Ini Dia Cara Membuat Tempura yang Renyah dan Garing!

14 Juli 2015 | 0 Komentar
Tempura merupakan gorengan khas dari negeri sakura yang terkenal dengan rasanya yang renyah dan garing di luar tapi tetap lembut di dalam. Tempura mulai marak dan berkembang di Jepang pada tahun 1990-an. Masyarakat Indonesia banyak yang menyukai makanan ini karena sangat cocok di lidah orang Indonesia. Terdapat berbagai jenis tempura khas Jepang. Yang paling terkenal tentunya adalah tempura udang. Tetapi, ada pula tempura jenis lainnya yang juga nggak kalah lezat, yakni tempura sayur yang biasanya terbuat dari jamur shiitake, bawang bombay, timun Jepang, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Sumber: Bon Appetit

Membuat tempura memang susah-susah gampang. Kendala utama dalam membuat tempura adalah bagaimana cara mempertahankan teksturnya yang renyah dan garing. Tempura yang melempem dan lembek akan merusak cita rasa asli dari tempura itu sendiri. Nggak banyak lho orang yang bisa membuat tempura dengan sempurna seperti yang ada di restoran Jepang. Nah, biar kamu sukses dalam membuat tempura, PergiKuliner bakalan ngasih beberapa tips untuk membuat tempura yang renyah dan garing. Check it out!

1. Saat membuat adonan tepung, gunakan tepung terigu dengan tepung sagu


Sumber: The Red Pot

Salah satu kunci kerenyahan tempura terletak pada jenis tepung yang digunakan. Ada banyak sekali tepung khusus tempura yang dijual di pasaran. Tapi, jika kamu merasa kesulitan menemukan tepung tersebut, kamu bisa mencampur tepung terigu dengan tepung sagu. Perbandingan tepung terigu dan tepung sagu adalah 3:1. Terlalu banyak tepung terigu akan membuat tempura menjadi lebih cepat melempem dan tidak garing. Namun, penambahan tepung sagu yang terlalu banyak juga akan membuat tempura menjadi alot. Oleh karena itu, ukur perbandingan kedua tepung tersebut dengan tepat.

2. Gunakan air dingin dalam adonan


Sumber: Hot Theme

Gunakan air dingin untuk mencairkan adonan tepung. Bila perlu, tambahkan 2 buah es batu untuk menjaga agar adonan tepung selalu dingin. Kerenyahan tempura akan muncul jika terdapat perbedaan suhu antara minyak yang dipakai untuk menggoreng dengan adonan tepung yang digoreng.

3.  Jangan mengaduk adonan terlalu lama


Sumber: Food Junta

Aduk adonan tempura dengan menggunakan sumpit tidak lebih dari 10 kali. Kamu tidak perlu mengaduk telur dan tepung hingga merata. Jangan khawatir apabila masih ada tepung yang menggumpal. Karena, jika adonan terlalu banyak diaduk, tempura justru tidak akan menjadi renyah.

4. Hati-hati saat menggoreng tempura


Sumber: Hot Theme

Celupkan bahan yang akan dijadikan tempura ke adonan tepung beberapa kali hingga seluruh bagian tempura diselimuti oleh adonan tepung. Setelah tempura tercampur dengan tepung seutuhnya, goreng tempura selama kurang lebih 2-3 menit hingga berwarna keemasan. Gunakan minyak panas dalam jumlah banyak ketika menggoreng tempura. Jika kamu ingin membuat kulit tempura lebih tebal dan crispy, tuangkan sedikit adonan tepung tambahan ke atas tempura setelah tempura digoreng selama 5-7 detik.

Gimana? Nggak sulit kan? Setelah membaca tips-tips tadi, kamu pasti bisa membuat tempura sendiri dengan sukses. Selamat mencoba ya!


Topik artikel ini: