Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Unagi yang Menjadi Belut Jepang Penambah Stamina

List Artikel
21 Januari 2023 | 0 Komentar

Unagi merupakan salah satu jenis hewan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Jepang selain ikan. Unagi memiliki ciri khas bentuknya yang panjang dengan warna kulit abu-abu pucat dan daging yang putih. Setelah dimasak, unagi memiliki daging yang sangat lembut sehingga saat masuk ke dalam mulut bisa langsung lumer. Rasa aslinya cenderung agak hambar, oleh karena itu biasanya unagi diberi tambahan bumbu garam dan rempah lainnya supaya rasanya bisa lebih kaya. Unagi dikenal sebagai belut asal Jepang yang bisa menambah stamina tubuh. Olahan unagi bisa dijumpai hampir di semua restoran khas Jepang yang autentik. Biasanya unagi akan dimasak dengan cara dibakar sehingga tekstur dagingnya bisa tetap empuk. Tapi selain itu, unagi juga bisa diolah dengan cara lainnya seperti dikukus hingga di goreng. Dibalik kepopulerannya sebagai makanan penambah stamina, ada fakta-fakta lainnya dari unagi yang perlu kamu ketahui, yaitu:

 


Sumber: Kompas.com


Bukan Termasuk Jenis Belut

Tahukah kalau unagi yang selama ini dianggap sebagi belut Jepang ternyata bukan termasuk dalam kategori belut. Dilansir dari Wikipedia, unagi ini termasuk dalam jenis sidat air tawar, bukanlah belut. Sidat adalah salah satu jenis ikan yang bentuknya memang menyerupai belut. Belut dan sidat memang memiliki tampilan yang sangat mirip, mulai dari tampilan hingga ukuran tubuhnya. Hanya ada sedikit perbedaan dari keduanya sehingga tak heran banyak orang yang salah mengenali. Sidat memiliki bentuk ekor yang agak pipih sedangkan belut ekornya meruncing.

 

Tidak Hanya Dijumpai di Jepang

Meski unagi sangat dikenal di Jepang, tapi pada kenyataannya unagi ini tidak hanya bisa dijumpai di negara Jepang saja. Unagi juga bisa dijumpai di negara-negara lainnya di Asia, termasuk di Asia Tenggara dan Asia Timur. Unagi bisa dijumpai di negara seperti China, Korea, Thailand, Vietnam, dan sebagainya. Meski populasinya tidak sebanyak di Jepang, tapi kamu masih bisa menjumpainya di negara-negara Asia.  



Sumber: Pergikuliner.com


Sekarang Sudah Hampir Punah

Unagi memang bisa dijumpai di beberapa negara Asia tersebut, tapi ternyata hewan ini disinyalir sudah hampir punah keberadaannya. Sejak puluhan tahun yang lalu, populasi unagi memang sudah menyusut hingga 80-90%. Penyebab utamanya adalah karena perburuan manusia. Penyebab lainnya adalah karena unagi sangat sulit untuk bermigrasi dikarenakan adanya penghalang di sepanjang saluran air sehingga menyulitkan mereka bergerak. Unagi sangat sulit untuk dibudidayakan atau yang diternakkan karena kebiasaan mereka yang suka bermigrasi atau berpindah tempat tinggal.

 

Harganya Terbilang Mahal

Langkanya unagi ini membuat harganya terbilang cukup mahal jika dibandingkan ikan-ikan lainnya. Di Indonesia saja harga unagi bisa mencapai ratusan ribu per ekornya. Di Jepang, unagi biasanya disajikan saat ada jamuan khusus atau acara penting karena harganya yang mahal.  Uniknya, meski harga jualnya mahal, tapi unagi ini tetap kesukaan masyarakat Jepang dan masih tetap dicari keberadaannya.

 



Sumber: Justonecookbook.com


Sering Disantap saat Musim Panas

Fakta terakhir dari unagi adalah olahan unagi banyak disantap pada musim panas. Masyarakat Jepang suka menyantap unagi di musim panas untuk meningkatkan stamina mereka. Udara yang panas bisa membuat stamina mudah menurun sehingga dibutuhkan makanan yang kaya akan nutrisi untuk mengembalikan stamina agar tetap terjaga. Di Jepang bahkan ada satu hari di mana masyarakatnya merayakan pergantian musim panas dengan makan unagi. Hari tersebut ada pada saat perayaan Doyo no Ushi no Hi. Perayaan dengan menyantap unagi ini ternyata dirayakan karena selama masa Periode Edo (1603-1868), restoran unagi harus bertahan selama musim panas karena mengalami kesulitan. Untuk memperingati dan mengingat kesulitan di masa tersebut, maka diadakanlah perayaan dengan menyantap unagi saat musim panas.  

 

Itulah beberapa fakta unagi yang ternyata bukan termasuk dalam jenis belut. Semoga informasi tersebut bisa menambah pengetahuanmu. Jika ingin menyantap aneka kuliner khas Jepang, di bawah ini ada beberapa rekomendasi restoran Jepang yang bisa didatangi!

Man Man Unagi

Foto Man Man Unagi
Foto Man Man Unagi
Foto Man Man Unagi

Irotikay

Foto Irotikay
Foto Irotikay
Foto Irotikay

Furusato Izakaya - The Orient Hotel

Foto Furusato Izakaya - The Orient Hotel
Foto Furusato Izakaya - The Orient Hotel
Foto Furusato Izakaya - The Orient Hotel

Aoki Japanese Cuisine - Hotel Gran Mahakam

Foto Aoki Japanese Cuisine - Hotel Gran Mahakam
Foto Aoki Japanese Cuisine - Hotel Gran Mahakam
Foto Aoki Japanese Cuisine - Hotel Gran Mahakam

Okuzono Japanese Dining

Foto Okuzono Japanese Dining
Foto Okuzono Japanese Dining
Foto Okuzono Japanese Dining

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?