Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Usul Sushi yang Awalnya Makanan Kerajaan

List Artikel
5 Juni 2017 | 0 Komentar
Sushi menjadi kuliner khas Jepang yang paling terkenal di dunia. Keberadaan sushi yang sudah merambah ke seluruh dunia ini berkat keunikan penyajiannya dan juga rasa autentiknya. Sushi identik dengan nasi yang diberi aneka lauk seafood sebagai toppingnya. Nasi yang digunakan dalam sushi adalah nasi yang sudah dibumbui dengan cuka beras, garam, dan gula sehingga citarasa dari nasi sushi sendiri sudah sangat enak. Apalagi ditambah dengan seafood yang sengaja disajikan mentah  dan segar.


Sumber : Pergikuliner.com


Sushi di Indonesia bisa dengan mudah kamu jumpai baik itu di restoran bintang lima lima hingga gerai pinggir jalan. Tapi tahukah kamu kalau sushi awalnya merupakan makanan kerajaan yang hanya bisa dinikmati kalangan bangsawan saja? Sebelum zaman Edo, sushi diciptakan karena adanya kebiasaan mengawetkan ikan dengan dibalut nasi yang dibumbui dengan cuka atau sake. Nasi yang digunakan tersebut pada awalnya tidak disantap tapi dibuang begitu saja karena tujuan awalnya adalah mengawetkan ikan laut agar tidak cepat basi.

 


Sumber : Fridgg.com


Namun kemudian tercetus sebuah ide untuk menyantap nasi bersama dengan ikan laut tersebut. Tapi ikan laut yang disantap haruslah ikan laut segar alias tidak diawetkan terlebih dahulu. Sushi yang pertama kali dibuat adalah oshizushi yang dibentuk dengan cara ditekan-tekan dalam wadah kayu persegi. Satu porsinya sangat besar sekali, setara dengan sembilan porsi sushi sekarang. Tak heran jika oshizushi sering dijadikan sebagai hadiah atau bingkisan sebagai bentuk rasa hormat. Berhubung ikan laut yang digunakan adalah jenis ikan segar dan ukuran oshizushi cukup besar, maka harga sushi pada zaman itu sangatlah mahal sehingga hanya keluarga kerajaan dan kaum bangsawan saja yang bisa menyantapnya.

 


Sumber : Pergikuliner.com


Sampai pada tahun 1970, sushi masih menjadi kuliner mewah sehingga tak semua orang bisa menikmatinya. Baru pada tahun 1980-an, semakin banyak restoran sushi yang berdiri di Osaka dan Tokyo yang menyajikan sushi dengan ukuran lebih kecil dan harga yang cukup murah. Jika Osaka sangat identik dengan oshizushi yakni sushi kotak, Tokyo sangat identik dengan nigirizushi atau sushi kepal.

 

Setelah mengetahui asal usul sushi, apa sekarang kamu jadi kepengen makan sushi? Bagaimana jika mampir ke salah satu gerai sushi yang direkomendasikan PergiKuliner di bawah ini!

Hanako Sushi Bar

Foto Hanako Sushi Bar
Foto Hanako Sushi Bar
Foto Hanako Sushi Bar

Itacho Sushi

Foto Itacho Sushi
Foto Itacho Sushi
Foto Itacho Sushi

Sushi Tora

Foto Sushi Tora
Foto Sushi Tora
Foto Sushi Tora

3 Wise Monkeys

Foto 3 Wise Monkeys
Foto 3 Wise Monkeys
Foto 3 Wise Monkeys

Ichi-go Cafe & Resto

Foto Ichi-go Cafe & Resto
Foto Ichi-go Cafe & Resto
Foto Ichi-go Cafe & Resto

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?