Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Variasi Udang yang Sering Digunakan dalam Kuliner Indonesia

List Artikel
19 November 2022 | 0 Komentar

Udang menjadi salah satu jenis seafood yang memiliki banyak penggemar. Pasalnya udang memiliki tekstur dan rasa yang sangat khas sehingga berbeda dari seafood kebanyakan. Di Indonesia, udang bisa didapat dengan harga yang sangat terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh banyak kalangan. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki banyak wilayah kepulauan, maka tak heran kalau hasil lautnya sangat melimpah. Banyaknya udang yang dihasilkan oleh Indonesia membuat negara kita menjadi salah satu pengekspor udang terbesar di dunia. Ada banyak varian udang yang bisa kamu jumpai di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:  

 

1. Udang Vaname



Sumber: Kolamterpal.net


Varian udang yang pertama adalah udang vaname. Udang ini memiliki nama lain udang pasific white karena memiliki warna yang cenderung putih keabuan. Untuk ukuran dari udang vaname terbilang cukup besar. Kira-kiran panjangnya antara 15 cm hingga 20 cm dengan bobot yang bisa mencapai 40-50 gram per ekornya. Berhubung ukurannya sangat besar, udang vaname ini lebih sering diolah menjadi udang bakar atau udang goreng utuh yang nantinya akan disiram dengan saus khusus.

 

2. Udang Galah



Sumber: Foodierate.com


Udang galah menjadi salah satu varian udang khas Indonesia yang berukuran besar. Udang ini memiliki bentuk yang unik karena di bagian ujung kepalanya terdapat seperti tanduk yang mirip dengan galah. Oleh karena itu varian udang ini disebut dengan nama udang galah. Tak jauh berbeda dengan udang vaname, udang galah ini juga punya ukuran yang cukup besar. Panjang dari udang galah bisa mencapai 18 cm, bahkan ada yang mencapai 25 cm lebih. Ukuran yang besar membuat udang galah seringkali salah dikenali sebagai lobster.

 

3. Udang Windu



Sumber: Pixabay.com


Selanjutnya ada udang windu yang seenarnya termasuk dalam kategori udang air tawar. Udang ini memiliki ukuran besar yang sangat besar. Kira-kira besarnya bisa mencapai 25-30 cm. Tampilannya sering disamakan dengan udang galah. Bedanya, jika udang galah yang berukuran besar adalah yang jantan, untuk udang windu yang berukuran besar adalah yang betina. Udang windu memiliki ciri khas badannya yang memiliki loreng sehingga kerap dikenal dengan nama black tiger shrimp.

 

4. Udang Jerbung



Sumber: Sweetrip.id


Jika udang windu mirip dengan udang galah, udang jerbung ini tampilannya mirip dengan udang vaname. Perbedaannya adalah udang jerbung memiliki warna yang agak orange, terutama pada bagian kepala dan ekornya. Tapi beberapa udang jerbung juga ada yang memiliki bintik cokelat dan hijau. Udang ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur padat sehingga sering diolah menjadi tumisan hingga dikukus

 

5. Udang Rebon



Sumber: Kompas.com


Varian udang yang terakhir adalah udang rebon. Varian udang ini memiliki bentuk dan ukuran yang jauh lebih kecil daripada udang-udang yang lainnya. Ukuran udang rebon hanya sekitar 2-3 cm saja sehingga varian udang ini lebih banyak dijadikan sebagai campuran bahan masakan. Selain dijadikan sebagai bahan campuran, udang rebon juga kerap kali dijadikan sebagai penyedap karena udang ini memiliki rasa yang cukup asin jika dibandingkan dengan varian udang lain. Kamu bisa menjumpai udang rebon dalam sambal, rempeyek, hingga gorengan seperti bakwan.

 

Itulah beberapa varian udang yang sering digunakan dalam kuliner Indonesia. Kamu lebih suka menyantap varian udang yang mana?

Mie Udang Singapore Mimi

Foto Mie Udang Singapore Mimi
Foto Mie Udang Singapore Mimi
Foto Mie Udang Singapore Mimi

Lotus - Mie Udang Singapore

Foto Lotus - Mie Udang Singapore
Foto Lotus - Mie Udang Singapore
Foto Lotus - Mie Udang Singapore

Haiseafood

Foto Haiseafood
Foto Haiseafood
Foto Haiseafood

Ocean 8 Seafood & Dimsum Bar

Foto Ocean 8 Seafood & Dimsum Bar
Foto Ocean 8 Seafood & Dimsum Bar
Foto Ocean 8 Seafood & Dimsum Bar

Layar Seafood

Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?