Asal Usul: Sejarah Crepes yang Harus Kamu Tahu

22 Januari 2016 | 0 Komentar

Jaman sekarang siapa sih yang ngga tau crepes? Cemilan manis yang satu ini memang sedang naik daun. Aneka jenis topping dan isian crepes sangat beraneka ragam, sehingga menggoda untuk dicicipi. Namun di balik ketenarannya, tahukah kamu tentang sejarah terciptanya crepes? 


Terdapat berbagai versi sejarah

Bila dilihat dari sejarahnya, usia Crepes sudah sangat tua. Menurut beberapa sumber, crepes dikenal ribuan tahun lalu. Pada jaman dulu orang sudah menikmati crepes dengan berbagai bentuk. Crepes dikenal sebagai kue dadar yang dimasak di atas wajan datar. Eropa mengklaim sebagai tempat lahirnya crepes. Sementara sebuah teks dari Celtic, Irlandia menyebut kebiasaan masyarakat di sana menyantap crepes sejak abad 18.


Sementara itu beberapa sumber mengatakan bahwa resep crepes ditemukan pertama kali di Perancis pada tahun 1390. Memang, banyak sekali teori yang menyebutkan soal sejarah crepes, bahkan dengan berbagai resepnya. Tetapi dalam prakteknya proses pembuatan crepes tidak semudah sebagaimana yang sudah banyak ditulis.


Membuat crepes tidak mudah

Jika adonan yang dibuat tidak sesuai, maka tidak dapat menghasilkan crepes yang renyah sekaligus lembut. Belum lagi pada saat proses memasaknya. Jika wajan atau plat yang digunakan kurang baik, maka adonan akan sangat lengket.


Sebaliknya, jika wajan atau plat yang dipakai terlalu berminyak maka Crepes tidak akan menempel sempurna. Saat ini di Amerika, crepes disajikan sebagai hidangan penutup dan terbuat dari tepung tegung yang diisi dengan selai, gula, buah hingga coklat. Sementara itu di Perancis, crepes disajikan sebagai hidangan utama.


La Creperie

Crepe Signature


Topik artikel ini: