Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Minuman Khas India yang Cocok untuk Menghangatkan Badan Saat Musim Hujan

List Artikel
15 November 2021 | 0 Komentar

Memasuki musim hujan membuat kita lebih suka mengonsumsi kuliner yang bisa menghangatkan tubuh. Udara dingin juga bisa membuat daya tahan tubuh kita menurun sehingga tubuh menjadi rentan sakit, terutama terkena pilek dan demam. Oleh karena itu dibutuhkan minuman yang tak hanya bisa menghangatkan tubuh, tapi juga menutrisi tubuh dengan baik. Biasanya minuman yang kaya nutrisi adalah minuman yang terbuat dari bahan dasar susu, buah-buahan, hingga rempah-rempah yang punya kandungan anti bakteri, anti inflamasi, dan anti peradangan. Di Indonesia sendiri ada wedang jahe hingga bandrek yang bisa dikonsumsi untuk menghangatkan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Lantas di negara India ada minuman khas apa yang cocok untuk musim hujan? Coba langsung kita lihat saja bersama-sama yuk!


1. Darjeeling



Sumber: Gopaldharaindia.com


Minuman khas India yang pertama adalah darjeeling. Minuman ini sangat populer dan selalu menjadi incaran para turis asing saat datang berlibur ke India. Darjeeling adalah minuman teh yang berasal dari daerah Darjeeling, India. Daerah ini menjadi pusat budidaya teh Bengali yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Teh ini memiliki aroma dan rasa yang unik karena bisa berbeda tergantung musimnya. Jika tanaman teh dipanen saat musim semi, maka akan ada aroma wangi bunga di dalamnya. Sedangkan jika dipanen saat musim gugur atau musim dingin, aromanya akan berbau kayu dan tanah. Lain halnya jika dipanen pada saat musim buah, maka akan ada aroma buahnya. Hal ini dikarenakan tanaman teh darjeeling sangat mudah menyerap aroma tanaman yang ada di sekitarnya sehingga mempengaruhi aroma dan rasanya.


2. Chai Masala



Sumber: Okezone.com


Minuman khas India yang kedua adalah chai masala. Tak jauh berbeda dengan teh darjeeling, chai masala ini juga sangat populer. Kita bahkan bisa menjumpainya sebagai minuman wajib yang ada di dalam menu restoran India. Chai masalah dibuat dari bahan dasar teh hitam, susu, dan aneka rempah. Mulai dari kayu manis, kapulaga, jahe, cengkes, dan lain sebagainya. Berhubung ada campuran rempahnya, maka aroma dari chai masala ini sangat kuat. Rasanya juga kaya akan rempah. Selain itu, chai masala memiliki banyak khasiat untuk tubuh karena banyak kandungan rempahnya dan ada campuran susu di dalamnya sehingga cocok dikonsumsi saat musim hujan.


3. Phenti Hui



Sumber: Depositphotos.com


Jika Teman Kuliner melihat tampilannya sekilas pasti akan teringat akan dalgona coffee. Minuman phenti hui memang dijuluki sebagai dalgona coffeenya India. Hal ini dikarenakan adanya campuran kopi, susu, gula, dan air panas. Minuman khas India ini sangat populer sehingga bisa dengan mudah kita jumpai di kafe-kafe yang ada di India. Phenti hui ini bisa disajikan dalam keadaan panas maupun dingin. Tentu saja saat musim hujan, Teman Kuliner disarankan untuk memesan phenti hui dalam keadaan panas karena bisa menghangatkan tubuh.


4. Badam Milk



Sumber: Thetiffinbox.ca


Selanjutnya ada badam milk yang menjadi salah satu minuman khas India. Badam milk ini terbuat dari bahan dasar susu. Jenis susu yang digunakan adalah susu almond. Susu tersebut lalu dicampur dengan aneka rempah seperti kapulaga, kunyit, safron, dan lain sebagainya. Tampilannya sangat menarik sehingga membuat kita ingin mencobanya. Badam milk lebih banyak disajikan dalam keadaan panas untuk diminum saat cuaca sedang dingin atau di malam hari. Tapi selain disajikan panas, badam milk juga bisa disajikan dalam keadaan dingin.


5. Thandai



Sumber: Wikimedia.org

Minuman khas India yang terakhir adalah thandai. Mungkin beberapa dari kita masih asing mendengar nama minuman ini karena keberadaannya tidak sepopuler minuman lainnya. Tapi thandai ini sangat kaya akan nutrisi karena di dalamnya terdapat aneka campuran biji-bijian. Thandai dibuat dari bahan dasar susu, biji semangka, biji adas, kacang almond, safron, kapulaga, kunyit, dan ada tambahan kelopak mawar di dalamnya. Rasanya sudah pasti unik karena banyaknya bahan yang digunakan. Thandai bisa dinikmati dalam keadaan panas atau dingin.

 

Bagaimana menurut Teman Kuliner tentang minuman khas India di atas? Apa ada yang menarik perhatian Teman Kuliner untuk dicoba saat musim hujan seperti sekarang?

Memang agak sulit nih menemukan tempat yang menjual minuman hangat khas India di Jakarta. Kalau kamu mau menghangatkan tubuh dikala cuaca dingin seperti ini dan kesulitan mencari minuman hangat khas India, lebih baik kamu mampir aja yuk ke tempat-tempat di bawah ini. Mereka menyajikan berbagai minuman hangat seperti teh dan kopi yang pastinya bisa menghangatkan tubuh kamu juga loh!

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

House of Tea

Foto House of Tea
Foto House of Tea
Foto House of Tea

8th Bean Cafe

Foto 8th Bean Cafe
Foto 8th Bean Cafe
Foto 8th Bean Cafe

Pantjoran Tea House

Foto Pantjoran Tea House
Foto Pantjoran Tea House
Foto Pantjoran Tea House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?