Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Fakta Empal Gentong, Makanan khas Cirebon yang Jadi Favorit

List Artikel
4 Februari 2023 | 0 Komentar

Teman Kuliner pernah menyantap empal gentong? Empal gentong merupakan salah satu makanan khas Cirebon dan termasuk dalam jajaran salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat popular di Indonesia sehingga kita tidak hanya bisa menjumpainya di kota asalnya, tapi juga beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Bogor, dan lain sebagainya. Empal gentong terbuat dari isian daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan bumbu rempah khusus dan kuah santan sehingga punya rasa yang sangat gurih. Buat kamu yang suka menyantap empal gentong, ada beberapa fakta empal gentong khas Cirebon yang perlu kalian ketahui. Yuk, coba kita cek bersama fakta empal gentong khas Cirbeon di bawah ini!

 


Sumber: Tasteatlas.com



1. Sudah Ada Sejak Abad ke-15 Masehi

Fakta empal gentong khas Cirebon yang pertama adalah keberadaannya yang ternyata sudah ada sejak abad ke-15 Masehi. Hal ini diperkuat dari kemunculannya pada cerita rakyat Cirebon hingga tradisi lisan yang diceritakan secara turun temurun. Meski demikian, belum diketahui secara pasti daerah kemunculannya di Cirebon karena memang tidak dijelaskan secara rinci.

 

2. Dipercaya Sebagai Alat Penyebaran Ajaran Islam

Fakta empal gentong khas Cirebon yang kedua adalah kuliner berkuah ini dulunya pernah digunakan sebagai alat penyebaran ajaran Islam. Hal ini dikarenakan masyarakat setempat percaya kalau pada masa tersebut, Sunan Gunung Djati melakukan penyebaran agama Islam di Cirebon dan daerah sekitarnya. Awalnya empal gentong ini menggunakan daging kerbau karena Sunan Gunung Djati melarang penggunaan daging sapi untuk dimasak untuk menghormati umat Hindu yang ada di Cirebon dan sekitarnya.

 


Sumber: Batiqa.com


3. Wujud Persilangan Banyak Budaya

Fakta empal gentong khas Cirebon yang selanjutnya adalah kuliner ini merupakan wujud persilangan dari banyaknya budaya. Pasalnya, Cirebon dulunya merupakan tempat singgah kapal dagang dari berbagai negara. Hal ini bisa dilihat dari tampilan dan rasa empal gentong. Sekilas tampilannya mirip dengan gulai atau kare yang merupakan makanan khas Timur Tengah dan India. Lalu penggunaan jerohan yang diadaptasi dari kuliner-kuliner Tionghoa yang kebanyakan menggunakan jerohan dalam kuliner berkuah. Lalu ada penggunaan rempah-rempah khas Indonesia yang menjadikan aroma dan rasanya sangat unik.

 

4. Resep Aslinya Dimasak dengan Gentong dan Kayu Pohon Mangga

Dinamakan empal gentong karena memang kuliner berkuah ini awalnya dimasak dengan menggunakan gentong yang terbuat dari tanah liat. Penggunaan gentong tanah liat dipercaya bisa mengeluarkan rasa dan aroma dari empal gentong sehingga menjadi lebih nikmat. Pada resep aslinya, selain menggunakan gentong tanah liat, kuliner ini juga harus dimasak dengan kayu bakar. Jenis kayu bakar yang digunakan haruslah kayu dari pohon mangga. Konon kayu dari pohon mangga memiliki aroma yang khas dan unik.



Sumber: Kompas.com


5. Ada Banyak Menu Pendampingnya

Meski isian empal gentong hanya irisan daging kerbau atau sapi beserta jerohannya, tapi kuliner ini juga disajikan dengan banyak bahan pendamping. Bahan pendamping utama dari empal gentong adalah bawang goreng, irisan daun kucai, irisan daun bawang, dan nasi. Uniknya selain nasi, kuliner berkuah ini juga bisa dijadikan dengan lontong atau ketupat.

 

6. Jadi Menu Favorit Saat Pesta Pernikahan

Fakta empal gentong khas Cirebon yang terakhir ini pasti sudah diketahui oleh beberapa orang. Empal gentong termasuk dalam jajaran menu favorit gubukan yang disajikan pada saat pesta pernikahan. Selain soto, bakso, dan bakwan Malang, empal gentong menjadi kuliner berkuah yang banyak dipilih untuk menu pesta pernikahan. Rasanya yang familiar di lidah masyarakat membuatnya menjadi kesukaan para tamu undangan.

 

Itulah beberapa fakta empal gentong khas Cirebon yang punya aroma dan rasa unik. Nah, buat kamu yang ingin mencicipi kelezatan empal gentong khas Cirebon, PergiKuliner sudah siapkan rekomendasi tempat makan empal gentong khas Cirebon enak di bawah ini!

Empal Gentong Kang Aden

Foto Empal Gentong Kang Aden
Foto Empal Gentong Kang Aden
Foto Empal Gentong Kang Aden

Empal Gembrot Ny. Halimana

Foto Empal Gembrot Ny. Halimana
Foto Empal Gembrot Ny. Halimana
Foto Empal Gembrot Ny. Halimana

Empal Gentong Sate Cirebon Kang Eman

Foto Empal Gentong Sate Cirebon Kang Eman
Foto Empal Gentong Sate Cirebon Kang Eman
Foto Empal Gentong Sate Cirebon Kang Eman

Empal Gentong Mas Ito

Foto Empal Gentong Mas Ito
Foto Empal Gentong Mas Ito
Foto Empal Gentong Mas Ito

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?