Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Pisang Indonesia yang Paling Sering Dijadikan Olahan Makanan

List Artikel
3 Januari 2017 | 0 Komentar

Pisang menjadi salah satu bahan makanan yang paling mudah dijumpai di Indonesia. Iklim tropis yang dimiliki Indonesia sangat cocok untuk membuat tanaman ini tumbuh dengan subur sepanjang tahunnya. Jenis pisang yang ada di Indonesia jumlahnya bisa mencapai lebih dari 100 macam. Pisang termasuk dalam jenis buah yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, yakni 136 kalori per 100 gramnya. Kandungan karbohidrat ini lebih tinggi dua kali lipat dari apel sehingga banyak orang yang menyantap pisang saat pagi hari sebelum melakukan aktivitas atau sebelum berolahraga. Mudahnya menemukan pisang di Indonesia, menjadikan buah yang satu ini banyak dijadikan olahan makanan. Dari sekian banyak jenis pisang di Indonesia, ada lima jenis yang paling banyak dijadikan olahan makanan seperti di bawah pisang di bawah ini!

 

1. Pisang Tanduk



Sumber: tokopedia.net


Seperti namanya, pisang tanduk ini berbentuk melengkung menyerupai tanduk dan ukurannya lebih besar dibanding jenis pisang lainnya. Pisang tanduk berasal dari daerah Sukabumi, Jawa Barat. Satu pohonnya hanya menghasilkan tiga sisir dan rata-rata tiap sisirnya berisi 10 buah. Kulit pisang tanduk agak tebal dengan warna kuning tua berbintik cokelat saat sudah matang. Pisang ini tidak bisa dimakan langsung karena harus dimasak terlebih dahulu. Pisang tanduk biasa dimasak untuk campuran kolak.

 

2. Pisang Kepok



Sumber: solopos.com


Pisang kepok memiliki bentuk pendek pipih sehingga sering disebut pisang gepeng. Dalam satu sisirnya, pisang kepok memiliki 12-14 buah dan saat matang warnanya kuning penuh. Pisang kepok memiliki dua jenis seperti pisang kepok putih dengan warna daging putih dan pisang kepok kuning dengan warna daging kuning. Pisang kepok ini memiliki banyak manfaat seperti pencegah diabetes serta menjaga kadar gula dalam darah. Pisang ini banyak diolah menjadi pisang goreng atau dijadikan keripik pisang karena teksturnya yang padat dan tidak terlalu lembek.

 

3. Pisang Ambon



Sumber: viva.co.id

Pisang ambon bisa dengan mudah kamu jumpai di Indonesia karena ragamnya sangat banyak seperti pisang ambon kuning yang memiliki citarasa yang manis serta aroma yang wangi. Lalu ada pisang ambon lumut yang kulitnya berwarna hijau meski sudah matang dan pisang ambon putih yang sangat populer di dunia. Tekstur pisang ambon yang sangat lembut membuatnya sering dijadikan campuran olahan cake atau bolu.

 

4. Pisang Raja



Sumber: berkahkhair.com

Pisang raja memiliki bentuk yang lebih langsing dibanding jenis pisang lainnya. Pisang ini terdiri dari beberapa jenis seperti pisang raja sereh yang kulitnya lebih tipis dengan warna daging lebih putih dan pisang raja bulu yang daging buah yang agak tebal dan tekstur yang lebih padat. Pisang raja banyak digunakan untuk campuran olahan kue tradisional seperti kue nagasari hingga es pisang hijau.

 

5. Pisang Nangka



Sumber: jitunews.com

Jenis pisang terakhir yang sering dijadikan olahan makanan adalah pisang nangka dengan warna kulit tetap hijau saat sudah matang. Rasa buahnya asam manis sehingga harus dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan. Pisang nangka banyak diolah menjadi pisang goreng, keripik pisang hingga campuran kolak.

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Pisang Goreng Afong

Foto Pisang Goreng Afong

Sate Pisang Ahock

Foto Sate Pisang Ahock
Foto Sate Pisang Ahock

Prima Rasa Pisang Goreng Pontianak

Foto Prima Rasa Pisang Goreng Pontianak

Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda
Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?