Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Nggak Nyangka, Sejarah Daging BBQ Awalnya untuk Jatah Makanan Koboi!

List Artikel
28 Juni 2020 | 0 Komentar

Barbeque atau yang lebih dikenal dengan sebutan BBQ adalah metode atau teknik memasak yang menggunakan panggangan untung memanggang atau membakar bahan makanan. Meski bisa menggunakan bahan makanan apa saja untuk dijadikan BBQ, tapi daging menjadi bahan makanan yang paling banyak dijadikan BBQ. Daging yang dimasak dengan cara BBQ memiliki aroma yang wangi dengan cita rasa khas asap yang membuatnya unik dan berbeda. Daging BBQ memang sangat populer, kamu bahkan bisa menjumpai banyak restoran khusus BBQ di Indonesia. BBQ sebenarnya dipercaya sudah ada sejak zaman prasejarah karena pada dasarnya masyarakat dulu memasak daging dengan cara dibakar di atas api. Tapi ada cerita di mana daging BBQ mulai dikenal sejak tahun 1800-an di Amerika.



Sumber: Pergikuliner.com


Selama ini kita memang sudah mengetahui kalau BBQ berasal dari Amerika karena BBQ  bukan hanya populer tapi rasanya sudah menjadi tradisi memasak secara turun temurun di negara tersebut. Jadi pada tahun 1800-an, koboi ternyata memiliki majikan. Majikan tersebutlah yang memiliki kuda dan hewan ternak yang nantinya harus dijaga dan digembala oleh para koboi. Nah, majikan koboi-koboi ini rata-rata sangat pelit dan enggan memberi makan gratis kepada para koboinya. Oleh karena itu, diberilah daging bagian punggung hewan kepada para koboi. Daging bagian punggung ini memiliki lemak yang tebal dengan daging yang sedikit sehingga harganya lebih murah dibanding bagian lainnya.



Sumber: Pergikuliner.com


Para koboi ini pun memutar otak agar mereka bisa menikmati daging pemberian sang majikan yang sangat berharga tersebut. Jika dijadikan sup, maka kuahnya akan sangat berminyak. Maka diputuskanlah untuk memanggang daging di atas api kecil dalam waktu yang sangat lama. Mereka menggunakan tusukan besi yang ditusukkan ke dalam bagian daging tersebut. Saat dipanggang, berhubung memiliki lemak yang banyak, maka lemak tersebut akan meleleh di atas bara api dan melapisi bagian daging sehingga citarasanya menjadi gurih karena seperti diberikan mentega saat memanggangnya. Teknik memanggang daging dengan api kecil dalam waktu lama inilah yang kemudian populer dan disebut dengan teknik BBQ. Nama BBQ sebenarnya berasal dari Kepulauan Karibia, tepatnya dari orang-orang Taino yang ada di Puorto Rico dan sekitarnya. Mereka menyebut BBQ dengan nama barbicu, sedangkan orang Roma menyebutnya dengan barbacoa.


Nggak nyangka bukan kalau daging BBQ sejarahnya berasal dari jatah makanan koboi. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kulinermu. Dan kalau kamu jadi kepingin makan BBQ setelah membaca artikel ini, langsung aja cus ke tempat-tempat di bawah ini!

WAKI Japanese BBQ Dining

Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining

Gyu Kaku

Foto Gyu Kaku
Foto Gyu Kaku
Foto Gyu Kaku

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Yakinikuya

Foto Yakinikuya
Foto Yakinikuya
Foto Yakinikuya

D'low Korean BBQ

Foto D'low Korean BBQ
Foto D'low Korean BBQ
Foto D'low Korean BBQ

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?