Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Roti Khas Turki yang Punya Cita Rasa Gurih Hingga Manis

List Artikel
22 September 2020 | 0 Komentar

Roti menjadi salah satu makanan yang banyaj disantap oleh masyarakat dunia, termasuk di negara Turki. Turki memang dikenal sebagai surga kuliner. Rasanya ada banyak sekali makanan khas Turki yang populer di dunia. Sebut saja dondurma yang merupakan es krim khas Turki dengan cara penyajian atraksi yang berbeda dari yang lain. Selain itu ada Turkish delight, baklava, kebab, dan lain sebagainya. Berbicara tentang kuliner khas Turki, ternyata negara ini juga punya aneka jenis roti yang punya cita rasa lezat. Ingin tahu ada jenis roti khas Turki apa saja? Kamu bisa langsung mengeceknya di sini!


1. Bazlama



Sumber: Yemek.com


Pertama ada bazlama yang merupakan roti khas Turki dengan bentuk bulat pipih. Roti ini dibuat dengan cara yang masih tradisional dan dimasak dengan oven panggang tradisional. Cara membuatnya dengan membalik-baliknya selama proses pemanggangan. Untuk membuat bazlama, kamu membutuhkan tepung, gula, yoghurt, garam, dan air. Sebelum disantap, bazlama biasanya dicocol ke minyak zaitun atau mentega.


2. Simit



Sumber: Turkishfoodie.com


Simit merupakan jenis roti khas Turki yang dijuluki sebagai bagelnya Turki. Bentuknya lingkaran dengan bolong di tengah dan sisi yang berbentuk seperti ulir.  Simit dibuat dari bahan dasar tepung, minyak molase, gula, garam, dan biji wijen. Cita rasanya agak manis dengan tekstur yang agak kenyal saat digigit. Simit ini biasanya disantap dengan tambahan daging panggang, keju, hingga selai buah.


3. Ramazan Pidesi



Sumber: Yemek.com


Ramazan pidesi adalah salah satu jenis roti khas Turki yang menggunakan campuran, tepung, susu, gula, air, garam, minyak zaitun, dan mentega. Bentuknya bulat pipih dengan bagian atas yang diberi garis guratan wajik atau kotak. Ramazan pidesi ini sering dijuluki sebagai roti Ramadhan karena memang lebih banyak muncul pada saat bulan Ramadhan dan disantap sebagai menu berbuka. Kami bisa menyantapnya begitu saja atau dicocol ke dalam yoghurt maupun mayonaise.


4. Yufka



Sumber: 196flavor.com


Selanjutnya ada yufka yang merupakan jenis roti khas Turki yang bernama yufka. Yufka ini memiliki bentuk tipis bulat mirip dengan roti tortilla. Tapi perbedaannya, yufka menggunakan tepung biasa yang dipadukan dengan air, ragi, dan minyak zaitun. Meski bentuknya tipis, tapi yufka ini tidak mudah sobek. Yufka bisa disantap begitu saja atau dipadukan dengan daging panggang dan salad sayur.


5. Etli Ekmek



Sumber: Lezzet.com


Terakhir ada etli ekmek yang merupakan salah satu jenis roti khas Turki yang sekilas mirip dengan pizza. Etli ekmek adalah roti daging khas Turki yang menggunakan adonan roti yang dipipihkan lalu di atasnya diberi daging cincang, paprika, bawang bombay, dan tomat kemudian dipanggang dalam oven hingga matang. Kamu bisa menikmati etli ekmek ini untuk santapan menu makan malam.

 

Terlihat enak-enak bukan roti khas Turki di atas? Dari kelimanya ini, manakah yang paling cocok dengan seleramu?

Holland Bakery

Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Mardin Baklava Patisserie

Foto Mardin Baklava Patisserie
Foto Mardin Baklava Patisserie
Foto Mardin Baklava Patisserie

Delicious Bakery

Foto Delicious Bakery
Foto Delicious Bakery
Foto Delicious Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?