Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

List Artikel
20 November 2021 | 0 Komentar

Diantara kamu pasti ada yang sudah tidak asing dengan asam jawa, khususnya bagi para ibu-ibu yang hobi memasak. Asam jawa atau tamarind memang dikenal sebagai bumbu masakan yang bisa memberikan rasa unik pada hidangan. Ciri khas dari asam jawa adalah rasanya yang asam dan sedikit manis dengan daging buahnya yang agak berair mirip seperti ampas. Tak hanya dijadikan sebagai bumbu masakan, manfaat asam jawa juga dikenal sangat baik untuk kesehatan. Asam jawa juga kerap digunakan sebagai campuran pada jamu tradisional. Buah ini mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu, asam jawa memiliki beberapa mineral penting di dalamnya seperti kalium, fosfor, kalsium, dan zat besi. Oleh sebab itu, asam jawa bisa dimanfaatkan sebagai antioksidan dan antiiflamasi juga. Lalu, apa saja manfaat asam jawa yang bisa diperoleh jika mengonsumsinya? Simak disini!



Sumber: Allrecipes.com


1. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Meski rasanya asam, bukan berarti asam jawa tidak baik untuk pencernaan. Justru sebaliknya, asam jawa bisa menyehatkan saluran pencernaan jika dikonsumsi secara rutin. Hal ini dikarenakan asam jawa mampu menetralkan frekuensi buang air besar. Saat sembelit, minum asam jawa dapat membantu merangsang usus besar agar feses keluar lebih cepat dari anus. Namun ketika mengalami diare, asam jawa justru bisa menahan buang air besar yang terlalu sering. Sehingga asam jawa bagus untuk kesehatan pencernaan.


2. Meredakan Peradangan

Tak hanya buahnya, daun asam jawa juga bisa digunakan sebagai pengobatan tradisional yang ampuh buat kesehatan. Khususnya untuk meredakan peradangan. Daun asam jawa memiliki efek antiinflamasi yang mampu melawan proses inflamasi dalam tubuh. Mulai dari inflamasi akut hingga kronis. Inflamasi atau peradangan merupakan mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari infeksi virus dan bakteri. Dengan menggunakan daun asam jawa, maka peradangan atau inflamasi dapat dihentikan.


3. Melindungi Tubuh Dari Penyakit Kronis

Imun yang kuat dapat melindungi tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit kronis. Banyak cara dapat dilakukan untuk mendapatkan imun tubuh yang kuat, seperti memperbaiki pola makan dan mengonsumsi vitamin. Salah satu manfaat asam jawa adalah dapat melindungi tubuh penyakit kronis berkat kandungan nutrisi dan vitamin yang kompleks. Kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin K, zat besi, magnesium dan kalsium dalam asam jawa dapat menjadi agen penting yang memerangi penyakit berbahaya. Mengonsumsi asam jawa dapat menurunkan resiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.


4. Menjaga Kesehatan Jantung

Asam jawa mengandung flavonoid yang dipercaya mampu mengontrol kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Efek tersebut tentunya dapat berdampak positif pada sistem kardiovaskular atau sistem yang berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Menurut penelitian, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam jawa dapat berdampak positif pada kesehatan jantung secara keseluruhan. Selain itu, kandungan antioksidan yang dimiliki buah ini juga dapat bekerja secara efektif menghindari tubuh dari resiko terserang penyakit jantung.


5. Mencegah Jerawat

Manfaat asam jawa yang satu ini mungkin belum banyak orang yang tahu. Ternyata asam jawa jika dikonsumsi secara rutin bisa bermanfaat juga untuk mencegah bahkan mengatasi jerawat. Manfaat ini tentunya berkat kandungan lupeol yang terkandung pada asam jawa. Kandungan ini berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur yang dapat menekan timbulnya jerawat pada wajah dan area badan tertentu. Sehingga kulit menjadi lebih bersih dan terhindar dari jerawat yang mengganggu penampilan.


6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Jika biasanya kamu menggunakan obat-obatan kimia untuk menangani luka. Mungkin kamu bisa mulai beralih untuk menggunakan herbal untuk menyembuhkan luka secara alami. Obat-obatan herbal bisa ditemukan dengan mudah di sekitarmu, contohnya seperti asam jawa. Caranya, petik daun asam jawa secukupnya lalu cuci hingga bersih. Tumbuk daun asam jawa hingga keluar aromanya, kemudian taruh di bagian kulit yang terluka dan diamkan beberapa saat. Daun asam jawa memiliki sifat anti bakteri dan antiseptik yang mampu mempercepat pemyembuhan luka secara efektif.


7. Membuat Kulit Awet Muda

Banyak wanita yang menginginkan kulit awet muda dan tanpa kerutan. Tak jarang juga, ada yang rela merogoh kocek ratusan juta demi melakukan perawatan kecantikan yang bisa mengatasi tanda-tanda penuaan di wajah. Padahal alam kita sudah menyediakan berbagai jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Salah satunya adalah tanaman asam jawa. Buah ini mengandung kadar antioksidan yang tinggi, sehingga bisa mengatasi masalah kerutan hingga membuat kulit lebih terlihat awet muda. Manfaat asam jawa ini bahkan tak kalah bagusnya dengan serum kecantikan.


8. Mengatasi Mual Pada Ibu Hamil

Sebagian besar ibu hamil pasti pernah merasakan morning sickness atau kondisi dimana seorang wanita mengalami rasa mual dan muntah di pagi hari saat hamil. Salah satu manfaat asam jawa ialah bisa mengatasi rasa mual tersebut. Minum segelas asam jawa setiap hari pada masa kehamilan. Hal itu dapat mencegah rasa mual, serta mengatasi sembelit ringan pada masa kehamilan. Sebab saat hamil tentu sang ibu tidak dianjurkan mengonsumsi obat-obatan kimia untuk mengatasi sembelit. Asam jawa ini bisa menjadi alternatifnya. Namun tetap konsultasi dulu kepada dokter kandungan terkait.


Itu dia manfaat asam jawa untuk kesehatan dan kecantikan. Setelah tahu manfaatnya, kamu jadi ingin rutin mengonsumsi asam jawa atau tidak nih, Teman Kuliner?

Jamu Bukti Mentjos

Foto Jamu Bukti Mentjos
Foto Jamu Bukti Mentjos
Foto Jamu Bukti Mentjos

Rujak Kolam Medan

Foto Rujak Kolam Medan
Foto Rujak Kolam Medan
Foto Rujak Kolam Medan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?