Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kue Manis dari Singkong yang Rasanya Bisa Saingi Kue Kekinian

List Artikel
5 Desember 2017 | 0 Komentar

Singkong merupakan salah satu bahan kuliner yang paling mudah ditemukan di Indonesia sehingga harganya terbilang cukup murah. Meski murah meriah, tapi singkong ternyata memiliki nilai gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh mulai dari sumber energi atau karbohidrat, bisa membangun masa tulang karena mengandung vitamin K, mencegah anemia, dan masih banyak lagi. Singkong bisa dimasak dengan cara direbus, dikukus, direbus, atau diolah menjadi aneka olahan kue manis khas Indonesia yang pastinya tidak kalah dengan kue-kue hits kekinian. Mau tau apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!


1. Getuk Lindri


Sumber: tabloidbintang.com


Getuk lindri merupakan kue tradisional yang terbuat dari singkong yang dikupas lalu dikukus hingga matang lalu ditumbuk atau digiling hingga halus bersama dengan gula dan dicetak lalu disajikan bersama dengan kelapa parut kasar. Getuk memiliki tekstur yang lembut dengan cita rasa manis serta gurih yang berasal dari kelapa. Kue tradisional ini hingga sekarang masih bisa kamu temukan di pasar-pasar tradisional Indonesia.

 

2. Sentiling


\

Sumber: resepbunda.com


Kue dari singkong yang satu ini memiliki warna-warni yang sangat cerah sehingga terlihat sangat menarik. Sentiling terbuat dari singkong yang diparut halus lalu diberi campuran vanili, gula pasir, garam, dan air. Setelah tercampur rata, adonan dibagi beberapa bagian untuk diberi pewarna alami lalu dikukus hingga matang dan disajikan dengan cara ditusuk-tusuk dan diberi taburan kelapa parut yang sudah diberi garam agar rasanya menjadi manis dan gurih.

 

3. Lemet


Sumber: resepkoki.com


Dari segi tampilannya, lemet memang terlihat memiliki tekstur legit dan kenyal dengan warna kecoklatan yang berasal dari campuran gula merah. Kue manis ini terbuat dari singkong yang sudah diparut halus dan dicampur gula merah, kelapa parut, garam, dan vanili lalu dibungkus dengan daun pisang muda dan dibentuk pipih panjang. Setelah dikukus matang, aroma wangi dari gula merah yang bercampur dengan wangi daun pisang akan merebak menggoda lidah kamu untuk langsung mencobanya.

 

4. Sawut


Sumber: resepanekajajan.co.id


Hingga saat ini, sawut masih bisa kamu jumpai di pasar tradisional yang ada di daerah Jawa. Kue ini terbuat dari singkong yang diparut kasar sehingga teksturnya agak garing dan padat jika dibandingkan kue-kue yang terbuat dari singkong lainnya. Singkong yang sudah diparut kasar dicampur dengan gula merah, garam, dan vanili lalu dikukus hingga matang, Setelah matang, sawut disajikan dengan beralaskan daun pisang dan ditaburi kelapa parut. Sawut sering disantap sebagai cemilan saat minum kopi atau teh.

 

5. Kue Mata Roda


Sumber: ytimg.com


Ada banyak julukan untuk kue manis dari singkong ini. Selain kue mata roda, kue ini juga dinamakan kue mata sapi atau kue singkong isi pisang. Kue manis yang berasal dari Pati, Jawa Tengah ini terbuat dari singkong yang diparut halus lalu diperas dan dibuang airnya lalu dicampur dengan pewarna makanan, gula, vanili, dan garam. Setelah tercampur rata, adonan dijadikan pembungkus pisang dan dikukus. Setelah matang, kue dipotong-potong dan ditaburi kelapa parut halus.


Itu dia sedikit ulasan tentang kue manis yang terbuat dari singkong. Nah! Buat kamu yang kepingin makan kue seperti di atas atau kepingin membeli aneka kue tradisional untuk acara, kamu bisa kunjungi beberapa tempatnya seperti di bawah ini!

Chiquita Pastry Getuk Singkong

Foto Chiquita Pastry Getuk Singkong

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

Pastel Istimewa Ma'Cik

Foto Pastel Istimewa Ma'Cik

Toko Kue Vivi

Foto Toko Kue Vivi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?