Beda Satu Huruf, Ini Perbedaan Rengginang dengan Renggining

List Artikel
22 Januari 2024 | 0 Komentar

Teman Kuliner termasuk orang yang suka menyantap camilan yang gurih dan bertekstur garing? Salah satu camilan dengan rasa gurih dan tekstur garing adalah rengginang dan renggining. Mendengar kedua nama tersebut, Teman Kuliner pasti bertanya-tanya apakah keduanya merupakan dua kuliner yang berbeda? Sebagian orang menganggap keduanya sama saja karena sama-sama berbentuk bulat dengan tekstur renyah dan garing dan rasa yang gurih. Ditambah lagi keduanya ini juga termasuk ke dalam kategori kerupuk karena sebelum dimasak, rengginang dan renggining harus dijemur terlebih dahulu supaya nantinya saat digoreng akan mekar layaknya kerupuk. Keduanya juga memiliki nama yang sama dan mirip karena hanya ada satu perbedaan huruf saja di dalamnya. Lantas, bagaimana cara kita membedakan keduanya? Tenang saja Teman Kuliner, di bawah ini ada beberapa perbedaan rengginang dengan renggining, yuk simak!

 


Rengginang (Sumber: pikiran-rakyat.com)


Daerah Asal

Jika dilihat dari daerah asalnya, rengginang dengan renggining berasal dari provinsi yang sama tapi beda daerah. Baik itu rengginang dan renggining sama-sama berasal dari Jawa Barat.  Bedanya, renggining asalnya berasal Pangandaran, sedangkan rengginang asalnya dari Cirebon. Sebenarnya hingga saat ini asal dari rengginang masih diperdebatkan. Meski ada yang mengatakan kalau rengginang asalnya dari Cirebon, tapi ada juga yang mengatakan kalau asalnya dari Betawi.  

 

Bahan yang Digunakan

Jika dilihat dari bahan-bahan yang digunakan, rengginang dan renggining ternyata memiliki bahan dasar yang sangat berbeda. Rengginang dibuat dari bahan dasar beras ketan, sedangkan renggining dibuat dari bahan dasar ubi khas Pangandaran. Jenis ubi yang digunakan adalah ubi ungu. Tapi bisa juga menggunakan jenis ubi lainnya. Sedangkan untuk beras ketan yang digunakan adalah beras ketan putih yang nantinya akan dicampur dengan sedikit garam dan gula pasir untuk menambahkan rasanya. Selain bumbu tersebut, biasanya rengginang juga diberi sedikit terasi supaya aromanya lebih wangi dan rasanya berbeda.



Renggining (Sumber: Slatic.com) 


Cara Mengolah

Untuk cara mengolah kedua camilan ini juga berbeda. Proses pembuatan rengginang jauh lebih sulit dan rumit jika dibandingkan pembuatan renggining. Dalam pembuatan rengginang, beras ketan harus dicuci dan didiamkan selama beberapa menit lalu dikukus terlebih dahulu, setelah dikukus, beras ketan akan disiram oleh rebusan air yang sudah diberi bumbu. Lalu nantinya beras ketan harus dikukus hingga matang. Barulah setelah matang akan dibentuk bulat dan dijemur hingga kering. Sementara untuk pembuatan renggining, Teman Kuliner hanya perlu mengukus ubi dan melumatkannya serta mencampurnya dengan bumbu lalu mencetaknya sebelum dijemur hingga kering.



Rengginang (Sumber: amazonnews.com)


Bentuk dan Tampilan

Jika dilihat dari bentuk dan tampilannya, Teman Kuliner akan menemukan perbedaan di antara keduanya. Meski keduanya sama-sama berbentuk bulat, tapi jika diperhatikan, bentuk lingkarannya ini berbeda di dalamnya. Untuk rengginang, berhubung dibuat dari bahan dasar beras ketan, maka tampilannya ini seperti butiran beras yang mengumpul menjadi satu. Sedangkan untuk renggining memiliki bentuk yang seperti uliran karena dicetak panjang-panjang sebelum akhirnya dibentuk lingkaran.

 


Renggining (Sumber: Vindyputri.com)


Rasa dan Tekstur

Berhubung menggunakan dua bahan yang berbeda, maka rasa dari kedua camilan ini sangatlah berbeda. Rengginang yang dibuat dari beras ketan cenderung memiliki rasa yang gurih asin dengan tekstur yang padat tapi garing. Berbeda dengan renggining yang rasanya cenderung gurih manis karena bahan dasarnya adalah ubi. Tektsur dari renggining juga lebih empuk dan lebih berongga jika dibandingkan tekstur rengginang.

 

Itulah beberapa perbedaan dari rengginang dan renggining yang bisa Teman Kuliner pahami dan pelajari. Semoga dengan adanya perbedaan di atas, Teman Kuliner bisa dengan mudah membedakan keduanya. Sekarang, yuk cek rekomendasi kedai cemilan yang bisa kamu tuju di bawah ini!

Tahu Kriuk Yes

Foto Tahu Kriuk Yes
Foto Tahu Kriuk Yes
Foto Tahu Kriuk Yes

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

YOMS Pisang Madu & Gorengan

Foto YOMS Pisang Madu & Gorengan
Foto YOMS Pisang Madu & Gorengan
Foto YOMS Pisang Madu & Gorengan

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Pastellia

Foto Pastellia
Foto Pastellia
Foto Pastellia

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?