Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Legitnya 6 Kue Khas Vietnam yang Mirip dengan Kue Khas Indonesia Ini

List Artikel
22 Juli 2016 | 0 Komentar
Vietnam bukan hanya terkenal akan menu masakannya yang sehat dan menggugah selera seperti banh mi dan pho. Vietnam juga terkenal dengan aneka kue khasnya yang mayoritas terbuat dari tepung beras dan singkong. Di Vietnam, istilah banh memiliki arti roti atau kue sehingga semua roti dan kue di sana selalu diberi tambahan kata banh di depannya. Seringnya penggunaan tepung beras dan singkong membuat beberapa kue khas Vietnam mirip dengan kue khas Indonesia. Ingin tahu kue apa saja yang mirip? Yuk, simak ulasannya berikut ini: 


1. Banh Bo


Sumber: www.youtube.com

Banh bo atau yang dijuluki dengan nama cow cake ini merupakan sponge cake bertekstur kenyal dan memiliki rasa manis. Banh bo terbuat dari tepung beras, air, gula, santan, dan ragi. Sekilas kue ini mirip dengan mangkok khas Indonesia. Banh bo terdiri dari dua jenis, yakni yang dimasak dengan cara dikukus alias banh bo hap dan yang dimasak dengan cara dipanggang alias banh bo nuong


2. Banh Khoai Mi


Sumber: nhahangamthuc.net

Banh khoai mi merupakan kue yang dibuat dari parutan singkong, gula, santan, serta garam. Dari segi bahan bakunya, kue ini mirip dengan wingko Jawa yang ada di Indonesia. Rasanya perpaduan antara manis, legit, dan gurih dari santan. Banh khoai mi terdiri dari dua jenis, yakni yang dipanggang alias banh khoai mi nuong dan yang dikukus alias banh khoai mi hap


3. Banh Da Lon


Sumber: 40tuanthaiky.com

Banh da lon juga dikenal sebagai kue kulit babi. Meski dinamakan kue kulit babi, namun tidak ada penggunaan kulit babi dalam adonannya. Teksturnya yang kenyal seperti kulit babi membuat kue ini dinamakan sebagai kue kulit babi. Jika kamu melihat banh da lon, kamu pasti akan teringat dengan kue lapis atau kue pepe yang banyak dijual di pasar tradisional Indonesia. Banh da lon terbuat dari tepung tapioka, tepung beras, santan, dan gula. 


4. Banh Com


Sumber: www.vietnamtravelblog.info

Banh com dibuat dari beras dan kacang hijau. Bagian luarnya dibaluri beras ketan yang telah ditumbuk dan diberi pewarna hijau. Teksturnya sangat kenyal dan legit. Penggunaan kacang hijau sebagai isiannya ini membuat banh com memiliki rasa yang mirip dengan kue ku dari Indonesia. Banh com sangat populer di Hanoi.


5. Banh Chuoi


Sumber: danangcuisine.com

Banh chuoi adalah kue pisang asal Vietnam. Banh chuoi ini terbuat dari pisang, santan, gula, roti, parutan kelapa muda, susu kental manis, mentega, telur, dan ekstrak vanilla. Banh chuoi terdiri dari dua jenis, yakni banh chuoi nuong yang dipanggang hingga permukaannya garing dan berwarna cokelat keemasan. Lalu banh chuoi hap yang ditambahkan tepung beras dan pengolahannya dengan cara kukus mirip dengan puding roti ala Indonesia. 


6. Banh Phu The


Sumber: www.marry.vn

Banh phu the memiliki arti kue suami dan istri karena kue ini sering muncul pada saat perayaan pesta pernikahan. Sekilas banh phu the mirip dengan papeda dari Papua karena bentuknya yang kenyal dan berwarna putih. Banh phu the terbuat dari beras yang diisi dengan kacang hijau lalu dibungkus dengan kotak dari daun pandan. 

NamNam Noodle Bar

Foto NamNam Noodle Bar
Foto NamNam Noodle Bar

Monviet

Foto Monviet

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?