Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips & Trik Panduan Menyimpan Daging dan Olahannya

List Artikel
28 Juni 2020 | 0 Komentar

Daging menjadi salah satu bahan makanan yang memiliki sumber protein tinggi sehingga bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari mencegah anemia, menjaga massa otot, memberikan energi, dan masih banyak lagi. Daging bisa diolah menjadi aneka kuliner apa saja, mulai dari dijadikan steak, campuran pada sup, burger, hingga diolah menjadi aneka olahan frozen food seperti bakso, sosis, dan nugget. Daging ini memiliki daya tahan yang cukup lama alias awet jika kamu menyimpannya dengan cara yang tepat. Tapi kalau kamu tidak menyimpannya dengan cara yang tepat, meski tidak basi, maka daging bisa berubah tekstur dan rasanya. Oleh karena itu, PergiKuliner akan memberikanmu beberapa trik panduan menyimpan daging dan olahannya berikut ini!



Sumber: Toiimg.com


Daging Segar Tanpa Tulang

Daging tanpa tulang (terutama daging sapi) yang masih dalam keadaan segar dan belum dipotong-potong, akan memiliki daya tahan yang lebih awet dan bisa bertahan hingga 12 bulan jika disimpan dalam wadah tertutup di dalam freezer. Sebenarnya kamu juga bisa menyimpannya dalam kulkas biasa, hanya saja cuma bisa bertahan hingga 5 harian saja karena bakteri akan mudah berkembang, berbeda dengan freezer. Setidaknya pasang suhu freezer di bawah -10 derajat.


Daging dengan Tulang dan Jerohan

Untuk daging dengan tulang, daya tahannya tidak selama daging tanpa tulang karena hanya bisa tahan hingga 6 bulan saja jika disimpan dalam freezer. Terlebih lagi untuk jerohan seperti ati, ampela, jantung, lidah, usus, paru, dan lain sebagainya punya daya tahan yang lebih pendek yakni hanya sekitar 3-4 bulan. Sama seperti daging segar tanpa tulang, simpan daging dengan tulang dan jerohan dalam wadah tertutup.  


Daging Giling

Semakin kecil potongan daging, maka semakin besar kemungkinan daging akan terkena bakteri. Jadi kalau disimpan dalam keadaan utuh bisa tahan lama, tapi jika disimpan dalam bentuk potongan, apalagi jika sudah dicincang atau digiling, maka hanya bisa tahan hingga 3 bulanan saja di freezer. Jika kamu letakkan dalam kulkas biasa, maka hanya bisa tahan selama 2 harian saja.  


Daging Olahan

Kita selalu mengira daging yang sudah diolah akan memiliki daya tahan yang lebih awet karena sudah ada bumbu di dalamnya, tapi nyatanya tidak. Daging olahan seperti sosis, bakso, dan nugget akan punya daya tahan hingga 1-2 bulan jika disimpan dalam keadaan beku di dalam freezer. Sementara jika disimpan dalam kulkas biasa hanya bisa awet kurang dari 1 bulan.  


Daging yang Sudah Dimasak

Untuk daging yang sudah dimasak, sebaiknya kamu menunggu hingga daging sudah benar-benar dingin. Daging yang sudah dimasak, baik itu yang direbus hingga dipanggang sebenarnya bisa awet hingga 1-2 bulan, tetapi pastikan untuk menyimpan dalam keadaan dingin alias sudah tidak ada uap panasnya lagi dan simpan dalam wadah tertutup.


Itulah beberapa trik untuk menyimpan daging dan olahannya. Semoga informasi di atas bisa berguna untukmu ya Teman PergiKuliner!

Steak 21 Buffet

Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet
Foto Steak 21 Buffet

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Pochajjang Korean BBQ

Foto Pochajjang Korean BBQ
Foto Pochajjang Korean BBQ
Foto Pochajjang Korean BBQ

Shaburi & Kintan Buffet

Foto Shaburi & Kintan Buffet
Foto Shaburi & Kintan Buffet
Foto Shaburi & Kintan Buffet

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?