Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Saus Turunan Bechamel dan Penggunaannya dalam Masakan

List Artikel
27 Juni 2021 | 0 Komentar

Bagi para pecinta kuliner barat pastinya sebagian besar dari kamu ada yang mengenal salah satu saus berwarna putih yang dijuluki dengan nama saus bechamel. Saus ini merupakan saus asal Perancis yang sudah ada sejak abad ke-16. Berhubung saus ini dibuat oleh juru masak kerajaan, maka tak heran kalau hanya kalangan bangsawan atas saja yang bisa menikmatinya. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, saus bechamel kini pun bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

 

Saus bechamel dibuat dari bahan dasar campuran susu dan roux yang terbuat dari campuran mentega dan tepung. Selain campuran tersebut, ada tambahan rempah seperti bay leaf, bawang bombay, garam, lada, dan lain sebagainya. Menjadi saus klasik asal Perancis, tahukah kamu kalau saus ini punya turunannya alias dikembangkan menjadi beragam jenis saus lezat yang kita kenal saat ini, yaitu:

 

1. Cream Sauce



Sumber: Thechunky.com


Saus turunan bechamel yang pertama adalah cream sauce. Saus ini paling populer di antara saus-saus turunan bechamel lainnya. Cream sauce terbuat dari bahan-bahan saus bechamel lalu di dalamnya diberi tambahan heavy cream. Meski ditambahkan heavy cream, uniknya tekstur dari cream sauce ini justru lebih encer jika dibandingkan saus bechamel. Hal ini dikarenakan penggunaan kadar susunya agak lebih banyak. Cream sauce ini paling sering digunakan sebagai saus cocolan, campuran pasta, dan lain sebagainya.


2. Cheddar Cheese Sauce



Sumber: Simplysohealthy.com


Cheddar cheese sauce menjadi saus turunan bechamel selanjutnya yang juga banyak digunakan pada beragam kuliner Perancis, juga kuliner barat. Sesuai dengan namanya, cheddar cheese sauce ini dibuat dari bahan dasar saus bechamel dan pastinya keju cheddar. Jenis keju cheddar yang digunakan adalah cheddar tua yang berwarna orange kekuningan. Inilah yang menjadikan tampilan warnanya agak kekuningan jika dibandingkan saus turunan bechamel lainnya. Cheddar cheese sauce banyak digunakan sebagai saus cocolan keripik, french fries, hingga sayuran yang sudah direbus.


3. Mornay Sauce



Sumber: Pinimg.com


Tak hanya cheddar cheese sauce yang ada campuran kejunya, mornay sauce yang juga dibuat dengan campuran keju di dalamnya. Tentu saja bahan utamanya adalah saus bechamel. Lalu bahan tambahan yang digunakan adalah keju, tapi bukan keju cheddar yang digunakan. Melainkan keju gyure dan parmesan. Meski menggunakan keju, tampilannya ini berwarna putih pucat. Cita rasanya sudah pasti gurih dan creamy. Mornay sauce seringkali digunakan sebagai saus pasta, brokoli panggang, hingga daging panggang.


4. Mustard Sauce



Sumber: Afamilyfast.com


Mustard sauce merupakan saus turunan bechamel yang dibuat dari bahan dasar saus bechamel lalu diberi campuran mustard. Saus ini paling banyak digunakan sebagai saus dressing salad atau cocolan fried chicken serta fries french. Selain diberi campuran mustard, saus ini juga seringkali diberi campuran mayo, bubuk cabai, hingga kecap Inggris sehingga rasanya jadi lebih gurih. Beberapa saus mustard juga ada yang diberi campuran madu untuk menambah rasa manisnya.


5. Soubise Sauce



Sumber: Seriouseats.com


Terakhir ada soubise sauce yang merupakan salah satu saus turunan bechamel yang tampilan warnya putih agak kuning kecoklatan. Saus ini bertekstur kental tapi agak encer dengan rasa gurih dan creamy. Bahan yang digunakan untuk membuatnya sudah pasti bahan dasar saus bechamel. Lalu ada tambahan bawang bombay dan juga krim kental atau heavy cream yang ditambahkan di dalamnya sehingga testurnya jadi lebih kental. Soubise sauce banyak digunakan sebagai saus siraman pada aneka daging sapi atau ayam yang dipanggang. Selain itu, kamu juga bisa menyantapnya dengan pasta dan juga sayuran panggang.

 

Ternyata saus turunan bechamel ada banyak juga yah. Apakah kamu termasuk orang yang suka menyantap kuliner dengan saus bechamel?

Toodz House

Foto Toodz House
Foto Toodz House
Foto Toodz House

Cutt & Grill

Foto Cutt & Grill
Foto Cutt & Grill
Foto Cutt & Grill

Popolamama

Foto Popolamama
Foto Popolamama
Foto Popolamama

Mamma Rosy

Foto Mamma Rosy
Foto Mamma Rosy
Foto Mamma Rosy

Pizza Maru

Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?