Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sering Salah Dikenali, Ini Bedanya Kue Sus dan Eclair

List Artikel
10 September 2019 | 0 Komentar

Kamu penyuka dessert atau kuliner manis? Pastinya tahu dengan kue sus dan eclair yang seringkali salah dikenali. Pasalnya kedua kue ini dibuat dengan bahan-bahan yang sama yakni telur ayam, tepung terigu, margarin dan juga sedikit garam. Keduanya juga sama-sama dibuat dengan cara dimasak terlebih dahulu. Semua bahan dicampur dan dimasak dalam panci dan diaduk dengan menggunakan sendok kayu sampai semuanya tercampur rata lalu dikocok hingga mengembang dan dicetak lalu dipanggang dengan suhu kurang lebih 220 derajat celcius. Setelah selesai dipanggang, maka kue didinginkan dan diberi isian di dalamnya. Berhubung terbuat dari bahan yang sama dan cara pembuatannya sama, maka tak jarang ada orang yang menganggap keduanya ini sama. Tapi kedua kue ini berbeda lho. Supaya kamu bisa tahu apa saja bedanya, coba kita lihat bersama-sama perbedaannya!



Sumber : Pergikuliner.com


Asal Muasal

Baik itu eclair maupun kue sus sama-sama merupakan jenis pastry yang berasal dari Perancis. Tapi jika kita perhatikan dari sejarahnya, kue sus diduga muncul pada abad ke-15. Sedangkan eclair baru muncul pertama kali pada abad ke-19. Jadi bisa dikatakan kalau kue sus ada lebih dulu dibanding eclair. Eclair diduga merupakan turunan dari kue sus dengan bentuk yang berbeda.

 

Bentuk

Jika dilihat dari bentuknya, kamu pasti bisa dengan mudah membedakannya. Untuk kue sus bentuknya ini bulat seperti bunga. Sedangkan eclair memiliki bentuk persegi panjang sekitar 7-10 cm. Kue sus juga sering diduga mirip dengan kembang kol sehingga dinamakan choux (bahasa Perancis untuk kol). Tapi ada juga yang mengatakannya mirip dengan bunga mawar. 

 

Tekstur

Meski tidak menggunakan pengembang sama sekali, kedua kue ini justru memiliki rongga yang sangat sempurna di dalamnya. Hal ini diakibatkan dari proses pemanasan dari oven yang mengubah kadar air tinggi menjadi uap dan uap tersebut terperangkap di dalam adonan sehingga membuat adanya rongga seperti mengembang di dalam kedua tersebut. Meski sama-sama berongga di dalamnya, tapi tekstur rongga dalam kue sus dan eclair ini berbeda. Berhubung bentuk kue sus cenderung lebih tebal ke atas, maka teksturnya lebih berongga dibanding eclair yang memanjang. Jadi bisa dikatakan kalau eclair teksturnya sedikit lebih padat.


Kreasi

Untuk kreasinya, kue sus dan eclair berbeda. Kue sus biasanya hanya dikreasikan dengan memberikan isian berupa vla dingin atau custard di dalamnya. Sedangkan untuk eclair, ada yang diberikan isian vla juga seperti kue sus dan ada juga yang diberi lapisan di atasnya seperti topping. Hal ini dikarenakan bagian permukaan atas eclair terbilang cukup rata, tidak seperti kue sus sehingga bisa diberi aneka topping seperti lelehan cokelat, krim, buah-buahan dan lain sebagainya.

 

Cita Rasa

Dari segi cita rasa, sebenarnya jika kamu hanya menyantap adonan kuenya saja, keduanya memiliki cita rasa yang tak jauh berbeda. Hanya saja berhubung ada isian serta topping yang berbeda pada masing-masing kue sus dan eclair, maka sudah pasti citarasanya jadi berbeda. Untuk eclair berhubung lebih banyak variannya, maka cita rasa yang kamu rasakan juga bisa lebih beragam jika dibandingkan kue sus.

 

Itulah beberapa perbedaan dari kue sus dan eclair. Jadi sekarang kamu sudah bisa membedakannya bukan? Sekarang mari kita santap salah satunya yuk!

Beard Papa's

Foto Beard Papa's
Foto Beard Papa's

NAMELAKA

Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA

Eric Kayser Artisan Boulanger

Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger

Ann's Bakehouse

Foto Ann's Bakehouse

Boens Soes & Kopi

Foto Boens Soes & Kopi
Foto Boens Soes & Kopi
Foto Boens Soes & Kopi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?