Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan yang Beragam

List Artikel
19 Juli 2021 | 0 Komentar

Bawang putih merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan sebagai penyedap masakan. Kegunaan bawang putih dalam masakan bisa menguatkan cita rasa dan aroma pada masakan itu sendiri. Tak heran kalau para ibu di rumah sering menambahkan bawang putih dalam berbagai masakan, baik itu masakan yang ditumis maupun digoreng. Selain digunakan sebagai bumbu penyedap, nyatanya bawang putih juga kerap digunakan sebagai pengobatan tradisional yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sekarang, kita simak yuk apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan!



Sumber: Kata.co.id


1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang putih yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Bawang putih sering digunakan untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan jantung dan sistem peredaran darah seperti tekanan darah tinggi, kolesterol dan pengerasan pembuluh darah. Sebab manfaatnya dapat untuk menurunkan kolesterol hingga hipertensi. Dengan demikian mengonsumsi bawang putih secara rutin turut berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung kita. Selain itu, kandungan sulfur dalam bawang putih diketahui dapat berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah.


2. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Manfaat bawang putih untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mencegah alzheimer dan demensia. Bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi, dimana manfaatnya dapat membantu menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Bahaya radikal bebas sendiri dapat meningkatkan resiko penyakit yang berhubungan dengan otak seperti penyakit alzheimer dan demensia. Yakni serangkaian penyakit progresif yang menghancurkan memori dan fungsi mental penting lainnya. Penyebabnya bisa karena faktor usia, bawaan genetik, lingkungan dan faktor eksternal lain.


3. Mencegah Penuaan Dini

Selain untuk mencegah penyakit alzheimer dan demensia, kandungan antioksidan dalam bawang putih diketahui juga dapat bermanfaat untuk meremajakan kulit. Selain itu, bawang putih juga ampuh untuk mengatasi gejala penuaan dini seperti munculnya keriput pada wajah dan area kulit sekitar leher. Maka dari itu, tak heran kalau bawang putih kerap dikonsumsi oleh kaum hawa guna memperoleh manfaat kecantikan yang dimiliki si putih kecil ini.


4. Sebagai Detoksifikasi Alami

Manfaat bawang putih untuk kesehatan dapat memberikan efek detoksifikasi alami yang diperoleh dari kandungan sulfurnya. Detoksifikasi merupakan pembuangan secara alami racun dalam tubuh. Setiap hari organ tubuh kita selalu melakukan proses detoksifikasi, namun karena tubuh kita terpapar banyak bahan kimia setiap harinya maka kita membutuhkan detoksifikasi tambahan. Dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat menjadi detoksifikasi alami yang membantu melindungi organ penting dan mengeluarkan logam racun dari dalam tubuh kita.


5. Melawan Kanker

Seperti diketahui, bawang putih mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti kanker. Menurut penelitian, mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker seperti kanker paru, kanker lambung, kanker usus besar, dan kanker payudara. Oleh sebab itu, apabila kamu punya kebiasaan mengonsumsi acar bawang putih, sebaiknya lanjutkan kebiasaan baik tersebut.


6. Mencegah Flu

Bawang putih mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Kekebalan tubuh yang kuat berperan penting untuk melawan infeksi virus seperti virus influenza. Maka dari itu, orang-orang yang terbiasa mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin lebih jarang terkena penyakit flu dan lebih cepat sembuh ketika terserang flu, dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya.


7. Menjaga Kesehatan Rambut

Meski jarang disebutkan, manfaat bawang putih untuk kesehatan rambut nyatanya sangatlah besar. Bawang putih dapat mengatasi kerontokan rambut, menyehatkan dan menyuburkan rambut, bahkan mengatasi masalah ketombe. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan sifat anti mikroba yang dimiliki bawang putih, sehingga mampu merangsang pertumbuhan rambut, menguatkan helai rambut dan membuat rambut lebih lebat, serta efektif untuk mengatasi ketombe yang disebabkan jamur dan bakteri.


Tren Mengonsumsi Acar Bawang Putih

Acar adalah sejenis awetan makanan yang pada proses pembuatannya menggunakan cuka dan air garam. Bagi masyarakat Indonesia tentu acar bukanlah makanan yang asing lagi. Hampir di setiap hidangan lokal, kita dapat menemukan acar sebagai makanan pelengkap seperti pada hidangan nasi goreng dan sate. Namun belakangan ini, ternyata sedang viral acar bawang putih ala Korea yang dikonsumsi sebagai camilan. Tren mengonsumsi acar bawang putih ini bahkan sempat populer di media sosial seperti TikTok. Ada banyak video di TikTok yang menampilkan cara membuat acar bawang putih maupun orang yang sedang menyantap acar bawang putih dengan sangat nikmat.



Sumber: pinterest.com


Sehingga membuat tren mengonsumsi acar bawang putih ini sempat viral dan banyak orang yang penasaran yang kemudian mencoba membuat acar bawang putih sendiri. Acar bawang putih mulanya populer di Indonesia lewat berbagai tayangan drama Korea. Cara membuat acar bawang putih ala Korea sebenarnya cukup simpel dan mudah. Cara membuat acar bawang putih membutuhkan proses fermentasi. Dimana bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci bersih, kemudian dicampur dengan cuka dan air garam, selanjutnya dituang ke toples dan disimpan selama 5-7 hari. Semakin lama acar bawang putih tersimpan, maka akan semakin nikmat ketika dikonsumsi.


Itu dia beberapa manfaat acar bawang putih untuk kesehatan. Jika Teman Kuliner kurang suka mengonsumsi bawang putih mentah, kamu bisa mencoba membuat acar bawang putih yang viral di media sosial. Selain itu, biasanya bawang putih sering menjadi bumbu pelengkap dalam berbagai masakan, salah satunya BBQ. Kalau Teman Kuliner yang biasanya menyingkirkan bawang putih saat BBQ-an, sekarang waktunya mulai makan bawang putih agar mendapat manfaat baiknya!

Bak Bak Korean BBQ

Foto Bak Bak Korean BBQ
Foto Bak Bak Korean BBQ
Foto Bak Bak Korean BBQ

Simhae Korean Grill

Foto Simhae Korean Grill
Foto Simhae Korean Grill
Foto Simhae Korean Grill

Seo Seo Galbi

Foto Seo Seo Galbi
Foto Seo Seo Galbi
Foto Seo Seo Galbi

Gold Chung Gi Wa

Foto Gold Chung Gi Wa
Foto Gold Chung Gi Wa
Foto Gold Chung Gi Wa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?