Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Khas Indonesia yang Bagus Dikonsumsi Saat Tekanan Darah Menurun

List Artikel
22 September 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang punya anemia atau tekanan darah rendah? Bagi orang-orang yang menderita tekanan darah rendah, biasanya kamu akan mengalami gejala seperti pusing, lemas, pandangan buram, konsentrasi berkurang, tubuh terasa tidak stabil, hingga merasakan mual dan muntah. Jika tanda-tanda seperti ini terjadi, maka tubuh akan terasa tidak enak ketika akan menjalani aktivitas. Tapi sebenarnya tekanan darah yang menurun ini dapat diatasi dengan mudah. Caranya sudah pasti dengan mengonsumsi kuliner yang bisa mengatasi tekanan darah rendah dan membuatnya normal kembali. Berhubung Indonesia sendiri punya aneka kuliner lezat, bagaimana kalau kamu menyantap beberapa di antaranya yang bisa membuat tekanan darah normal setelah menyantapnya.


1. Rendang



Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada rendang yang merupakan salah satu kuliner khas Padang. Rendang sangat terkenal, tak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di dunia. Kepopuleran rendang ini memang tidak perlu kamu pertanyakan lagi. Cita rasanya yang legit dan gurih membuat siapa saja pasti tergoda. Tapi selain punya rasa yang enak, rendang ternyata juga bisa membuat tekanan darah kembali normal karena bahan dasarnya adalah daging, baik itu daging sapi maupun kerbau di dalamnya terdapat kandungan protein tinggi dan beragam vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menstabilkan tekanan darah.


2. Sayur Bayam



Sumber: Yummy.co.id


Kuliner kedua adalah sayur bayam. Bayam mengandung zat besi, natrium, dan asam folat yang sangat tinggi sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh penderita darah rendah dan dapat mengembalikan tekanan darah menjadi normal. Sayur bayam ini dibuat dari bahan dasar bayam yang direbus bersama dengan irisan bawang merah, bawang putih, temukunci, dan garam. Biasanya sayur bayam ini diberi tambahan jagung manis pipil agar menambah tekstur pada sajian sayur bayam kamu.


3. Tumis Kangkung



Sumber: Pergikuliner.com


Selain sayur bayam, ada tumis kangkung yang juga bisa dijadikan sebagai kuliner untuk mengembalikan tekanan darah supaya normal kembali. Tumis kangkung yang dibuat dari bahan dasar kangkung ini sangat kaya akan zat besi sehingga mampu menstabilkan tekanan darah. Selain tumis kangkung, kamu juga bisa menyantap olahan kangkung lainnya seperti plecing kangkung atau sayur kangkung yang cocok disantap bersama dengan nasi hangat.


4. Sambal Goreng Ati



Sumber: Yummy.co.id


Sambal goreng ati adalah salah satu kuliner yang sangat lekat dengan nasi kuning atau nasi kotak karena memang kuliner ini menjadi salah satu lauk wajib dalam sajian tersebut. Sambal goreng ati dibuat dari bahan dasar hati ayam atau hati sapi yang dipadukan dengan kentang. Ati yang sudah direbus digoreng sebentar, sementara kentang dipotong dadu dan digoreng hingga keemasan. Setelah keduanya digoreng kemudian ditumis kembali bersama dengan bumbu merah atau bumbu cabai dan ditambahkan santan. Hati mengandung folat dan zat besi sehingga mampu meminimalisir gejala dari tekanan darah rendah.


5. Telur Pindang



Sumber: Mommyasia.id


Kuliner khas Indonesia yang terakhir adalah telur pindang. Telur pindang dibuat dari bahan dasar telur yang dimasak dengan bumbu pindang yang kaya akan rempah. Telur sangat kaya akan protein dan vitamin B12 yang bisa memberikan nutrisi tepat bagi penderita darah rendah. Selain telur pindang, olahan telur lainnya seperti telur balado maupun telur kecap juga bisa kamu konsumsi untuk menormalkan tekanan darah.


Itulah beberapa masakan khas Indonesia yang bagus dikonsumsi saat tekanan darah kamu menurun. Enak-enak kan?. Bertambah lagi deh pengetahuan kamu tentang dunia kuliner.

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Seafood City By Bandar Djakarta

Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta

Ayam Suwir Wara Wiri

Foto Ayam Suwir Wara Wiri
Foto Ayam Suwir Wara Wiri
Foto Ayam Suwir Wara Wiri

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?