Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Kuliner dan Gastronomi, Apa yang Membuat Keduanya Berbeda?

List Artikel
23 September 2020 | 0 Komentar

Bagi para pecinta kuliner, kata "kuliner" atau culinary memang tidak asing terdengar karena sehari-harinya kita kerap kali mendengar kata tersebut dan menggunakannya. Tapi bagaimana dengan gastronomi? Mungkin masih ada beberapa di antara kamu yang merasa asing mendengarnya. Padahal sebenarnya kuliner dan gastronomi ini sama-sama berada di bidang yang sama, yakni makanan. Tapi keduanya ini ternyata memiliki perbedaan yang wajib kamu ketahui. Untuk tahu apa saja perbedaannya, kamu harus menyimaknya dengan seksama di bawah ini ya!



Sumber:  Pergikuliner.com


Culinary atau kuliner merupakan sebuah hasil olahan dari proses masak-memasak yang menciptakan sebuah makanan dan minuman yang dapat dinikmati. Mulai dari hidangan makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup, cemilan, hingga minuman yang bisa disantap. Kuliner juga merangkup dalam bidang proses memasak, teknik yang digunakan, hingga cara penyajian. Sedangkan gastronomi merupakan ilmu yang mengaitkan antara makanan dengan budaya. Jadi tak hanya sekedar makanan saja yang bisa kamu ketahui, tapi juga hal-hal dibaliknya. Mulai dari asal usul, proses perjalanan, pengaruh dari makanan tersebut, dan lain sebagainya.

 


Sumber: Kaskus.id


Berbeda dengan kuliner yang hanya sebatas memilih bahan, memasak, menyajikan, dan mencicipnya, gastronomi justru menitikberatkan pada hubungan antara makanan dengan budaya karena pada dasarnya makanan mendapatkan banyak pengaruh dari budaya. Baik itu negaranya, adat istiadat, iklim daerah tersebut, agama, lingkungan, dan lain sebagainya. Inilah yang menjadikan makanan di setiap daerah atau negara bisa berbeda-beda dan jika kamu mempelajarinya, pasti akan ada faktor-faktor yang mempengaruhinya.



Sumber: Pergikuliner.com


Sebagai contoh, makanan yang ada di Indonesia tidak akan sama dengan makanan dari Korea. Meski sama-sama negara Asia, tapi ada perbedaan kebudayaan dan juga suku yang mempengaruhinya. Indonesia yang merupakan masyarakat keturunan Melayu memiliki cita rasa makanan yang tak jauh berbeda dari Malaysia yang masih serumpun. Tapi tidak semua makanan Indonesia sama dengan makanan Malaysia karena jika dilihat dari sejarahnya, Indonesia yang telah dijajah Belanda punya beberapa kuliner yang diadaptasi dari kuliner Belanda. Sedangkan Malaysia yang pernah dijajah Inggris lebih cenderung mengadaptasi kuliner Inggris. Dari sini kamu bisa melihat bukan kalau beragam kuliner yang kita nikmati saat ini mendapat pengaruh besar dari sejarah pada masa penjajahan. Inilah yang dinamakan ilmu gastronomi.


Wisata Kuliner vs Wisata Gastronomi



Sumber: Medcom.id


Oleh karena itu, ada perbedaan dari definisi wisata kuliner dengan wisata gastronomi. Jika kamu melakukan wisata kuliner, biasanya kita akan mencicip masakan tersebut dan mengomentari bagaimana cita rasa yang dihasilkan serta bagaimana tampilannya. Tapi jika melakukan wisata gastronomi, kamu tidak hanya terpaku pada cita rasa dan tampilan makanan saja, tetapi juga akan mengulik sejarah dan budaya dari makanan tersebut. Biasanya wisata gastronomi akan dilakukan pada masakan-masakan lokal yang masih autentik sehingga bisa mendapatkan informasi mengenai sejarah dan budaya dari makanan tersebut karena pada dasarnya masakan lokal memiliki lebih banyak sejarah di dalamnya.

 

Itulah perbedaan dari kuliner dengan gastronomi. Mudah-mudahan dengan adanya informasi di atas, kamu bisa menambah pengetahuanmu dalam dunia kuliner ya!

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Pesisir Seafood

Foto Pesisir Seafood
Foto Pesisir Seafood
Foto Pesisir Seafood

Bebek Bentu

Foto Bebek Bentu
Foto Bebek Bentu
Foto Bebek Bentu

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Gado Gado Taman Sari

Foto Gado Gado Taman Sari
Foto Gado Gado Taman Sari
Foto Gado Gado Taman Sari

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?