Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

List Artikel
18 Mei 2021 | 0 Komentar
Belakangan ini, buah alpukat menjadi salah satu superfood yang populer di kalangan masyarakat. Buah alpukat bisa dimakan langsung maupun dijadikan berbagai minuman olahan seperti avocado coffee, es alpukat dan alpukat kocok. Menariknya lagi, karena manfaat buah alpukat ini sangat banyak, buah alpukat  bisa diolah juga sebagai menu sarapan yang sehat dan bergizi. Buah alpukat sendiri sering disebut superfood atau makanan super karena kandungan nutrisi dan manfaatnya yang beragam. Penasaran ingin tahu apa saja sih manfaat buah alpukat untuk kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini!


Sumber: Pergikuliner.com

1. Menu Diet yang Sehat
Manfaat buah alpukat yang pertama adalah buah alpukat dapat menjadi menu diet yang sehat untuk kamu. Mengonsumsi buah alpukat memang dapat membuat kamu kenyang lebih lama sehingga jumlah kalori yang masuk ke tubuh tentunya bisa jadi lebih rendah dan bagus untuk menurunkan berat badan. Buah alpukat juga tinggi serat dan rendah karbohidrat yang berperan penting dalam menurunkan berat badan. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsinya sebagai menu diet.

2. Mencegah Penyakit Kronis
Manfaat buah alpukat selanjutnya ialah kaya akan antioksidan dan lemak tak jenuh, dimana keduanya ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan resiko stroke. Buah alpukat juga kaya akan serat dan mengonsumsi buah yang mengandung serat tinggi tentunya bisa melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit jantung coroner, diabetes, stroke, hipertensi dan obesitas.

3. Memperbaiki Masalah Pencernaan
Sering mengalami masalah sulit buang air besar? Dengan mengonsumsi buah alpukat secara rutin maka hal itu dapat membantu mengatasi masalah pencernaanmu. Mengonsumsi buah alpukat yang tinggi serat diketahui juga dapat membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah kanker usus besar.

4. Sumber Nutrisi Terbaik Untuk Ibu Hamil
Buah alpukat merupakan sumber folat terbaik yang penting dikonsumsi untuk ibu hamil. Sebab selama masa kehamilan, kebutuhan folat akan bertambah guna membantu pembentukan sel dan jaringan baru. Asupan folat yang cukup bagi ibu hamil juga bisa menurunkan resiko keguguran dan cacat lahir pada janin. Maka dari itu, mengonsumsi buah alpukat yang mengandung folat saat hamil sangat bagus untuk pertumbuhan janin yang sehat.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat buah alpukat berikutnya adalah buah alpukat diketahui sangat bagus untuk kesehatan mata. Buah alpukat mengandung beta karoten dan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga penglihatan. Disamping itu, kandungan vitamin A yang tinggi pada buah alpukat juga membantu menurunkan resiko degenerasi makula yang sering dialami pada orang lanjut usia. Kandungan lutein dan zeaxanthin juga bisa membantu meminimalisir kerusakan mata akibat sinar ultraviolet.

6. Menurunkan Resiko Depresi
Selain bagus untuk ibu hamil, ternyata kandungan folat pada buah alpukat juga bisa bermanfaat untuk membantu menurunkan resiko depresi seseorang. Sebab kandungan folat dapat bekerja untuk mengurangi penumpukan homosistein, dimana zat ini dapat menganggu proses sirkulasi dan pengiriman nutrisi ke otak. Kelebihan zat homosistein juga dapat mengganggu produksi serotonin dan dopamin dalam tubuh, yang mana kedua zat ini berfungsi untuk mengatur suasana hati dan nafsu makan seseorang.

Semoga beberapa manfaat buah alpukat diatas dapat membantu kamu mengenal kandungan nutrisi dan vitamin dalam buah alpukat. Sekarang sudah jelas mengapa buah ini dijuluki sebagai superfood. Karena selain enak, ternyata buah alpukat menyimpan begitu banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan. Buah alpukat juga sangat mudah diolah menjadi berbagai macam menu makanan dan minuman sehat nan bergizi. Selain itu, buah alpukat juga menjadi campuran enak untuk kopi loh. Nah, buat Teman Kuliner yang ingin makan buat alpukat yang enak, langsung aja mampir ke tempat-tempat di bawah ini!

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Kopi Yor

Foto Kopi Yor
Foto Kopi Yor
Foto Kopi Yor

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?