Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Buah yang Tak Boleh Absen Pada Santapan Rujak

List Artikel
11 Agustus 2020 | 0 Komentar

Rujak menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang rasanya bisa kita jumpai hampir di setiap daerah yang ada di Indonesia. Rujak bisa menjadi cemilan atau bisa juga dijadikan makanan penutup. Rujak dibuat dari buah-buahan yang disantap bersama dengan cocolan sambal khasnya. Sambal rujak atau bumbu rujak ini dibuat dari bahan dasar kacang tanah goreng yang dihaluskan lalu diberi cabai rawit, garam, asam jawa, dan gula merah. Semua bahan tersebut diulek menjadi satu. Ciri khas dari rujak adalah citarasanya yang segar, asam, manis, dan pedas. Sebenarnya ada banyak sekali jenis buah yang dapat dijadikan rujak. Tapi ada lima yang tak boleh absen dari santapan rujak, yaitu:


1. Bengkuang



Sumber: Medkomtek.com


Buah pertama yang wajib ada dalam santapan rujak adalah bengkuang. Bengkuang merupakan buah yang memiliki tekstur garing dan renyah sehingga sangat pas jika dijadikan sebagai cemilan. Buah ini berbentuk bulat menguncup pada bagian atasnya. Warnanya putih dan punya cita rasa sedikit manis. Selain teksturnya yang garing, bengkuang kelebihan lainnya yakni kadar airnya yang banyak.


2. Kedondong



Sumber: Tempo.co


Buah kedua yang wajib ada pada santapan rujak adalah kedondong. Kedondong memang terbilang agak sulit dijumpai karena musim berbuahnya sangat jarang. Meski demikian, kamu bisa menjumpainya di pasar tradisional. Kedondong memiliki tampilan warna yang kehijauan dan sekilas mirip buah yang belum matang. Saat dikupas, bagian dalamnya akan berwarna kekuningan. Ciri khas dari kedondong adalah bijinya yang memiliki rambut duri. Untuk teksturnya sendiri renyah dan padat. Kedondong punya cita rasa yang agak asam sehingga cocok untuk dijadikan rujak.


3. Nanas



Sumber: Idntimes.com


Berikutnya ada nanas. Nanas merupakan salah satu buah tropis yang bisa dijumpai dengan mudah di Indonesia dengan harga murah. Nanas yang cocok digunakan untuk rujak adalah nanas yang masih setengah matang sehingga buahnya masih kekuningan dengan cita rasa yang manis asam. Jika terlalu matang, maka rasanya akan terlalu manis sehingga tidak cocok untuk rujak. Teksurnya juga menjadi empuk. Sementara tektur buah yang cocok untuk rujak adalah garing atau kenyal.


4. Mangga Muda



Sumber: 1health.id


Selain nanas, mangga juga mudah dijumpai. Apalagi saat sedang musimnya. Sama seperti nanas, mangga memang cocok dijadikan rujak, tapi sebaiknya pilih mangga yang masih muda karena teksturnya lebih kenyal dan rasanya cendrung asam manis. Mangga yang sudah matang rasanya manis sehingga tidak cocok untuk rujak.


5. Jambu Air



Sumber: Winnertnews.com


Terakhir ada jambu air yang merupakan salah satu jenis jambu yang cocok untuk dijadikan rujak. Jambu air memiliki warna kulit yang merah dengan bagian daging dalamnya yang berwarna putih. Cita rasanya asam, sepat, dan ada sedikit rasa manisnya. Selain jambu air, jenis jambu yang sangat cocok untuk rujak adalah jambu boi, jambu Semarang, dan jambu monyet.


Nah, itu dia jenis buah yang nggak boleh absen kalau kamu ingin makan rujak. Rujak tanpa buah-buahan di atas rasanya tidak lengkap, bukan? Kalau menurut kamu, ada lagi nggak sih buah-buahan yang nggak boleh ketinggalan saat "ngerujak"?

Rujak Kolam Medan

Foto Rujak Kolam Medan
Foto Rujak Kolam Medan
Foto Rujak Kolam Medan

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

PUSH Juice

Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?