Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kuliner Pedas Khas Indonesia yang Jadi Idaman

List Artikel
19 Mei 2021 | 0 Komentar

Meski punya aneka kuliner yang beragam, tapi kebanyakan masyarakat Indonesia punya satu selera yang sama yakni menyukai kuliner pedas. Hal ini dikarenakan beberapa hal. Mulai dari mudahnya mendapatkan cabai yang memberikan rasa padas pada setiap masakan, tradisi yang sudah turun temurun, dan pastinya karena kenikmatan yang diberikan oleh kuliner pedas khas Indonesia ini, kita bisa menyantap makanan dengan lahap. Dengan keanekaragam budaya yang dimiliki Indonesia, tak heran kalau masing-masing daerahnya punya kuliner pedas khas Indonesia. Dari banyaknya kuliner pedas khas Indonesia, ada tujuh yang jadi idaman banyak orang, apa saja?

 

1. Rujak


Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner pedas khas Indonesia yang jadi idaman yang pertama adalah rujak. Rujak adalah kuliner pedas khas Indonesia yang paling disukai. Kuliner ini terbuat dari bahan dasar buah-buahan segar yang kemudian akan disantap dengan cocolan saus kacang pedas. Biasanya buah-buahan yang digunakan adalah mangga muda, nanas, jambu air, kedondong, bengkoang, pepaya muda, dan masih banyak lagi. Rasa dari buah-buahan yang manis asam sangat cocok berpadu dengan saus kacang yang pedas manis. Rujak bisa dengan mudah kita jumpai di beberapa daerah yang ada di Indonesia, termasuk di Pulau Jawa karena lebih banyak pedagang rujak di sana.


2. Seblak



Sumber: Pergikuliner.com


Setelah rujak ada seblak yang juga menjadi kuliner pedas khas Indonesia yang jadi idaman. Seblak adalah kuliner khas Jawa Barat, tepatnya kota Bandung. Bahan utamanya sangat unik karena terbuat dari beragam jenis kerupuk yang sudah digoreng lalu nantinya kerupuk tersebut akan direbus bersama dengan daging ayam, ceker ayam, sosis, bakso, telur, dan lain sebagainya. Untuk bumbunya sudah pasti ada cabai, bawang putih, dan kencur, dan garam. Rasa pedas dari seblak ini ada levelnya. Semakin tinggi levelnya, maka semakin pedas rasa seblak tersebut.


3. Aneka Penyetan



Sumber: Pergikuliner.com


Bagi yang suka makan kuliner kaki lima pastinya pernah menyantap aneka penyetan. Aneka penyetan ini awalnya dari Jawa Timur dan banyak dijumpai di kota Surabaya. Aneka penyetan adalah kuliner yang memiliki tiga komponen utama di dalamnya yakni ayam, sambal, dan lalapan. Untuk penyajiannya, ayam yang sudah dibumbui  dan digoreng hingga garing lalu disajikan bersama dengan sambal, lalapan, dan pastinya nasi putih. Dinamakan penyetan karena sebelum disajikan, ayam akan dipenyet terlebih dahulu dan diberi sambal. Tak hanya bisa dibuat dari ayam saja, aneka penyetan ini juga bisa dibuat dari daging bebek, iga sapi, udang, tahu, tempe, dan lain sebagainya.


4. Dendeng Balado



Sumber: Pergikuliner.com


Dari pulau Jawa, kita beralih ke daerah Sumatera Barat. Ada dendeng balado yang juga menjadi kuliner pedas khas Indonesia. Dendeng balado ini merupakan salah satu menu wajib yang ada di rumah makan Padang. Bahan utamanya terbuat dari daging sapi atau daging kerbau yang sudah diiris-iris kemufian direbus dengan aneka bumbu rempah dan digoreng atau dijemur hingga kering, barulah dilumuri dengan bumbu khas balado yang punya cita rasa pedas. Dendeng balado ini sangat enak sekali disantap dengan nasi putih hangat.


5. Sambal Goreng Kentang Ati



Sumber: Popbela.com


Kuliner pedas khas Indonesia tak akan lepas dari yang namanya sambal goreng kentang ati. Tidak diketahui secara pasti asal dari sambal goreng kentang ati. Tapi pastinya kuliner ini banyak dijumpai di beberapa daerah yang ada di Pulau Jawa, terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, sambal goreng kentang ati dibuat dari bahan dasar kentang dan hati. Hati yang digunakan bisa berupa hati sapi maupun hati ayam. Setelah dicuci bersih, hati dan kentang dipotong dadu lalu digoreng hingga matang. Setelah itu barulah dimasak lagi dengan bumbu sambal goreng dan santan sehingga rasanya jadi lebih gurih.


6. Sambal Goreng Krecek



Sumber: Kompas.com


Selain menggunakan kentang dan hati, bumbu sambal goreng juga digunakan pada krecek menjadi sambal goreng krecek. Krecek ini adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi. Selain krecek, dalam kuliner ini juga terdapat kacang tolo, tahu cokelat, tempe, dan cabai rawit merah utuh. Sambal goreng krecek asalnya dari Yogyakarta dan selalu disertakan menjadi lauk pada sajian nasi gudeg. Hal ini dikarenakan gudeg memiliki rasa manis sehingga akan cocok jika dipadukan dengan sambal goreng krecek yang rasanya pedas.


7. Ayam Rica



Sumber: Kompas.com


Terakhir ada ayam rica yang asalnya dari Manado, Sulawesi Utara. Manado memang dikenal sebagai daerah yang punya banyak kuliner bercita rasa pedas. Ayam rica adalah ayam bumbu pedas khas Manado yang bisa membuat Teman Kuliner nambah nasi. Ayam rica ini dibuat dengan cara menumis ayam bersama dengan bumbu rica atau bumbu pedas. Aromanya sangat wangi karena ada campuran daun jeruk dan pandan di dalamnya. Selain ayam, bumbu rica juga bisa digunakan pada olahan ikan, telur, hingga seafood.

 

Aneka kuliner pedas khas Indonesia di atas bikin Teman Kuliner ngiler nggak nih? Buat yang ingin mencicip salah satu kuliner pedas khas Indonesia yang jadi idaman banyak orang tersebut, Teman Kuliner bisa datang langsung ke salah satu tempat makan yang ada di bawah ini!

Rumarica

Foto Rumarica
Foto Rumarica
Foto Rumarica

Seblak Sultan

Foto Seblak Sultan
Foto Seblak Sultan
Foto Seblak Sultan

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Rujak Kolam Medan

Foto Rujak Kolam Medan
Foto Rujak Kolam Medan
Foto Rujak Kolam Medan

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?