Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Viral Nasi Wafel, Hasil Perpaduan Barat dan Asia yang Rasanya Unik Banget

List Artikel
18 Juli 2021 | 0 Komentar

Pernah mencoba nasi wafel yang sedang viral saat ini? Nasi wafel adalah salah satu kuliner viral yang fotonya wara-wiri di berbagai media sosial, terutama di Instagram dan TikTok. Kuliner ini menjadi viral karena ada salah satu member dari boygroup EXO yakni Kai yang membuatnya sendiri beberapa saat yang lalu. Setelah melihatnya membuat wafel dengan menggunakan nasi, banyak orang yang penasaran dengan citarasanya sehingga mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah karena memang nasi wafel ini masih jarang orang yang menjualnya sehingga mau tak mau kita harus membuatnya sendiri di rumah. 

 


Sumber: Indulgenteats.com


Apa Itu Nasi Wafel?

Nasi wafel sebenarnya adalah kuliner yang sangat sederhana karena dibuat dengan bahan dasar nasi, barulah diberi aneka campuran di dalamnya dan dipanggang dalam cetakan khusus wafel hingga matang. Wafel pada umumnya dibuat dari bahan dasar tepung yang dicampur bersama dengan bahan lainnya seperti telur, baking powder, gula, dan lain sebagainya lalu diberi tambahan agar citarasanya semakin enak. Beberapa bahan tambahan yang biasanya digunakan pada wafel adalah meises, keju, smoked beef, dan lain sebagainya.


Cita Rasa dan Tekstur

Untuk cita rasanya, nasi wafel ini memiliki rasa yang gurih asin sehingga cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Untuk teksturnya sendiri, nasi wafel ini memiliki tekstur yang garing dan renyah pada bagian luar, tapi pada bagian dalamnya ini lembut. Tekstur dari nasi wafel ini sebenarnya bisa berbeda-beda juga tergantung bahan campurannya. Misalkan saja jika dicampurkan dengan adonan tepung, maka teksturnya akan menjadi lebih kenyal seperti tekstur wafel pada umumnya.  



Sumber: Instagram.com/vanilla_ciao


Asal Pertama

Selama ini kita mengira kalau nasi wafel awalnya dibuat oleh member EXO, tapi sebenarnya nasi wafel ini sudah ada sejak lama. Diketahui kalau nasi wafel sudah ada sejak lama, di Eropa. Hanya saja, yang digunakan bukanlah nasi yang terbuat dari beras. Melainkan pasta risotto. Jadi pada waktu itu, masyarakat setempat bingung untuk mengolah sisa risotto sisa makan malam. Karena sayang-sayang untuk dibuang, maka sisa risotto tersebut dijadikan sebagai wafel yang akan digunakan sebagai menu sarapan pagi. Dari situlah masyarakat mulai mengenal nasi wafel. Meski aslinya bukan menggunakan nasi, melainkan risotto. Masyarakat Eropa menambahkan smoked beef serta aneka protein lain ke dalamnya sehingga menjadi sarapan yang kaya akan gizi dan vitamin.


Bisa Dibuat dengan Menggunakan Nasi Apa Saja

Nasi yang digunakan untuk membuat nasi wafel tidaklah harus nasi putih sisa. Baru-baru ini Chef Arnold, juri dari masterchef membuat nasi wafel dengan menggunakan nasi goreng. Dengan menggunakan nasi goreng, citarasa dan tekstur nasi wafel pasti akan berbeda. Nasi goreng sendiri memiliki tekstur yang agak kering sehingga ketika dijadikan wafel atau dipanggang dengan menggunakan panggangan wafel, maka teksturnya akan menjadi lebih garing dan renyah. Tapi ingat, nasi wafel akan lebih enak jika disantap dalam keadaan masih panas dan hangat. Selain nasi goreng, sebenarnya nasi wafel juga bisa menggunakan nasi lainnya. Misalkan saja nasi kuning, nasi uduk, atau nasi putih yang dicampurkan dengan tumisan daging sapi hingga ayam. Jika menggunakan nasi putih, Teman Kuliner harus menambahkan bumbu tambahan seperti bawang putih, bawang bombay, daun peterseli, oregano, lada, dan lain sebagainya. Dengan begitu, citarasa nasi wafel akan menjadi lebih gurih.

 


Sumber: Chopstickchronicles.com


Bisakah Nasi Wafel Dibuat Menjadi Rasa Manis?

Tentu saja bisa. Meski bahan utamanya adalah nasi, tapi bukan berarti nasi wafel hanya bercitarasa gurih asin saja. Teman Kuliner bisa menjadikan citarasa nasi wafel ini menjadi asin dengan menambahkan campuran gula atau madu ke dalam adonan nasi wafel sebelum dipanggang. Selain itu, tambahkan juga meises atau chocochips ke dalamnya sebelum dipanggang. Nasi yang digunakan untuk nasi wafel bercitarasa manis ini haruslah nasi putih tawar yang belum dicampur dengan bahan apapun sehingga ketika ditambahkan aneka isian yang manis, maka rasanya akan langsung manis. Sajikan nasi wafel manis bersama dengan potongan buah-buahan untuk menambah tekstur, rasa, dan gizi yang ada di dalamnya. Dengan begitu, nasi wafel manis akan cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan pagi.

 

Itulah sekilas mengenai nasi wafel yang sedang viral saat ini. Teman Kuliner sendiri sudah pernah menyantap nasi wafel belum? Penjual nasi wafel memang masih jarang dijumpai. Jika Teman Kuliner malas untuk membuatnya, Teman Kuliner bisa membeli wafel dulu saja di salah gerai wafel atau kafe di bawah ini. 

BROWNFOX Waffle & Coffee

Foto BROWNFOX Waffle & Coffee
Foto BROWNFOX Waffle & Coffee
Foto BROWNFOX Waffle & Coffee

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Woodpecker Coffee

Foto Woodpecker Coffee
Foto Woodpecker Coffee
Foto Woodpecker Coffee

Dear Butter

Foto Dear Butter
Foto Dear Butter
Foto Dear Butter

11:11 Coffee

Foto 11:11 Coffee
Foto 11:11 Coffee
Foto 11:11 Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?