Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Icip Kesegaran 5 Es Khas Bandung yang Rasanya Tak Akan Terlupakan

List Artikel
8 November 2016 | 0 Komentar

Bandung memang kaya akan kulinernya. Tak hanya makanan, Bandung juga mempunyai beragam minuman tradisional. Salah satu minuman yang paling terkenal adalah bandrek yang cocok diseruput malam hari saat cuaca sedang dingin. Tapi tak hanya minuman hangat saja lho yang dimiliki Bandung. Kota Kembang ini punya beragam minuman dingin yang segar dan bisa memuaskan dahaga kamu saat cuaca sedang terik. Ingin tahu ada es segar apa yang dimiliki Bandung? Simak ulasannya berikut ini:


 

1. Es Oyen



Sumber: pergikuliner.com


Es oyen merupakan salah satu es khas Bandung yang sudah ada sejak tahun 1954. Es Oyen terbuat dari berbagai macam buah-buahan seperti alpukat, kelapa muda, kolang-kaling, nangka, yang diberi es serut dan susu kental manis serta taburan pacar cina berwarna merah muda yang menambah cerah warna es oyen. Di daerah lain es oyen disebut dengan es teler karena bahan pembuatnya yang sama.



2. Es Cendol




Sumber: pergikuliner.com


Siapa yang tak kenal dengan es khas Bandung yang satu ini. Es cendol memiliki cara pembuatan serta bentuk yang unik karena dibuat dengan menggunakan saringan khusus yang membuatnya berbentuk bulir panjang. Es cendol terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna hijau alami dari daun suji. Es cendol disajikan dengan santan yang direbus bersama dengan daun pandan sehingga memiliki aroma yang wangi, gula merah cair, dan tentunya es serut.


 

3. Es Goyobod



Sumber: chefbyaccident.com


Es yang satu ini memang susah ditemui di daerah lain selain kota Bandung. Es goyobod terdiri dari goyobod yang terbuat dari tepung hunkwe yang direbus lalu dipotong kotak-kotak. Teksturnya sangat kenyal. Es goyobod disajikan bersama potongan alpukat, kelapa muda, pacar cina, peyeum (tape), santan, gula kawung, dan juga es batu.


 

4. Es Cincau



Sumber: bubengcu.blogspot.com


Es cincau merupakan minuman segar yang berbahan utama cincau dengan memiliki tekstur mirip dengan agar-agar. Cincau dibuat dari daun cincau yang direbus lalu sarinya diambil untuk dijadikan cincau. Cincau yang sudah dipotong-potong kemudian di tambahkan sirup merah, santan cair, serta es serut agar lebih segar.  


 

5. Es Lilin



Sumber: penyulihanc16fapetub.wordpress.com


Sesuai dengan namanya, es lilin berbentuk mirip dengan lilin pada umumnya. Ada banyak ragam dan jenis rasa es lilin tergantung dari bahan pembuatnya, mulai dari es lilin kacang hijau, es lilin pandan, es lilin nangka, dan lain-lain. Semua es lilin tersebut memiliki bahan dasar yang sama yakni gula dan santan yang dicampur dengan bahan lainnya kemudian dimasukkan dalam plastik panjang dan diikat dengan karet hingga bentuknya menyerupai lilin.


Es Teler Sari Mulia Asri

Foto Es Teler Sari Mulia Asri

Pa Oyen 18 Sukajadi

Foto Pa Oyen 18 Sukajadi
Foto Pa Oyen 18 Sukajadi

Sinar Garut Sami Rasa

Foto Sinar Garut Sami Rasa

Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?