Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bubur Ayam Bandung dan Bubur Ayam Cianjur Ternyata Berbeda Loh!

List Artikel
23 September 2020 | 0 Komentar

Bubur ayam, bagi masyarakat Indonesia sangat dikenal sebagai salah satu kuliner yang cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Pasalnya bubur memiliki tekstur yang sangat lembut dengan cita rasa yang ringan sehingga ketika disantap pada saat sarapan tidak akan terlalu berat. Selain itu, di dalam bubur ayam terdapat isian yang kaya akan gizi, mulai dari ayam, kacang kedelai, daun seledri, ati ampela, dan lain sebagainya sehingga bisa menutrisi tubuh dengan baik. Bubur ayam di Indonesia ada banyak jenisnya, tergantung dari daerah asalnya karena beda daerah, berbeda pula cita rasa dari bubur ayam tersebut. Dari sekian banyak bubur ayam, ada bubur ayam Cianjur dan bubur ayam Bandung yang terbilang cukup populer di kalangan pecinta bubur ayam. Kedua jenis bubur ayam ini sekilas memang tampak sama, tapi keduanya ini berbeda. Lantas di manakah letak perbedaannya? Bagaimana kalau kamu cek langsung saja perbedaannya di bawah ini!



Bubur Ayam Bandung (Sumber: travel.tribunnews.com)


Bumbu Dasar

Bubur ayam Cianjur dan bubur ayam Bandung, meski sama-sama dibuat dari bahan dasar nasi dan kaldu ayam, tapi keduanya ini memiliki bumbu dasar yang berbeda. Untuk bubur ayam Cianjur sebenarnya dibuat dengan bumbu bubur biasa seperti garam dan lada. Hanya saja akan ada kaldu kuning yang nantinya disiramkan ke adonan bubur ayam Cianjur tersebut saat disajikan. Kaldu kuning ini dibuat dari rebusan ayam dan campuran bumbu kuning. Sedangkan untuk bubur ayam Bandung cenderung lebih mirip dengan bubur ala Chinese food dengan kaldu ayam, merica, dan garam.


Tampilan

Seperti yang sudah dikatakan di atas, bubur ayam Cianjur diberi tambahan kuah kaldu kuning dan sedikit kecap manis di atasnya, sehingga tampilannya lebih berwarna kuning cerah. Hal ini berbeda dengan bubur ayam Bandung yang diberi tambahan minyak bawang, kecap asin, dan kecap manis saat disajikan. Jika masih baru disajikan, maka tampilan warnanya putih dengan ada sedikit warna hitam. Kalau kamu termasuk orang yang suka makan bubur dengan cara diaduk maka warna bubur ayam Bandung pasti akan berwarna kecoklatan, sedangkan bubur ayam Cianjur kekuningan setelah diaduk.



Bubur Ayam Cianjur (Sumber: skpm.ipb.co.id)


Bahan Pelengkap

Untuk bahan-bahan pelengkap dari bubur ayam Cianjur dan bubur ayam Bandung sebenarnya tak jauh berbeda. Keduanya sama-sama diberi suwiran daging ayam, kacang kedelai yang digoreng, bawang goreng, irisan daun seledri, dan kerupuk orange. Hanya saja pada bubur ayam Bandung seringkali ditambahkan irisan cakwe, sedangkan pada bubur ayam Cianjur terdapat tambahan irisan usus, ati, ampela, dan juga irisan risol atau kroket di atasnya.


Cita Rasa

Untuk perbedaan dari segi cita rasanya, berhubung bumbu dan tambahan yang digunakan ada beberapa perbedaan, maka sudah pasti cita rasanya sedikit berbeda. Untuk cita rasa bubur ayam Bandung lebih ke arah gurih manis karena campuran kecap manisnya lebih banyak. Sedangkan untuk bubur ayam Cianjur cita rasanya lebih gurih asin karena penggunaan kuah kuningnya.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja perbedaan dari bubur ayam Cianjur dengan bubut ayam Bandung. Jadi jangan sampai salah mengenalinya lagi ya!

Bubur Cap Tiger

Foto Bubur Cap Tiger
Foto Bubur Cap Tiger

Bubur Ayam Alfa

Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa

Bubur Kwang Tung

Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung

Bubur Ayam Mangga Besar 1

Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1
Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1
Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1

Bubur Ayam Barito

Foto Bubur Ayam Barito
Foto Bubur Ayam Barito
Foto Bubur Ayam Barito

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?