Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Manfaat Buah Naga yang Belum Banyak Orang Ketahui

List Artikel
20 Mei 2021 | 0 Komentar

Siapa yang tidak tahu buah naga? Bentuknya yang unik serta rasanya yang enak menjadikan buah ini begitu menarik untuk dikonsumsi. Buah naga juga mempunyai beberapa varian, yakni buah naga yang dagingnya berwarna putih dan buah naga yang dagingnya berwarna ungu kemerahan. Selain rasanya yang enak, ternyata manfaat buah naga juga banyak untuk kesehatan. Manfaat tersebut mungkin belum banyak yang kamu ketahui sebelumnya. Maka dari itu, PergiKuliner akan mengupasnya lewat artikel ini. Berikut adalah 6 manfaat buah naga untuk kesehatan yang harus kamu tahu:



Sumber: Pergikuliner.com


1. Kaya Vitamin C

Manfaat buah naga yang pertama adalah buah naga kaya akan vitamin C. Vitamin C sendiri berfungsi sebagai antioksidan yang bagus untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Vitamin C yang terkandung dalam buah naga juga bagus untuk merangsang kolagen, bagus untuk kesehatan kulit, menjaga daya tahan tubuh dan membantu penyerapan zat besi agar tubuh tidak kekurangan darah.


2. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat buah naga ternyata juga bisa didapatkan dengan mengolah buah naga menjadi masker. Buah naga yang kaya vitamin C diketahui juga ampuh dalam mengurangi peradangan jerawat di wajah. Cara membuat masker wajah dari buah naga ialah potong buah naga menjadi kecil-kecil lalu haluskan, oleskan buah naga yang sudah dihaluskan tadi pada area berjerawat di wajah, diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan masker buah naga dua kali sehari agar manfaatnya maksimal.


3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah naga ternyata sangat bagus untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, biji-biji kecil yang terdapat pada buah naga juga mengandung omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Buah naga diketahui juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.


4. Mencegah Diabetes

Buah naga diketahui memiliki nilai gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat buah naga lainnya adalah untuk mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan serat yang terdapat dalam buah naga bisa membantu menjaga gula darah agar tetap stabil. Selain itu, buah naga diketahui juga dapat mengurangi stress oksidatif dan membantu regenerasi sel pankreas yang rusak pada penderita diabetes.


5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Tubuh membutuhkan makanan yang kaya akan serat untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Diketahui buah naga mengandung serat sebanyak 7 gram untuk sekali sajiannya. Kandungan serat yang tinggi dalam buah naga tersebut dapat memenuhi kebutuhan serat harian kamu. Dengan demikian, konsumsi buah naga secara rutin juga bisa menjaga kesehatan pencernaanmu. Disamping itu, buah naga mengandung prebiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan bakteri baik maupun bakteri jahat di usus.


6. Sumber Magnesium

Buah naga mengandung lebih banyak magnesium dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Magnesium sendiri merupakan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Magnesium berperan penting dalam proses pemecahan energi, pembentukan DNA, dan kontraksi otot. Asupan agnesium yang cukup juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.


Itulah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Jika kamu penasaran dan ingin merasakan sendiri manfaatnya, kamu bisa menjadikan buah naga sebagai makanan sehari-hari. Buah naga sangat enak dikonsumsi langsung maupun diminum sebagai jus. Kamu juga bisa menambahkan aneka buah lainnya sebagai jus agar nutrisinya semakin kompleks. Namun perlu diingat, jangan sampai berlebihan juga dalam mengonsumsinya. Kamu perlu membatasi konsumsi buah naga karena semua yang berlebihan itu juga tidak bagus untuk kesehatan. 

1011 Siptea

Foto 1011 Siptea
Foto 1011 Siptea
Foto 1011 Siptea

Summer House

Foto Summer House
Foto Summer House
Foto Summer House

PUSH Juice

Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?