Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Street Food Khas Korea yang Punya Cita Rasa Manis Menggoda

List Artikel
17 Mei 2021 | 0 Komentar

Siapa yang suka menyantap kuliner khas Korea? Kuliner Korea dikenal dengan cita rasa yang unik dan pastinya lezat. Kuliner Korea yang banyak populer di kalangan masyarakat adalah street food khas Korea. Street food khas Korea menjadi populer karena seringkali muncul dalam K-drama serta variety show yang menampilkan idol K-pop. Rata-rata street food Korea ini memiliki cita rasa asin gurih seperti tteokpokki, odeng, mandu, hingga aneka twigim alias gorengan khas Korea. Selain punya cita rasa gurih, ternyata street food khas Korea ini juga punya rasa manis yang tak kalah populernya. Terdapat setidaknya lima street food khas Korea yang punya cita rasa manis, yaitu:


1. Hotteok



Sumber: Pergikuliner.com


Street food khas Korea yang punya cita rasa manis pertama adalah hotteok. Hotteok ini banyak dijumpai di pedagang gerobak kaki lima di pagi hingga malam hari. Hotteok merupakan roti goreng khas Korea yang terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung ketan sehingga teksturnya jadi lebih kenyal. Sedangkan isiannya terbuat dari kacang cincang dan gula palem sehingga rasanya lebih legit. Hotteok memiliki bentuk bulat pipih dan ukurannya cukup besar sehingga hanya menyantap satu saja sudah kenyang.


2. Bbopki



Sumber: Fictionkitchenpodcast.com


Bbopki merupakan salah satu street food khas Korea yang sangat disukai oleh anak-anak karena punya cita rasa manis dan legit. Bbopki banyak dijumpai di pinggir jalan dekat sekolah. Penjual bbopki ini mirip dengan penjual permen gulali Indonesia karena menggunakan gerobak kecil. Bbopki adalah permen gula tradisional yang dibuat dari bahan dasar gula yang dicairkan lalu dimasak hingga menjadi karamel dan dibentuk atau dicetak sesuai dengan keinginan kita, termasuk dicetak bentuk tokoh animasi favorit seperti doraemon. Berhubung ada banyak sekali bentuk bbopki yang ditawarkan, maka tak heran kalau anak-anak sangat menyukainya. 


3. Jipangyi



Sumber: Idntimes.com


Suka makanan manis dan dingin? Jipangyi menjadi street food khas Korea yang pastinya Teman Kuliner suka. Jipangyi adalah es krim khas Korea yang tampilannya unik karena memiliki bentuk seperti huruf ā€˜Jā€™. Cone es krim jipangyi memang berbentuk seperti huruf ā€˜Jā€™ dengan bagian dalam yang diisi dengan es krim vanilla. Cone es krim jipangyi ini terbuat dari tepung jagung sehingga teksturnya jadi lebih lembut tapi tetap garing. Selain es krim rasa vanilla, ada juga rasa lainnya yang bisa Teman Kuliner icip seperti rasa cokelat, strawberry, dan lain sebagainya. Di Korea, jipangyi banyak dijual di pinggir jalan dekat sekolah-sekolah. Sementara di Indonesia, kita bisa menjumpai gerainya di beberapa pusat perbelanjaan meski saat ini sudah agak susah dijumpai.


4. Bungeoppang



Sumber: Mykoreankitchen.com


Selanjutnya ada bungeoppang yang memiliki bentuk unik karena menyerupai ikan. Bungeoppang sebenarnya adalah kue yang bentuknya seperti ikan. Pada bagian dalam dari bungeoppang ini terdapat isian pasta kacang merah yang direbus lalu dihaluskan dan diberi gula pasir sehingga rasanya jadi manis. Bungeoppang ini seringkali dijuluki sebagai wafel ala Korea karena memang dimasak dengan cara dipanggang dengan cetakan khusus seperti wafel. Bungeoppang biasanya dijual di pinggir jalan pada malam hari sebagai camilan malam dan paling sering ada pada saat musim dingin dan musim gugur karena street food khas Korea ini cocok dinikmati saat masih hangat.


5. Chapssal



Sumber: Herstory.co.id


Street food khas Korea yang terakhir adalah chapssal. Chapssal adalah donat khas Korea yang bisa dengan mudah kita jumpai di pinggir jalanan negeri ginseng ini. Berbeda dari donat pada umumnya, chapssal tidak memiliki lubang di tengahnya dan bentuknya pun hanya bulat biasa. Hanya saja tekstur dari chapssal ini terbilang unik karena di dalamnya terdapat campuran tepung beras ketan sehingga teksturnya lebih kenyal. Pada bagian dalamnya akan diberi isian pasta kacang merah dan bagian luarnya ditaburi dengan gula halus yang sudah ada campuran bubuk kayu manisnya. Selain bisa dijumpai di pinggir jalan, chapssal juga bisa mudah dijumpai di pasar tradisional yang ada di Korea.

 

Terlihat menggiurkan bukan, aneka street food khas Korea bercita rasa manis di atas? Kelimanya ini bisa dijumpai di Indonesia meski keberadaan dari beberapa di antaranya cukup sulit ditemukan, seperti bbopki dan chapssal. Terlepas dari keberadaannya di Indonesia, Teman Kuliner lebih suka street food khas Korea yang mana?

Taiyaki Patisserie

Foto Taiyaki Patisserie
Foto Taiyaki Patisserie
Foto Taiyaki Patisserie

Fujisan Taiyaki

Foto Fujisan Taiyaki
Foto Fujisan Taiyaki
Foto Fujisan Taiyaki

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Bing Go

Foto Bing Go
Foto Bing Go
Foto Bing Go

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?