Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Pancake Khas Korea yang Cocok Disantap Saat Hujan

List Artikel
3 Oktober 2020 | 0 Komentar

Meski asalnya dari barat, tapi hampir semua negara di dunia punya pancake khasnya masing-masing. Pancake pada dasarnya merupakan dadar yang dimasak di atas teflon. Kamu bisa menggunakan jenis bahan makanan apa saja untuk  dimasak menjadi adonan pancake. Di Korea, pancake disebut dengan jeon. Negeri ginseng ini ternyata punya banyak sekali olahan pancake yang menggunakan bahan-bahan berbeda. Berhubung dibuat dari bahan yang berbeda, maka cita rasanya sudah pasti berbeda-beda pula. Dari sekian banyak pancake khas Korea, Ada tujuh yang paling populer, yaitu:


1. Kimchi Pancake



Sumber: Shortpixel.ai


Pertama ada kimchi pancake atau yang dikenal dengan nama kimchijeon. Kimchi merupakan sayuran yang difermentasikan dalam jangka waktu lama. Cita rasanya agak asam dengan tekstur yang renyah. Untuk membuat kimchijeon, kamu harus mencampur kimchi dengan tepung, sedikit daun bawang, gula, serta garam. Nantinya kimchijeon harus disantap bersama dengan cocolan kecap asin.


2. Garlic Chive Pancake



Sumber: Indonesiaeats.com


Selain pancake kimchi, ada garlic chive pancake yang juga banyak digemari. Garlic chive pancake atau buchujeon adalah pancake Korea yang dibuat dari bahan dasar kucai. Kucai yang sudah dicuci bersih kemudian di tata di atas wajan dan disiram dengan adonan tepung pancake lalu dimasak hingga matang.Buchujeon seringkali disantap sebagai lauk pauk, tapi juga bisa dijadikan sebagai cemilan untuk disantap ketika sedang hujan.


3. Mungbean Pancake



Sumber: heraldm.com


Mungbean pancake atau nokdujeon merupakan jenis pancake khas Korea yang dibuat dari bahan dasar kacang hijau yang diberi adonan tepung lalu dimasak di atas wajan hingga matang dan warnanya berubah keemasan. Nokdujeon ini memiliki tekstur yang agak garing di luar, tapi di dalamnya lembut. Sementara cita rasanya ada perpaduan antara rasa manis dan asin gurih. Biasanya nokdujeon disantap sebagai cemilan saat minum soju.

 

4. Haemul Pancake



Sumber: Foodnetwork.com


Suka seafood? Kamu bisa coba haemul pancake yang merupakan pancake khas Korea yang dibuat dari bahan dasar seafood seperti udang, ikan, dan cumi. Cita rasanya sangat gurih dengan perpaduan aroma seafood yang wangi. Haemulpancake biasanya disantap bersama dengan makgeoli dan paling cocok disantap pada saat musim hujan. Makgeoli adalah rice wine khas Korea.


5. Potato Pancake



Sumber: Maangachi.com


Selanjutnya ada potato pancake. Potato pancake atau kamjajeon merupakan pancake yang dibuat dari bahan dasar kentang. Kentang yang sudah dikupas dan dicuci bersih kemudian dihaluskan dan diberi campuran sayuran seperti daun bawang, wortel, cabai, hingga zuchini. Tekstur dari kamjajeon renyah di luar tapi sangat lembut di dalamnya. Cita rasanya gurih asin dan creamy.


6. Zucchini Pancake



Sumber: Theordinarygourmet.wordpress.com


Zucchini pancake atau hobakjeon yang dibuat dari bahan dasar labu musim panas. Labu yang sudah diiris-iris kemudian diberi adonan tepung dan diaduk lalu dibumbui dan dimasak di atas wajan hingga matang. Teksturnya sangat garing dan cocok disantap saat masih panas. Cita rasa dari zucchini pancake sangat gurih dan cocok disantap dengan cocolan saus kecap asin.

 

7. Sweet Korean Pancake



Sumber: Pinimg.com


Terakhir ada sweet Korean pancake yang menjadi salah satu jenis pancake khas Korea yang bercita rasa manis. Sweet Korean pancake atau hotteok merupakan jenis pancake yang dibuat dari bahan dasar tepung dan ragi, mirip dengan cara pembuatan roti. Hotteok punya isian yang sangat beragam. Mulai dari isian kacang merah, kacang hijau, keju, dan lain sebagainya. Hotteok ini bisa kamu jumpai dengan mudah di pinggir jalan.


Itu dia pancake lezat khas Korea yang cocok disantap saat hujan. Nah, ketujuh pancake di atas, kira-kira mana nih yang mau kamu coba? Tenang! Nggak perlu ke Korea kok kalau mau coba pancake-pancake ini, karena kamu bisa menikmati aneka pancake khas Korea ini di restoran-restoran Korea di bawah ini!

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Madam Lee Korean BBQ

Foto Madam Lee Korean BBQ
Foto Madam Lee Korean BBQ
Foto Madam Lee Korean BBQ

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Oppa Korean Food Cafe

Foto Oppa Korean Food Cafe
Foto Oppa Korean Food Cafe
Foto Oppa Korean Food Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?