Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Makanan Vegan Hits yang Praktis dan Lezat

List Artikel
14 November 2021 | 0 Komentar

Menjadi seorang vegan kini semakin banyak dipilih orang-orang yang ingin hidup sehat dengan hanya mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan. Gaya hidup vegan bisa dibilang gampang-gampang susah untuk dilakukan, terutama bagi pemula atau sekedar ingin mencoba-coba. Karena dibutuhkan komitmen untuk menjadi seorang vegan yang tidak bisa mengonsumsi jenis makanan tertentu, terutama daging dan produk hewani. Selain itu, menjadi vegan juga dianggap sebagai orang yang pemilih dalam masalah makanan. Apalagi jika lingkungan sekitar tidak mendukung makanan vegetarian. Namun, apakah menjadi vegan itu membosankan? Tentu kembali pada individu masing-masing. 


Menjadi vegan berarti hanya menerima asupan makanan yang berasal dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan jamur. Agar menjadi vegan tidak terasa membosankan, kamu bisa menyiasatinya dengan berkreasi dari menu-menu ramah vegan. Berikut adalah rekomendasi makanan vegan hits yang praktis dan lezat!


1. Burger Vegan



Sumber: Thejakartapost.com


Selama ini burger dikenal sebagai salah satu junk food yang kurang sehat. Junk food dianggap tidak sehat karena mengandung tinggi lemak jenuh, gula dan natrium pada bumbunya. Selain tidak sehat, patty burger juga terbuat dari daging sehingga tidak bisa dikonsumsi oleh vegan. Namun tak perlu khawatir, seorang vegan tetap bisa menikmati burger kesukaan kok. Burger vegan merupakan inovasi menu makanan vegan hits. Dimana patty burger yang umumnya berisi daging sapi diganti menjadi daging vegan yang terbuat dari campuran jamur, kacang hitam dan biji-bijian. Tentunya lengkap dengan sayuran khas burger seperti selada dan tomat. Burger vegan diklaim sangat sehat karena tidak mengandung lemak jenuh sama sekali. Gimana, tertarik mencobanya?


2. Rendang Tahu



Sumber: Suara.com


Kelezatan rendang memang sangat menggoda. Mendengar namanya saja sudah membuat perut lapar. Sayangnya, pemakaian daging sapi pada rendang membuat vegan tidak bisa mengonsumsinya. Buat penggemar rendang jangan dulu berkecil hati, vegan bisa menyiasatinya dengan mengganti daging sapi menjadi tahu untuk membuat rendang kesukaan. Cara membuatnya pun sama dengan rendang biasa. Bahan serta bumbunya juga hampir sama yakni santan, lengkuas, daun jeruk, kunyit dan sebagainya. Pemakaian santan menjadi bagian terpenting dalam proses pembuatan rendang. Pemakaiannya bisa memberi citarasa gurih pada olahan rendang. Jadi, meskipun namanya rendang tahu, namun kelezatan orisinil rendang tetap bisa kamu rasakan saat menyantapnya.


3. Smoothies Bowl



Sumber: Wallflowerkitchen.com


Smoothies bowl saat ini sedang banyak digandrungi karena mudah dibuat dan lezat. Selain itu, smoothies bowl juga diklaim sangat sehat karena terdiri dari bahan-bahan tinggi serat, rendah kalori, dan bernutrisi tinggi. Smoothies bowl bisa berisi beragam mulai dari buah-buahan, oat, dan chia seed. Bagi yang ingin mencobanya di rumah bisa berkreasi dengan bahan-bahan ramah vegan sesuai dengan selera. Kamu pun bisa menambahkan potongan buah segar sebagai topping tambahan. Jika tidak ingin disantap langsung, kamu bisa merendam oatmeal dengan air kemudian ditaruh kulkas. Tinggal ditambah topping favorit keesokan harinya ketika ingin disantap. Mudah, bukan?


4. Steak Tempe



sumber: resepistimewa.com


Steak merupakan salah satu menu western food yang digemari oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Steak yang lezat rupanya tidak selalu berasal dari daging sapi. Di Indonesia, vegan bisa memanfaatkan tempe sebagai bahan pengganti yang lebih sehat dan tidak kalah lezatnya. Berprotein tinggi dan bisa menggantikan peranan daging, tempe adalah opsi terbaik bagi para penganut vegetarian. Untuk membuatnya pun sangat mudah, kukus tempe hingga matang. Angkat dan ulek tempe hingga halus. Lalu bumbui tempe dan bentuk hingga menjadi pipih. Setelah itu, goreng kembali hingga berwarna cokelat keemasan. Siram dengan saus blackpepper atau BBQ, serta beri potongan sayuran untuk melengkapinya. Steak tempe pun siap  disantap! 


5. Sate Jamur



Sumber: Berwirausaha.net


Sate adalah kuliner asli Indonesia yang sudah melegenda bahkan terkenal hingga mancanegara. Sayangnya, sate daging tidak cocok untuk dikonsumsi vegetarian. Sehingga perlu sedikit modifikasi agar vegan tetap bisa menikmatinya. Sate jamur bisa menjadi opsi terbaik bagi penganut vegan yang tidak mengonsumsi daging. Dengan teksturnya yang menyerupai daging, jamur memang bisa menjadi sate idola semua orang, terutama bagi para vegan. Selain itu, jamur juga mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh seperti antioksidan, vitamin B, vitamin D, protein, beta glukan, dan kalium. Jadi, selain dapat kenikmatan dari sate jamur ini, menyantapnya sebagai menu makanan vegan hits bisa sekaligus mendapat manfaatnya untuk tubuh kita.


6. Nugget Vegan



Sumber: Idntimes.com


Nugget adalah makanan yang cukup populer di Indonesia. Rasanya yang lezat dan gurih, membuat makanan ini disukai oleh semua kalangan. Umumnya nugget yang terbuat dari olahan daging ayam atau ikan. Namun, saat ini sudah banyak yang membuat variasi dari nugget. Salah satunya adalah nugget vegan. Nugget vegan adalah nugget yang diolah tanpa campuran telur atau susu. Kemudian bahan daging ayam juga diganti dengan sayuran seperti kentang atau wortel. Sehingga menjadi menu ramah vegan yang menyehatkan dan rendah kalori. Rasanya pun tidak jauh berbeda dengan nugget biasa. Kuncinya, terletak pada tepung roti atau bread crumb yang digunakan. Tepung ini gunanya memberi tekstur renyah pada lapisan luar nugget. Dengan begitu, teksturnya akan terasa seperti nugget daging sungguhan.


Nah, itu dia enam makanan vegan hits yang praktis dan lezat. Gimana Teman Kuliner, kalau makanan vegan seperti di atas tentu kamu jadi semangat makannya kan? Sekarang cek yuk rekomendasi restoran vegetarian rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Burgreens Express

Foto Burgreens Express
Foto Burgreens Express
Foto Burgreens Express

Namy House Vegetarian

Foto Namy House Vegetarian
Foto Namy House Vegetarian
Foto Namy House Vegetarian

RBoJ Ray's Bottle of Joe

Foto RBoJ Ray's Bottle of Joe
Foto RBoJ Ray's Bottle of Joe
Foto RBoJ Ray's Bottle of Joe

Burgreens Eatery

Foto Burgreens Eatery
Foto Burgreens Eatery
Foto Burgreens Eatery

Harmoni Vegetarian

Foto Harmoni Vegetarian
Foto Harmoni Vegetarian
Foto Harmoni Vegetarian

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?