Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Manfaat Air Jahe Untuk Kesehatan, Minuman Penghangat Tubuh Terbaik

List Artikel
21 Juli 2021 | 2 Komentar

Jahe merupakan salah satu tanaman rempah yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Saat cuaca hujan maupun udara dingin, jahe seringkali diolah menjadi minuman untuk menghangatkan tubuh yang banyak dicari orang. Selain rasanya, ternyata minuman jahe juga dikenal  memiliki banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yang populer adalah manfaat air jahe untuk meredakan flu dan pilek. Namun manfaat air jahe untuk kesehatan tak berhenti sampai disitu. Masih ada banyak lagi manfaat jahe untuk kesehatan lainnya. Oleh karena itu, air jahe kerap dikonsumsi juga oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati berbagai keluhan kesehatan. Inilah manfaat air jahe untuk kesehatan yang perlu kamu tahu!



Sumber: Istockphoto.com


1. Menghilangkan Mual

Mual atau muntah yang tidak ditangani dengan benar bisa berakhir pada dehidrasi akut yang cairan dalam tubuh hilang dalam jumlah yang besar. Untuk itu, jangan anggap sepele masalah mual dan muntah tersebut. Minum air jahe sudah terbukti melalui penelitian efektif untuk mengurangi rasa mual dan mutah pada penderita gastroenteritis. Gastroenteritis sendiri termasuk penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Dimana penyebabkan adalah karena perut dan usus mengalami peradangan akibat virus Salmonella atau Rotavirus. Selain itu, mual pada awal kehamilan juga bisa diredakan dengan meminum air jahe. Namun, konsumsi air jahe untuk ibu hamil tetap perlu dibatasi dan memperhatikan dosisnya.


2. Meredakan Radang Tenggorokan

Saat tenggorokan terasa gatal dan sakit, bahkan tubuh mulai demam, bisa jadi itu adalah pertanda kamu sedang mengalami radang tenggorokan. Jangan buru-buru panik, sebelum memeriksakan diri ke dokter, kamu bisa mengobatinya sendiri di rumah dengan membuat air jahe. Manfaat air jahe untuk kesehatan dipercaya ampuh untuk meredakan radang tenggorokan. Ini dikarenakan jahe memiliki sifat anti inflamasi yang mampu memberikan efek penghilang rasa nyeri akibat peradangan. Menyeruput air jahe hangat juga termasuk pengobatan alami yang paling populer untuk meredakan radang tenggorokan.


3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Salah satu alasan mengapa air jahe bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan adalah karena kandungan gingerol yang ada di dalamnya. Kandungan gingerol pada jahe mampu bekerja secara efektif untuk melindungi lambung dari iritasi hingga peradangan akibat asam lambung. Kandungan ini bekerja dengan menghambat produksi asam lambung berlebih. Selain itu, air jahe juga terbukti bisa membantu mengatasi masalah perut kembung hingga mencegah radang usus. Jadi, bagi kamu yang rentan terkena maag, sebaiknya atasi dengan minum air jahe hangat setiap hari.


4. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Selama bertahun-tahun, air jahe telah terbukti ampuh dalam membantu menurunkan kadar gula darah dan mengatur insulin tubuh bagi penderita diabetes. Selain itu, sifat anti inflamasi yang dimiliki jahe juga dapat mencegah timbulnya komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung dan stroke. Minumlah air jahe dengan rutin setiap hari, namun perlu diingat tidak boleh melebihi batas yang dianjurkan yakni tidak lebih dari 4 gram per hari untuk memperoleh manfaat air jahe yang lebih baik.


5. Meredakan Nyeri Otot dan Sendi

Air jahe juga kerap dikonsumsi untuk mengurangi peradangan serta mengatasi rasa nyeri yang timbul akibat penyakit rematik dan osteoarthritis. Dalam dunia medis pun telah mengakui kehebatan jahe sebagai obat rematik, karena kandungan gingerol dalam tanaman jahe bersifat anti inflamasi. Selain itu, air jahe juga dapat dikonsumsi secara rutin untuk mengatasi nyeri otot, nyeri sendi dan pembengkakan. Minumlah air jahe sebelum tidur untuk membuat tidur lebih nyenyak dan manfaatnya untuk meredakan peradangan dapat bekerja lebih maksimal. Sehingga bangun tidur pun tubuh akan terasa fit dan segar.


6. Mencegah Penyakit Kronis

Jahe termasuk jenis rempah yang mengandung antioksidan cukup tinggi, sehingga manfaat air jahe untuk kesehatan dapat berfungsi untuk melawan radikal bebas. Setiap hari tubuh kita banyak terpapar radikal bebas dari lingkungan sekitar seperti asap rokok, udara, sinar matahari. Bahkan makanan dan kosmetik pun banyak mengandung radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Jika radikal bebas masuk dalam tubuh maka bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kronis seperti kanker, gagal ginjal dan tumor. Dengan minum air jahe secara rutin dapat mencegah dan melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.


7. Menurunkan Berat Badan

Rutin meminum air jahe setelah makan telah terbukti mampu membuat perut kenyang lebih lama dan tidak mudah merasa lapar. Oleh sebab itu, air jahe bisa digunakan juga sebagai teh diet yang membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Selain itu, manfaat jahe lainnya adalah dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan proses metabolisme sehingga tubuh dapat bekerja lebih efektif dalam membakar lemak. Jadi, bagi kamu yang berencana menurunkan berat badan jangan lupa memasukkan air jahe dalam daftar menu diet.


Manfaat Air Jahe Untuk Flu



Sumber: Istockphoto.com


Cuaca Indonesia yang berubah-ubah dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Kekebalan tubuh yang menurun dapat mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit, salah satunya adalah flu. Flu atau influenza merupakan salah satu infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan dan paru-paru. Umumnya penderita flu akan mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, batuk, pilek dan hidung tersumbat. Jika kondisi flu yang kamu alami masih tergolong ringan, sebaiknya jangan mengonsumsi obat-obatan yang dijual secara bebas.


Sebagai gantinya, kamu dapat membuat obat rumahan sendiri yang mudah dari air jahe. Manfaat jahe untuk kesehatan disebut-sebut mampu meredakan penyakit flu dan pilek. Racikan air jahe merupakan bahan anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan imunitas. Oleh sebab itu, minum air jahe dianggap mampu mencegah dan meredakan penyakit flu. Kamu dapat meminum air jahe tersebut sebanyak dua kali sehari untuk merasakan manfaatnya yang maksimal. Selain itu, kamu dapat juga menambahkan bahan lainnya seperti lada hitam, madu, beras kencur, atau lemon ke dalam minuman ini untuk menggandakan manfaatnya.

Suwe Ora Jamu

Foto Suwe Ora Jamu
Foto Suwe Ora Jamu
Foto Suwe Ora Jamu

Acaraki

Foto Acaraki
Foto Acaraki
Foto Acaraki

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
koNVlbzDUpMx
blemberdernq@gmail.com | 21 Jul 2021 pk. 03:01 PM
Foto user umum
ZpriWDVXoejNRM
blemberdernq@gmail.com | 21 Jul 2021 pk. 03:01 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?