Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Meski Namanya Sama, 5 Apem Khas Indonesia Ini Punya Tampilan dan Rasa Berbeda

List Artikel
27 November 2022 | 0 Komentar

Apem merupakan salah satu jajanan tradisional yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Jajanan ini memiliki ciri khas tekstur yang empuk dan lembut sehingga tak hanya digemari oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak. Apem dibuat dengan menggunakan bahan campuran telur, santan, gula, tape, dan garam. Meski demikian, beberapa daerah di Indonesia ada yang menambahkan bahan tambahan lainnya sehingga menjadikan rasa dan teksturnya menjadi berbeda. Inilah yang membuat banyaknya ragam apem yang berbeda-beda tergantung dari daerah asalnya. Jadi meski namanya apem, tapi tampilan dan rasanya bisa berbeda karena bahan pembuatan dan teknik memasak yang digunakan berbeda. Ada lima apem khas Indonesia yang paling populer dan banyak digemari, yaitu:

 

1. Apem Jawa



Sumber: Pinimg.com


Jenis apem khas Indonesia yang pertama adalah apem Jawa. Apem Jawa menjadi varian apem yang paling populer dan banyak dijumpai, baik itu di pasar tradisional maupun toko kue serta toko oleh-oleh. Apem Jawa dibuat dengan cara dipanggang menggunakan cetakan. Aslinya, apem Jawa ini dibakar di atas tungku hingga matang sehingga menghasilkan aroma asap yang khas. Tapi sekarang apem Jawa lebih banyak dimasak di atas kompor biasa. Berhubung dimasak dengan cara dipanggang, maka apem Jawa lebih tahan lama jika dibandingkan jenis apem lainnya.

 

2. Apem Palembang



Sumber: Doyanresep.com


Selain apem Jawa, apem Palembang menjadi yang paling banyak dijumpai. Apem ini tidak hanya bisa kamu jumpai di Palembang saja, tapi juga daerah-daerah yang ada di Indonesia. Masyarakat kita mengenalnya dengan nama apem gula merah karena memang dibuat dengan campuran gula merah. Ciri khas dari apem ini adalah cara penyajiannya yang unik dan berbeda dari apem lainnya karena disajikan dengan kelapa parut yang sudah dikukus sehingga bisa menambah lezat rasanya. Berbeda dengan apem Jawa, untuk apem Palembang ini dimasak dengan cara dikukus sehingga tidak tahan lama. Meski demikian, tekstur dari apem Palembang lebih lembut dan lumer di mulut.

 

3. Apem Pasung



Sumber: Kompasiana.com


Berikutnya ada apem pasung yang dari segi tampilan sangat jauh berbeda dengan apem-apem sebelumnya. Apem pasung adalah apem yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Apem ini memiliki bentuk seperti kerucut dengan bagian luar yang dibalut dengan daun pisang. Apem ini dibuat dengan cara dikukus sehingga teksturnya menjadi sangat lembut. Ukuran apem pasung terbilang kecil sehingga kamu tidak cukup hanya menyantap satu saja.

 

4. Apem Comal



Sumber: Pemalangkab.go.id


Apem comal juga memiliki bentuk dan tampilan yang berbeda dari apem kebanyakan. Apem comal berasal dari daerah Pemalang. Jika apem biasanya menggunakan campuran tape singkong, pada apem comal tidak. Inilah yang menyebabkan rasanya juga berbeda dari apem lainnya. Apem comal memiliki tekstur yang kenyal dan agak lengket sehingga pada bagian bawahnya diberi alas daun pisang. Sedangkan untuk bentuknya ini agak pipih dan gepeng.

 

5. Apem Paranggi



Sumber: Suara.com


Jenis apem khas Indonesia yang terakhir adalah apem paranggi atau yang juga dikenal dengan nama apang paranggi. Apem paranggi bisa dikatakan agak mirip dengan apem Palembang karena sama-sama menggunakan campuran gula merah. Hanya saja pada apem paranggi, cara memasaknya dengan cara dipanggang, bukan dikukus. Apem paranggi memiliki tampilan yang sekilas mirip dengan bolu kukus karena pada bagian atasnya agak merekah.

 

Itulah beberapa jenis apem khas Indonesia yang punya tampilan dan rasa yang berbeda. Dari kelimanya, manakah yang paling kamu suka?

Kue Pukis Bangka Mega Rasa

Foto Kue Pukis Bangka Mega Rasa
Foto Kue Pukis Bangka Mega Rasa
Foto Kue Pukis Bangka Mega Rasa

Choipanku

Foto Choipanku
Foto Choipanku
Foto Choipanku

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Choipan Sutra by Yellov

Foto Choipan Sutra by Yellov
Foto Choipan Sutra by Yellov
Foto Choipan Sutra by Yellov

Sylvie Bika Ambon Medan

Foto Sylvie Bika Ambon Medan
Foto Sylvie Bika Ambon Medan
Foto Sylvie Bika Ambon Medan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?