Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Dessert Dingin Ala Eropa yang Tampilan Cantiknya Bikin Menggoda

List Artikel
8 September 2022 | 0 Komentar

Eropa dikenal sebagai benua yang memiliki banyak negara dengan aneka pilihan kuliner lezatnya, termasuk dessert dingin ala Eropa. Negara-negara Eropa rata-rata tidak hanya memiliki rasa yang enak tapi juga tampilan yang cantik sehingga menggugah selera siapa saja. Alasan lain mengapa dessert dingin ala Eropa memiliki tampilan menawan adalah karena penyajian dessert dianggap sebagai sebuah karya seni. Jadi sebisa mungkin dessert harus ditampilkan dengan tampilan yang cantik. Dessert dingin ala Eropa biasanya dibuat dari bahan-bahan campuran susu, krim, hingga buah-buahan yang menyegarkan. Di bawah ini ada beberapa dessert dingin ala Eropa dengan tampilan cantik yang menggugah selera, yaitu:

 

1. La Dame Blanche dari Belgia



Sumber: Sworld.co.uk


La dame blanche merupakan dessert dingin dari Belgia dengan tampilan cantik. La dame blanche dibuat dari bahan dasar es krim vanila, krim kocok, dan saus cokelat. Saus cokelat ini dibuat dengan campuran bubuk kakao, mentega, dan krim. Saat menyajikan, la dame  blanche diberi tambahan kacang almond yang sudah dipanggang atau disangrai, biskuit, hingga ceri merah yang mempercantik tampilan keseluruhannya. La dame blanche paling sering dikonsumsi sebagai menu penutup makan siang atau makan malam.

 

2. Parfait dari Perancis



Sumber: Simplysissom.com


Parfait adalah dessert dingin dari Perancis yang sangat populer di dunia. Parfait memiliki tampilan yang sangat cantik karena memiliki perpaduan warna-warni menarik. Parfait aslinya dibuat dari bahan dasar kuning telur yang dicampur dengan gula dan krim kocok. Saat disajikan, parfait ini akan diberi hiasan buah-buahan segar. Meski asalnya dari Perancis, tapi parfait juga banyak dijumpai di Amerika Serikat. Parfait di Amerika biasanya dibuat dengan campuran yoghurt atau es krim.

 

3. Tiramisu dari Italia



Sumber: Cookidoo.international


Selanjutnya ada tiramisu yang berasal dari Italia. Tiramisu merupakan dessert dingin ala Eropa yang sangat populer. Tidak hanya di negara-negara Eropa saja, tetapi juga di negara Indonesia. Tiramisu dibuat dari bahan dasar biskuit jari yang direndam dalam larutan kopi lalu dilapisi dengan keju mascarpone dan bagian atasnya diberi cokelat bubuk. Selain menggunakan biskuit jari, biasanya tiramisu juga bisa dibuat dari sponge cake vanilla. Tapi perbedaannya jika menggunakan sponge cake teksturnya jadi lebih lembut.

 

4. Spaghettieis dari Jerman



Sumber: Tasteatlas.com


Spaghettieis merupakan salah satu dessert dingin ala Eropa yang asalnya dari Jerman. Dessert ini sekilas mirip dengan spagheti bolognaise karena berbentuk seperti mie pasta yang diberi siraman saus merah. Spaghettieies dibuat dari bahan dasar es krim yang dibentuk seperti pasta yang kemudian disiram dengan saus strawberry yang berwarna merah. Lalu untuk bagian atasnya diberi taburan keju parut atau parutan cokelat putih. Spaghettieies pertama kali dibuat oleh Dario Fontanella pada tahun 60-an.

 

5. Banoffee Pie dari Inggris



Sumber: Bestrecipes.com.au


Dessert dingin ala Eropa yang terakhir adalah banoffee pie asal Inggris. Banoffee pie dibuat dari bahan dasar biskuit, mentega, pisang, dan saus karamel. Untuk cara membuatnya, biskuit harus dihancurkan terlebih dahulu baru kemudian dicampur dengan mentega dan tata di atas loyang. Lalu bagian atasnya diberi irisan pisang yang disiram dengan saus karamel. Untuk siraman terakhirnya diberi whipped cream dan dibekukan di dalam kulkas. Pada bagian atasnya, banoffee pie biasanya diberi taburan kacang almond cincang, bubuk kakao, atau kopi bubuk. Banoffee pie sudah ada sejak tahun 1971.

 

Itulah beberapa dessert dingin ala Eropa yang cantik dan punya rasa enak menyegarkan. Kamu paling suka dessert yang mana?

 

Jika ingin menyantap dessert yang dingin-dingin di tengah cuaca Indonesia yang panas terik, di bawah ini ada rekomendasi tempat dessert favoritmu!

Zangrandi Ice Cream

Foto Zangrandi Ice Cream
Foto Zangrandi Ice Cream
Foto Zangrandi Ice Cream

Gormeteria

Foto Gormeteria
Foto Gormeteria
Foto Gormeteria

La Casa Ice Cream Zangrandi

Foto La Casa Ice Cream Zangrandi
Foto La Casa Ice Cream Zangrandi
Foto La Casa Ice Cream Zangrandi

Lind's Ice Cream

Foto Lind's Ice Cream
Foto Lind's Ice Cream
Foto Lind's Ice Cream

Maison Tremel

Foto Maison Tremel
Foto Maison Tremel
Foto Maison Tremel

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?