Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Mie Putih Khas Asia yang Lezatnya Nggak Kalah Satu Sama Lain

List Artikel
11 Agustus 2020 | 0 Komentar

Asia dikenal dengan beragam kuliner mie yang khas. Rasanya hampir seluruh negara yang ada di Asia, punya kuliner mie khasnya masing-masing. Jika kita kumpulkan ada banyak sekali jenis mie yang tersebar di seluruh penjuru Asia. Tapi secara umum, kita bisa menggolongkan mie menjadi dua jenis, yakni mie kuning dan mie putih. Untuk mie kuning biasanya dibuat dari campuran tepung terigu dan telur. Sementara untuk mie putih kebanyakan dibuat dari bahan tepung beras atau tepung terigu tanpa telur sehingga teksturnya lebih kenyal. Indonesia sendiri juga punya mie putih yang dinamakan bihun. Selain bihun juga ada mie sagu dan kwetiau. Tak hanya Indonesia saja yang punya mie putih, negara-negara Asia lainnya juga punya mie putih. Beberapa di antaranya adalah:


1. Pho dari Vietnam



Sumber: Pergikuliner.com


Mie putih yang pertama datang dari Vietnam, yakni ada phoyang memang sudah sangat terkenal sekali di Indonesia. Pho dikenal sebagai mie putih berkuah yang dilengkapi dengan irisan daging sapi tipis, daun ketumbar,cakwe, hingga perasan jeruk nipis di atasnya. Cita rasanya sangat gurih karena menggunakan kaldu sapi sedangkan teksturnya punya perpaduan antara kenyal dan lembut


2. Kake Udon dari Jepang



Sumber: Pergikuliner.com


Kake udon yang berasal dari Jepang juga bisa dengan mudah dijumpai di Indonesia karena restoran udon sendiri ada banyak jumlahnya. Udon merupakan mie putih asal Jepang yang bentuknya cukup tebal dan kenyal. Kake udon sebenarnya ada udon yang dimasak lalu disiram dengan kombudashi atau kuah kaldu dan diberi taburan daun bawang di atasnya. Biasanya akan ada tambahan topping lainnya seperti daging iris bumbu dan tempura.


3. Janchi Guksu dari Korea Selatan



Sumber: Koreanbapsang.com


Selanjutnya ada janchi guksu yang asalnya dari Korea Selatan. Janchi guksu ini merupakan mie putih yang terbuat dari tepung terigu. Teksturnya lembut karena bentuknya sangat tipis, mirip bihun. Janchi guksu disajikan bersama dengan kaldu ikan lalu diberi tambahan topping seperti irisan daging rebus, telur dadar, mentimun, wortel, dan daun bawang. Kuliner ini banyak disajikan pada saat acara penting seperti pernikahan. 


4. Pancit Palabok dari Filipina



Sumber: Foxyfolksy.com


Pancit palabok menjadi mie putih asal Filipina yang sering dijuluki sebagai mie siram. Pancit Palabok dibuat dari bahan dasar bihun atau mie beras yang disiram dengan kuah kental berwarna orange lalu diberi tambahan beragam topping yang meriah. Mulai dari udang rebus, irisan daging ayam atau babi, daun bawang, bawang putih, dan saus tinapa. Cita rasanya sangat gurih dengan perpaduan tekstur lembut dan legit.


5. Kyay Oh dari Myanmar



Sumber: Tasteatlas.com


Terakhir ada kyay oh yang asalnya dari Myanmar. Kyay oh ini dibuat dari bahan dasar bihun atau mie beras yang direbus lalu diberi siraman kuah kaldu daging dan diberi aneka topping seperti sawi hijau, irisan daging sapi, telur puyuh rebus, tahu putih, dan bakso ikan. Cita rasanya sangat segar dan gurih. Banyak yang mengatakan kalau kuliner ini mirip bihun rebus dari Indonesia.


Gimana, terlihat enak-enak banget kan sajian kuliner dari mie putih khas Asia ini. Dari kelimanya, mana nih yang kira-kira jadi favorit kamu? Nah, kalau kamu mau cobain aneka sajian mie putih khas Asia, bisa langsung datang ke tempat-tempat ini ya!

Pho Street

Foto Pho Street
Foto Pho Street

Bihun Bebek Beijing

Foto Bihun Bebek Beijing
Foto Bihun Bebek Beijing
Foto Bihun Bebek Beijing

Bihun Bebek & Ayam TPI

Foto Bihun Bebek & Ayam TPI
Foto Bihun Bebek & Ayam TPI

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?