Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Varian Beras Putih Terpopuler di Seluruh Dunia

List Artikel
2 April 2022 | 0 Komentar

Beras menjadi salah satu makanan pokok di beberapa negara, termasuk Indonesia. Beras yang dapat diolah menjadi nasi bisa memberikan asupan karbohidrat sehingga kita bisa beraktivitas dengan lancar setiap harinya. Beras memiliki banyak jenis, mulai dari beras putih, cokelat, merah, dan hitam. Dari semuanya, jenis beras putih yang paling banyak dikonsumsi. Tapi beras putih sendiri punya banyak ragamnya juga. Di Indonesia, beras putih yang banyak dikonsumsi adalah beras pandan wangi, beras IR64 atau ramos beras rojolele, dan lain sebagainya. Tak hanya di Indonesia saja, beras putih ternyata juga banyak variannya di dunia. Dari beberapa varian beras putih, ada setidaknya lima varian beras putih terpopuler di seluruh dunia, yaitu:  

 

1. Beras Jepang



Sumber: Allabout-japan.com


Varian beras putih terpopuler di dunia yang pertama ada beras Jepang. Bagi penggemar kuliner Jepang pastinya kamu sudah tahu bagaimana rasanya beras Jepang yang diolah menjadi beragam kuliner khas Jepang seperti sushi, onigiri, nasi bento, dan lain sebagainya. Beras Jepang memiliki bentuk yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan beras Indonesia, hanya saja yang membedakannya adalah beras Jepang memiliki tekstur yang mudah lengket satu sama lain bulirnya sehingga lebih mudah dipadatkan saat dimasak.

 

2. Beras Arborio



Sumber: Masterclass.com


Beras arborio menjadi varian beras putih yang asalnya dari Italia. Buat yang pernah mengonsumsi risotto pastinya tahu beras ini. Beras arborio memiliki bentuk bulir kecil dan pendek. Warnanya jauh putih jika dibandingkan beras-beras yang ada di Indonesia. Tipe beras arborio mampu menyerap air lebih banyak sehingga teksturnya ketika matang akan lebih lembut dan agak lengket. Ketika kamu memasaknya, beras arborio ini butuh perhatian khusus karena mudah hancur sehingga tak boleh sering-sering diaduk.

 

3. Beras Basmati



Sumber: Feastingathome.com


Dari namanya, beras basmati mungkin terdengar tak asing bagimu. Beras basmati adalah beras yang asalnya dari India dan Pakistan tapi juga sering digunakan pada aneka olahan masakan khas Timur Tengah seperti nasi biryani. Beras basmati memiliki ciri khas bulir yang panjang dan agak kurus dengan tekstur yang kenyal dan padat. Hal ini dikarenakan pada saat proses pemasakannya, bulir-bulir pada beras basmati bisa memisahkan diri sehingga menghasilkan nasi yang berukuran panjang. Meski bukan termasuk beras pera, tapi uniknya bulir berasnya bisa memanjang hingga tiga kali lipat saat dimasak.

 

4. Beras Bomba



Sumber: Tasteatlas.com


Beras bomba menjadi salah satu varian beras putih terpopuler di seluruh dunia. Beras yang asalnya dari Spanyol ini memiliki bentuk yang kebalikannya dari beras basmati karena ukurannya cenderung pendek dan bantet. Meski demikian, beras ini akan memisah bulirnya ketika matang, sama seperti beras basmati. Beras bomba biasanya dimasak bersama dengan kaldu sehingga citarasanya lebih gurih seperti dijadikan paella atau nasi seafood khas Spanyol.

 

5. Beras Jasmine



Sumber: Masterclass.com


Varian beras putih terpopuler di seluruh dunia yang terakhir adalah beras jasmine. Beras jasmine adalah beras yang banyak dibudidayakan di negara Thailand dan Kamboja. Tampilan bentuknya tak jauh berbeda dengan beras-beras dari Indonesia. Hanya saja, beras ini ketika matang cenderung sangat pulen dan lembut. Layaknya beras Indonesia yang punya aroma pandan, beras jasmine ini memiliki aroma wangi melati yang khas saat sudah matang.

 

Sekarang kamu sudah tahu khan kalau ada banyak jenis beras putih di dunia. Dari kelimanya, kamu pernah mengonsumsi beras putih yang mana dan bagaimana menurutmu citarasanya? Apakah citarasanya lebih enak beras asli Indonesia?

Nasi Akwang

Foto Nasi Akwang
Foto Nasi Akwang
Foto Nasi Akwang

Nasi Kapau Langganan

Foto Nasi Kapau Langganan
Foto Nasi Kapau Langganan
Foto Nasi Kapau Langganan

Nasi Kulit Pas Kantong

Foto Nasi Kulit Pas Kantong
Foto Nasi Kulit Pas Kantong
Foto Nasi Kulit Pas Kantong

Nasi Akwang

Foto Nasi Akwang
Foto Nasi Akwang
Foto Nasi Akwang

Aljazeerah Restaurant & Function Hall - Polonia

Foto Aljazeerah Restaurant & Function Hall - Polonia
Foto Aljazeerah Restaurant & Function Hall - Polonia
Foto Aljazeerah Restaurant & Function Hall - Polonia

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?