Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Fakta Menarik Tentang Kangkung yang Wajib Kamu Ketahui

List Artikel
19 Februari 2017 | 0 Komentar

Mengkonsumsi sayuran tentunya sangat bagus dan dianjurkan karena dengan mengkonsumsinya maka tubuh kita akan menerima nutrisi dan vitamin yang terdapat pada sayuran yang kita makan. Tidak jarang pula beberapa orang beralih menjadi vegetarian agar hidupnya tetap sehat dan panjang umur. Vegetarian merupakan sebutan bagi sekelompok masyarakat yang hanya mengkonsumsi sayuran setiap harinya. Tetapi mengapa sebagian orang menghindari kangkung? Padahal kangkung termasuk jenis sayuran dan makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Memang sebagian orang mengatakan bahwa mereka menghindari sayur kangkung karena kangkung dapat membuat tubuh menjadi lemas dan mudah ngantuk. Itu fakta atau mitos ya? Sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu fakta menarik tentang kangkung yuk!



Sumber: PergiKuliner.com



1. Asal-usul kangkung


Kangkung merupakan sejenis sayuran yang termasuk ke dalam Family Convolvulaceae atau kangkung-kangkungan. Tanaman kangkung biasanya hidup di daerah yang berlumpur seperti rawa-rawa, parit, dan tepi sungai. Kangkung biasa dipanen dalam jangka waktu sekitar satu hingga satu setengah bulan. Kebanyakan tanaman ini dapat ditemui dengan mudah di daerah Asia Tenggara seperti Indonesia ini. Itulah sebabnya banyak sekali masakan tradisional Indonesia yang berbahan dasar kangkung seperti tumis kangkung, mie kangkung, dan lain-lain.


2. Kandungan pada kangkung


Kangkung memiliki banyak sekali manfaat salah satunya adalah kangkung sangat kaya akan serat yang berguna untuk menjaga asam empedu dan mencegah kolestrol. Selanjutnya, kangkung juga mengandung zat besi dan mineral yang baik bagi tubuh kita. Zat besi dan mineral sendiri sangat berperan penting untuk membentuk hemoglobin atau sel darah merah sehingga bagi penderita anemia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur kangkung secara rutin. Dan satu lagi, sayur kangkung juga mengandung betakaroten tinggi yang berfungsi sebagai zat antioksidan yang menangkal radikal bebas seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit paru-paru.


3. Mitos kangkung sebagai penyebab kantuk


Sayangnya, belum ada fakta secara medis yang mengatakan bahwa kangkung bisa menyebabkan rasa kantuk. Namun, memang terdapat zat sedaktif pada sayur kangkung yang dapat membuat tubuh dan pikiran akan terasa rileks, sehingga kamu akan mudah mengantuk dan tertidur sehabis mengkonsumsi kangkung. Tetapi hal ini juga belum sepenuhnya benar karena faktanya efek dan tingkat respon pada tubuh manusia setelah memakan kangkung tentu berbeda-beda. Selain itu, menurut penelitian makanan yang tinggi karbohidrat seperti nasi juga bisa berpotensi meningkatkan rasa lemas dan kantuk sehingga apabila kamu menikmati kangkung dengan sepiring nasi maka kemungkinan kamu akan merasa ngantuk. Jadi, kangkung tidak bisa sepenuhnya disalahkan sebagai satu-satunya penyebab rasa kantuk.


4. Kangkung dapat menetralkan racun


Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa kangkung memiliki zat penenang atau zat sedaktif. Disamping berfungsi untuk menenangkan pikiran, zat ini juga berfungsi untuk menetralkan dan menghilangkan racun yang ada di tubuh kita. Oleh sebab itu, tubuh akan menjadi tenang dan rileks. Bahkan di Filiphina, tanaman kangkung dijadikan sebagai bahan obat-obatan untuk menyebuhkan berbagai penyakit seperti wasir, sembelit dan juga bisa digunakan sebagai obat diet herbal.


5. Kangkung dapat menghilangkan ketombe


Fakta menarik yang terakhir tentang kangkung adalah kangkung dapat berkhasiat untuk menghilangkan ketombe pada rambut. Caranya adalah dengan menumbuk halus daun kangkung hingga keluar cairan berwarna hijau dan oleskan pada rambut yang berketombe. Atau, kamu juga bisa merebus daun kangkung hingga berwarna kehijauan kemudian saring air rebusan kangkung dan oleskan pada rambutmu.

Mie Kangkung & Siomay Si Jangkung

Foto Mie Kangkung & Siomay Si Jangkung

Mie Kangkung Jimmy

Foto Mie Kangkung Jimmy
Foto Mie Kangkung Jimmy

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci

Talaga Sampireun

Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun

Seafood Restaurant Sarang Kepiting

Foto Seafood Restaurant Sarang Kepiting

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?