Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Rahasia Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

List Artikel
10 November 2020 | 1 Komentar

Kebiasaan minum kopi saat pagi hari memang sudah menjadi tradisi bagi orang Indonesia. Minum kopi sebelum beraktivitas dapat memberikan efek semangat dan juga menghilang rasa kantuk. Kini tradisi minum kopi sudah jauh lebih modern, terbukti dengan banyaknya penemuan dan ide kreasi dari kopi seperti kopi dengan latte art, kopi dengan rasa buah-buahan, ataupun kopi dengan es krim. Orang sudah mulai meninggalkan tradisi minum kopi hitam karena rasanya yang lebih pahit dan cenderung identik dengan gaya minum kopi orang tua. Padahal kopi hitam yang pahit murni tanpa gula itu memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Ternyata ini alasannya mengapa kopi hitam tanpa gula jauh lebih sehat untuk dikonsumsi:



Sumber: Coffeestudent.tumblr.com


1. Sumber Antioksidan

Salah satu kebaikan dari kopi adalah kopi sangat tinggi akan antioksidan dan sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh. Misalnya saja kandungan kromium pada kopi berguna untuk mengontrol kadar gula darah. Lalu, kandungan flavonoid yang tinggi dalam kopi bisa mencegah tubuh terhindar dari penyakit yang kronis. Terakhir, ada fungsi magnesium dan kromium yang dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Semua manfaat tadi tentunya hanya akan kamu dapatkan dari kopi hitam yang pahit itu.


2. Mencegah Kerusakan Syaraf

Dilansir dari American Journal of Epidemiology, seorang ahli nutrisi bernama Joan Salge Blake mengatakan bahwa ia melakukan sebuah penelitian kepada sejumlah orang tua yang mengkonsumsi kopi hitam secara rutin dengan sejumlah orang tua yang tidak mengkonsumsi kopi hitam sama sekali. Hasilnya menunjukan perbedaan yang signifikan dimana mereka yang mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula ternyata memiliki sistem syaraf motorik dan sensorik yang sangat baik, sementara mereka yang tidak mengkonsumsi kopi hitam mengalami penurunan fungsi syaraf.

Hal ini telah membuktikan bahwa kandungan yang terdapat pada kopi hitam tanpa gula berhasil mencegah para orang tua tersebut dari resiko kerusakan syaraf akibat faktor usia. Penurunan fungsi syaraf umumnya memang terjadi pada sejumlah orang yang telah memasuki angka usia lanjut, namun hal itu dapat diminimalisir jika kita rajin mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula.


3. Mengurangi Potensi Diabetes

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, bahwa kopi hitam mengandung kromium yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Kadar gula darah yang stabil tentunya dapat menghindarkan tubuh dari resiko penyakit diabetes.  Kopi hitam juga bermanfaat untuk memperbanyak produksi hormon insulin dalam tubuh yang mana insulin sendiri merupakan hormon alami yang diproduksi oleh organ pankreas yang berfungsi dalam mengatur kerja metabolisme tubuh dan mencegah peningkatan kadar glukosa dalam darah akibat konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi.


4. Mencegah Penyakit Kanker

Kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki sumber kafein tinggi. Ternyata kafein kopi tersebut dapat berfungsi untuk mencegah tumbuhnya penyakit kanker dalam tubuh terutama kanker usus besar, kanker hati, kanker payudara, dan kanker prostat. Untuk mendapatkan kandungan kafein kopi yang tinggi tentunya kita diharuskan untuk meminum kopi hitam yang pahit tanpa ada tambahan gula sedikit pun.


5. Membugarkan Tubuh

Tanpa disadari meminum kopi di pagi hari sebelum beraktivitas dapat memberikan efek semangat pada tubuh kita. Bahkan hal itu juga telah dibuktikan oleh seorang ahli kopi terkemuka yang bernama Ory Hofmekler. Beliau mengatakan bahwa kopi hitam tanpa gula dapat menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kekuatan otot jika dikonsumsi secara rutin dan dengan cara pengolahan kopi yang benar.


6. Menjaga Kesehatan Tulang dan Jantung

Konsumsi kopi hitam tanpa gula secara rutin dengan kandungan kalsium dan kalium di dalamnya dapat menyehatkan tulang dan jantung. Diketahui bahwa kandungan kalsium dalam kopi dapat menjaga kesehatan tulang dan mengurangi potensi kerusakan tulang pada orang tua yang sudah lansia dan wanita menopause. Sementara, kandungan kalium dalam kopi diyakini dapat menjaga stabilitas detak jantung. Salah satu masalah yang ditimbulkan dari keseringan konsumsi makanan berlemak adalah penyumbatan pembuluh darah akibat lemak. Resiko ini dapat diminimalisir dengan meminum kopi hitam tanpa gula.


7. Menu Untuk Diet

Percaya tidak kalau kopi juga bisa mendukung program diet? Kopi hitam sangat rendah akan kalori. Minuman yang rendah kalori tentunya dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin. Disamping itu, kopi hitam tanpa gula dapat meninggalkan rasa pahit di mulut yang mana hal itu dapat mengurangi nafsu makan dan meminum kopi di pagi hari juga dapat memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Terbukti bukan kalau kopi bisa dimanfaatkan untuk diet?


Nah sekarang sudah tahu kan manfaat kopi hitam tanpa gula untuk kesehatan? Eits, bukan berarti kamu harus minum kopi tanpa gula secara berlebihan ya. Bagi teman PergiKuliner yang suka minum kopi di cafe, mungkin sesekali bisa mengganti menu andalan kopi nya dengan memesan kopi hitam tanpa gula nih. Dan bagi kamu yang doyang ngafe, coba yuk datang ke tempat ngopi yang sudah PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Kopi Tikum

Foto Kopi Tikum
Foto Kopi Tikum
Foto Kopi Tikum

Terroir Coffee & Eat

Foto Terroir Coffee & Eat
Foto Terroir Coffee & Eat
Foto Terroir Coffee & Eat

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Nitro Coffee

Foto Nitro Coffee
Foto Nitro Coffee
Foto Nitro Coffee

Saturday Coffee

Foto Saturday Coffee
Foto Saturday Coffee
Foto Saturday Coffee

Mau tau lebih banyak tentang lokasi tempat ngopi enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek Pergikuliner.com dulu yuk sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
mantap man
uncit1413@mail.com | 22 Jan 2023 pk. 02:35 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?