5 Bahan Makanan yang Paling Sering Dijadikan BBQ

20 November 2022 | 0 Komentar

Barbeque atau yang lebih dikenal dengan singkatan BBQ merupakan salah satu metode memasak dengan cara membakar atau memanggang bahan makanan di atas sebuah wadah yang diletakkan di atas bara api. Sebelum dipanggang, biasanya bahan makanan akan dimarinasi dengan bumbu terlebih dahulu sehingga rasanya menjadi lebih enak. Hasil makanan yang dimasak dengan cara BBQ memiliki aroma dan rasa yang berbeda dibanding makanan yang dimasak dengan metode lainnya. Pasalnya ada aroma asap yang khas sehingga membuat rasanya menjadi berbeda. Ada banyak bahan makanan yang bisa dijadikan BBQ, beberapa di antaranya adalah:

 

1. Daging Sapi



Sumber: Pergikuliner.com


Bahan makanan pertama yang sering dijadikan BBQ adalah daging sapi. Daging sapi memang paling enak dijadikan BBQ karena lemak pada daging sapi yang meleleh saat dibakar bisa melapisi sari daging sehingga akan membuat rasanya tetap lezat. Untuk bagian daging sapi yang digunakan bisa beragam. Tapi kebanyakan orang memilih untuk menggunakan bagian punuk karena lebih empuk.

 

2. Iga Sapi



Sumber: Pergikuliner.com


Selain daging sapi, ada iga sapi yang juga sering dijadikan sebagai BBQ. Banyak orang yang menganggap kalau iga sapi lebih enak dibanding daging sapi saat dijadikan sebagai BBQ karena bagian daging yang menempel pada tulang iga akan terasa lebih juicy dan pastinya lebih lembut. Sebelum dijadikan BBQ, iga sapi biasanya akan dimarinasi dalam jangka waktu yang lebih dalam dibandingkan dengan daging sapi biasa supaya rasanya menjadi lebih enak.

 

3. Udang



Sumber: Thespruceeats.com


Tidak hanya daging sapi dan iga sapi saja yang cocok sebagai bahan makanan untuk BBQ, udang juga cocok dijadikan BBQ. Tentu saja jenis udang yang digunakan haruslah udang yang berukuran cukup besar seperti udang vaname, udang windu, hingga udang galah. Penggunaan udang berukuran kecil bisa cepat hancur sehingga kebanyakan orang menggunakan udang berukuran besar. Tidak seperti daging, udang tidak perlu dimarinasi dalam jangka waktu lama. Sebenarnya udang juga tidak perlu dimarinasi karena biasanya hanya diberi perasan jeruk nipis saja untuk menghilangkan bau amisnya baru kemudian dipanggang.

 

4. Sosis



Sumber: Hipsheartsapps.com


Selanjutnya ada sosis yang juga sering dijadikan sebagai bahan tambahan dalam pesta BBQ. Sosis yang digunakan bisa berupa sosis ayam atau sapi. Untuk memanggang sosis, kamu tidak perlu memarinasi atau membumbuinya terlebih dahulu karena sosis sudah memiliki rasa asin dan gurih. Kamu hanya perlu mengerat atau mengiris tipis sosis secara melintang untuk memberikan sensasi garing saat dipanggang.

 

5. Sayuran



Sumber: Vindulge


Bahan makanan terakhir yang juga sering dijadikan BBQ adalah sayuran. Sayuran akan menambah serat dalam sajian BBQ. Sayuran yang sering digunakan untuk BBQ adalah jamur, bawang bombay, jagung, asparagus, dan paprika. Sayuran-sayuran yang bisa langsung dipanggang atau hanya ditaburi dengan garam untuk menambah rasa asin. Untuk waktu memanggang sayuran ini akan lebih lama jika dibandingkan dengan daging karena lebih tebal.

 

Setelah melihat aneka bahan makanan yang cocok untuk BBQ di atas, manakah bahan makanan yang paling kamu suka saat menyantap BBQ? Jika ingin pergi makan BBQ, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat makan yang bisa kamu datangi!

Born Ga

WAKI Japanese BBQ Dining

Madam Lee Korean BBQ

Maboo

Sukinabe


Topik artikel ini: