Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Baru Beli Sambal? Ini Cara yang Tepat untuk Menyimpannya Agar Awet

List Artikel
4 Oktober 2020 | 0 Komentar

Bagi masyarakat Indonesia, sambal sudah menjadi salah satu pelengkap wajib saat makan. Kebanyakan masyarakat Indonesia selalu menyantap makanan mereka dengan tambahan sambal, baik itu makanan yang digoreng, makanan berkuah, hingga makanan yang dibakar. Sambal memiliki cita rasa pedas dan gurih sehingga bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Coba saja kamu makan dengan sambal dan makan tanpa sambal, pastinya porsi nasi yang dilahap akan berbeda. 

Sambal memang bisa dibuat sendiri di rumah karena bahan-bahan pembuatannya mudah didapat dan cara membuatnya juga tidaklah sulit. Tapi ada terkadang kita sedang malas membuat sambal sehingga memilih untuk membeli yang sudah jadi. Sambal kemasan selain praktis juga punya citarasa yang lezat. Meski sudah ada tanggal kadaluarsanya, tapi sambal kemasan harus disimpan yang benar agar bisa awet dan tahan lama. Walaupun masa kadaluarsanya masih lama, tapi kalau kamu tidak menyimpan sambal dengan benar, maka sambal bisa cepat basi. Oleh karena itu, kamu harus menyimpannya dengan benar. Kali ini PergiKuliner akan membagikan beberapa tips yang benar untuk menyimpan sambal, yaitu:



Sumber: Pergikuliner.com


Simpan dalam Wadah Kaca

Cara yang pertama adalah menyimpannya dalam wadah kaca. Seperti yang kamu ketahui, rata-rata sambal kemasan dijual dalam kemasan botol atau toples plastik. Sebaiknya pindahkan sambal tersebut dalam wadah kaca agar tetap awet. Wadah plastik sangat mudah terpapar bakteri yang dapat menyebabkan sambal mudah basi. Sebelum memasukkan sambal dalam wadah kaca, pastikan wadah kaca tersebut sudah kering betul, tidak berminyak, dan steril. Cara mudah untuk mensterilkan wadah kaca adalah dengan mengguyurnya menggunakan air panas lalu mengeringkannya. Dengan begitu, tidak ada bakteri yang tertinggal di dalamnya.


Simpan dalam Kulkas

Sambal kemasan akan lebih awet jika kamu simpan di dalam kulkas tentunya. Menyimpan sambal dalam kulkas bisa menghambat pertumbuhan bakteri di dalamnya. Biasanya sambal yang disimpan dalam kulkas bisa awet lebih lama 1-2 minggu jika dibandingkan dengan penyimpanan di suhu ruangan. Saat akan menyantapnya kembali, keluarkan sambal dari kulkas dan biarkan suhunya kembali seperti suhu ruangan, barulah kamu bisa menyantapnya.

 

Gunakan Sendok Terpisah

Penting untuk menggunakan sendok terpisah saat akan mengambil sambal. Biasanya kita menggunakan sendok bekas makan untuk mengambil sambal. Tapi mulai sekarang jangan dilakukan lagi ya! Gunakan sendok baru yang bersih alias belum terkena makanan lain. Dengan begitu sambal bisa awet dan tahan lama disimpan

 

Panaskan Sambal Sebelum Menyimpannya

Cara yang terakhir untuk menyimpan sambal adalah dengan memanaskannya kembali sebelum menyimpannya. Dengan begitu kadar airnya akan berkurang dan jika terdapat bakteri di dalamnya bisa mati. Tapi setelah dipanaskan, sebaiknya biarkan dalam wadah kaca terbuka alias jangan langsung ditutup. Biarkan sambal sesuai dengan suhu ruangan atau biarkan hingga dingin, barulah kamu bisa menutup wadah sambal.

 

Itulah beberapa cara yang tepat untuk menyimpan sambal. Jadi, mulai sekarang kamu bisa menyimpan sambal kemasanmu dengan tepat ya!

Serba Sambal

Foto Serba Sambal
Foto Serba Sambal
Foto Serba Sambal

Sambal Setan Lambe Turah

Foto Sambal Setan Lambe Turah

Bu Eva Spesial Sambal

Foto Bu Eva Spesial Sambal
Foto Bu Eva Spesial Sambal
Foto Bu Eva Spesial Sambal

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

SHSD Sambel Hejo Sambel Dadak

Foto SHSD Sambel Hejo Sambel Dadak
Foto SHSD Sambel Hejo Sambel Dadak
Foto SHSD Sambel Hejo Sambel Dadak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?