Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Varian Roti Khas Italia yang Tak Kalah Enak dari Pizza

List Artikel
1 April 2017 | 0 Komentar

Apa yang terbayang dalam pikiran kamu saat mendengar kuliner khas Italia? Pasti jawabannya pizza atau pasta. Kedua kuliner itu memang sudah menjadi ciri khas dari kuliner khas Italia yang sangat terkenal hingga di seluruh penjuru dunia. Tapi tahukah kamu kalau selain kedua kuliner itu ternyata Italia juga memiliki aneka varian roti khas Italia yang enaknya nggak kalah dari roti pizza. Varian roti khas Italia ini selain memiliki citarasa yang enak juga memiliki bentuk yang unik-unik sehingga bikin kamu mudah mengenalinya. Yuk langsung aja kita lihat aneka varian roti khas Italianya!

 

1. Friselle



Sumber: giallozafferano.it


​Roti yang pertama adala friselle yang memiliki bentuk cincin mirip dengan donat. Hanya saja pada bagian atasnya sengaja dibuat datar agar bisa menaruh topping khas Italia yakni tomat segar yang dicincang lalu dicampur dengan daun tyme dan minyak zaitun. Roti friselle juga terkadang diberi tambahan seafood untuk menambah variasinya. Tekstur roti friselle sangat renyah dan garing. Roti ini sering dijadikan menu sarapan oleh masyarakat Italia.

 

2. Cornetto



Sumber: lacornetteria.com


Melihat bentuknya pasti kamu akan mengira kalau roti ini adalah croissant yang berasal dari Perancis. Roti khas Italia ini bernama cornetto yang memiliki tekstur jauh lebih lembut dibanding dengan croissant. Cornetto juga memiliki citarasa yang lebih manis. Ciri khas dari roti ini adalah isian custard cream atau selai aprikot yang menambah kaya citarasanya. Cornetto biasa disantap saat kamu sedang menyeruput cappucino atau espresso.

 

3. Ciabatta



Sumber: cdn.skim.gs


Jenis roti yang satu ini adalah roti tawar khas Italia yang teksturnya lebih padat dibanding roti tawar kebanyakan. Bentuknya yang pipih panjang membuat roti ciabatta sering dijadikan sebagai roti sandwich atau panini yang diisi dengan aneka isian seperti daging asap, irisan daging babi, keju, serta aneka sayuran seperti tomat dan daun selada. Setelah diberi isian, roti kemudian dipanggang hingga bagian luar roti tampak cokelat keemasan.

 

4. Rosetta



Sumber: bitterbaker.com


Sesuai dengan namanya, roti ini memang berbentuk bunga mawar yang terlihat cantik dan indah sehingga kamu jadi tak tega menyantapnya. Rosetta atau yang juga disebut dengan nama michetta ini berasal dari Lombardy, Italia Utara. Bentuknya cantik seperti bunga mawar dengan aneka isian gurih dan asin. Bagian luar rosetta sangat garing dan renyah, sementara pada bagian dalamnya memiliki tekstur yang sangat lembut.

 

5. Focaccia



Sumber: onceuponchef.com


Focaccia merupakan roti khas Italia yang kaya akan aroma rempah karena roti ini dibuat dengan tambahan aneka rempah-rempah khas Italia seperti oregano, thyme, basil, dan lain-lain. Focaccia bisa disantap begitu saja atau diberi tambahan topping seperti daging asap dan keju yang kemudian dipanggang. Selain itu, focaccia sering dijadikan makanan pendamping alias side dish pada sajian sup.

 

6. Taralli



Sumber: italyrevisite.org


Terakhir ada roti dengan tampilan yang mirip dengan pretzel. Taralli merupakan roti yang berasal dari bagian selatan Italia. Roti ini memiliki tekstur yang garing dan renyah, seperti perpaduan tekstur bagel dan pretzel. Selain dari bentuknya yang unik, aromanya juga sangat khas karena ditambahkan rempah seperti bawang putih, biji wijen, biji poppy, adas, merica, dan garam. Taralli bisa tahan berbulan-bulan jika kamu simpan dalam wadah kedap udara. 


Di Indonesia mungkin akan sedikit susah bila mencari jenis-jenis roti seperti di atas ya? Tapi tenang, untuk mengobati rasa pingin makan roti para teman PergiKuliner, di bawah ini sudah tim PergiKuliner rangkum beberapa toko roti yang rasa rotinya nggak kalah enaknya dengan rasa roti di atas lho! Nggak percaya? Cobain dulu dong!

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Provence

Foto Provence
Foto Provence

Barby's Bakery

Foto Barby's Bakery
Foto Barby's Bakery
Foto Barby's Bakery

Seven Grain

Foto Seven Grain
Foto Seven Grain
Foto Seven Grain

Fleur n Fleur

Foto Fleur n Fleur
Foto Fleur n Fleur

Mau tahu lebih banyak toko kue & roti enak di wilayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek PergiKuliner.com aja!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?