Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jajanan Tradisional Berbumbu Kacang yang Rasanya Legit Banget

List Artikel
31 Maret 2022 | 2 Komentar

Indonesia memiliki banyak sekali jajanan tradisional berbumbu kacang. Bumbu kacang seolah sudah menjadi saus khas yang disiramkan pada beberapa kuliner tradisional, mulai dari sate ayam, ketoprak, karedok, gado-gado, hingga jajanan tradisional yang disantap sebagai camilan mengenyangkan. Bumbu kacang khas Indonesia dibuat dari bahan dasar kacang tanah yang digoreng atau disangrai hingga matang kemudian dihaluskan bersama dengan bawang putih, cabai keriting, cabai rawit, garam, gula merah, daun jeruk, dan bahan tambahan lainnya. Rasanya asin gurih bercampur pedas manis dengan tekstur yang creamy. Dari sekian banyak jajanan tradisional berbumbu kacang, ada lima yang paling sering kita jumpai karena kebanyakan dijual oleh pedagang kaki lima, yaitu:

 

1. Batagor



Sumber: Pergikuliner.com


Jajanan tradisional berbumbu kacang yang pertama adalah batagor. Jajanan ini merupakan singkatan dari bakso dan tahu yang digoreng. Adonan dasarnya memang merupakan adonan bakso yang kemudian dilapisi dengan kulit pangsit atau dimasukkan ke dalam isian tahu cokelat sebelum akhirnya digoreng hingga matang dan garing. Setelah matang, gorengan tadi dipotong-potong kemudian disajikan bersama dengan siraman saus kacang. Sebagai pelengkap, batagor biasanya akan diberi perasan jeruk limau, saus sambal, dan juga kecap manis.

 

2. Siomay



Sumber: Pergikuliner.com


Siomay menjadi jajanan tradisional berbumbu kacang yang juga tak kalah populernya. Jajanan ini rasanya selalu dijumpai di pinggir jalan, entah itu dekat sekolah, komplek perumahan, hingga kawasan perkantoran. Siomay dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu rempah. Nantinya adonan siomay ini ada yang dibentuk bulat begitu saja dan ada yang diisikan ke aneka sayuran seperti kentang, pare, hinggal kubis. Selain itu, adonan siomay juga ada yang dibalut dengan kulit pangsit dan ada yang dimasukkan ke dalam tahu cokelat atau putih. Proses memasaknya adalah dengan cara dikukus hingga matang. Nantinya setelah matang, siomay akan disajikan dengan siraman bumbu kacang, perasan jeruk limau, kecap, dan sambal.

 

3. Cilok



Sumber: Hot.liputan6.com


Jika kedua jajanan tradisional berbumbu kacang di atas terasa cukup mengenyangkan, ada cilok yang bentuknya kecil tapi juga bisa membuat kenyang karena dibuat dari bahan dasar tepung tapioka, tepung terigu, air, bawang putih, daun seledri, dan garam. Setelah semua bahan dicampur rata dan dibentuk bulat maka adonan akan direbus hingga matang. Setelah matang barulah disiram dengan bumbu kacang. Berbeda dengan dua jajanan tradisional berbumbu kacang sebelumnya, cilok ini hanya disiram saus kacang karena rasa dari saus kacangnya memang sudah gurih dan terbilang pedas karena ada campuran cabai keriting dan cabai rawit di dalamnya.

 

4. Cilor



Sumber: Fimela.com


Jajanan tradisional berbumbu kacang yang selanjutnya adalah cilor. Cilor merupakan singkatan dari aci dan telor yang menjadi bahan dasar utamanya. Jajanan tradisional berbumbu kacang khas Jawa Barat ini dibuat dari bahan dasar tepung tapioka atau tepung kanji yang dicampur dengan daun bawang, garam, dan lada. Nantinya adonan akan dibentuk bulat lalu direbus hingga matang. Setelah matang, adonan akan ditusuk dengan tusukan sate lalu dicelupkan ke dalam telur, baru kemudian digoreng hingga matang. Untuk penyajiannya akan diberi siraman saus kacang yang legit.

 

5. Pentol



Sumber: Kulinerkota.com


Pentol merupakan jajanan tradisional berbumbu kacang dari Jawa Tengah.Pentol sekilas memang mirip dengan bakso karena bahan dasarnya sama-sama dibuat dari daging sapi dan tepung tapioka. Hanya saja komposisinya lebih banyak tepung tapiokanya sehingga teksturnya akan lebih kenyal. Selain dua bahan tersebut, tentu saja ada bumbu rempah di dalamnya sehingga rasanya ini gurih asin. Untuk proses pembuatannya sama dengan pembuatan bakso. Setelah direbus hingga matang, pentol akan disiram dengan saus kacang sebelum disajikan.

 

Itulah beberapa jajanan tradisional berbumbu kacang yang rasanya legit banget. Dari kelimanya, manakah yang sering kamu icip?

Batagor Burangrang

Foto Batagor Burangrang
Foto Batagor Burangrang
Foto Batagor Burangrang

Cilok Goreng Setiabudhi

Foto Cilok Goreng Setiabudhi
Foto Cilok Goreng Setiabudhi
Foto Cilok Goreng Setiabudhi

Siomay Prijaji

Foto Siomay Prijaji
Foto Siomay Prijaji
Foto Siomay Prijaji

Juragan Siomay

Foto Juragan Siomay
Foto Juragan Siomay
Foto Juragan Siomay

LeeLoo Siomay

Foto LeeLoo Siomay
Foto LeeLoo Siomay
Foto LeeLoo Siomay

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
YQDBuOnygVMXc
melissadockstaderzittinga514@gmail.com | 31 Mar 2022 pk. 02:30 PM
Foto user umum
ZPKyjANYTc
melissadockstaderzittinga514@gmail.com | 31 Mar 2022 pk. 02:30 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?