Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Camilan Tradisional berbahan Dasar Tepung Sagu untuk Teman Minum Teh

List Artikel
8 Juni 2022 | 0 Komentar

Camilan tradisional berbahan dasar tepung sagu memang sering dijumpai di Indonesia. Selain menggunakan tepung beras dan tepung tapioka, tepung sagu juga sering digunakan untuk membuat aneka camilan tradisional, mulai dari yang bercita rasa manis hingga gurih. Tepung sagu adalah jenis tepung yang terbuat dari pati yang diambil dari pohon sagu. Tepung ini akan memilili tekstur yang agak kenyal ketika sudah dimasak. Berhubung di Indonesia ada banyak pohon sagu, maka tak heran kalau kita bisa dengan mudah mendapatkan tepung ini dengan harga yang sangat terjangkau. Tentu saja ada banyak sekali camilan tradisional berbahan dasar tepung sagu. Di antaranya ada yang cocok untuk dijadikan sebagai teman minum teh di sore hari sambil mengobrol santai dengan teman. Yuk, kita cek apa saja camilan tradisional yang berbahan tepung sagu tersebut, yaitu:

 

1. Kue Bangkit



Sumber: Tmecosys.com


Camilan tradisional pertama adalah kue bangkit yang berasal dari Riau. Kue ini dibuat dari bahan dasar tepung sagu yang dipadukan dengan santan kental, kuning telur, daun pandan, gula pasir, dan sedikit garam. Sekilas teksturnya memang terlihat keras dan kokoh, terutama saat kamu pegang. Tapi jika kue ini sudah masuk ke dalam mulut akan langsung lumer alias meleleh di mulut. Dinamakan kue bangkit karena ketika matang, kue ini akan mengembang hingga dua kali lipat dari adonan semula. Kue ini memiliki banyak bentuk tergantung dari cetakan yang digunakan, mulai dari bentuk bunga hingga daun.

 

2. Kue Rangi



Sumber: Jakarta-tourism.go.id


Kue rangi adalah salah satu camilan tradisional berbahan dasar tepung sagu yang asalnya dari Betawi. Kue rangi termasuk dalam jajanan kaki lima karena memang hanya bisa dijumpai di pedagang kaki lima. Selain menggunakan bahan dasar tepung sagu, kue rangi juga dibuat dengan campuran kelapa parut sehingga membuat rasanya menjadi lebih gurih. Kue rangi biasanya disajikan bersama dengan siraman saus gula merah yang bertekstur sangat kental sehingga membuat rasa dari camilan tradisional ini menjadi lebih manis.

 

3. Kue Bagea



Sumber: Resepkoki.id


Selanjutnya ada kue bagea yang menjadi salah satu camilan tradisional berbahan dasar tepung sagu. Kue bagea yang berasal dari Maluku ini memiliki bentuk yang unik karena bagian permukaannya terlihat seolah retak-retak. Kue bagea dibuat dari bahan dasar tepung sagu yang dicampur dengan kacang kenari, kacang tanah, gula halus, telur, kayu manis, dan minyak sayur. Aroma dari kue bagea ini sangat wangi karena ada campuran kacang dan kayu manisnya.

 

4. Kue Semprit Sagu Keju



Sumber: Masakapahariini.com


Untuk kue semprit sagu keju yang menjadi camilan tradisional berbahan dasar tepung sagu. Asal dari kue ini masih diperdebatkan. Ada yang mengatakan kalau kue semprit sagu keju asalnya dari Riau dan ada juga yang mengatakan kalau kue ini asalnya dari Betawi. Kue semprit sagu keju dibuat dari bahan dasar tepung sagu yang dicampur dengan santan, gula halus, dan keju. Nantinya kue akan dibentuk dengan menggunakan cetakan spluit khusus dan dipanggang hingga matang.

 

5. Kue Sagu Tumbu



Sumber: Daerahkita.com


Camilan tradisional berbahan dasar tepung sagu yang terakhir adalah kue sagu tumbu. Kue ini memiliki tampilan yang cukup berbeda karena bentuknya memanjang dengan bagian luar yang dibungkus dengan kertas berwarna khusus. Kue sagu tumbu dibuat dari tepung sagu kering yang sudah disangrai hingga matang. Nantinya tepung sagu kering akan ditumbuk bersama gula merah dan kacang kenari. Barulah setelah adonan tercampur rata akan dibentuk dan dibungkus.

 

Itulah beberapa camilan tradisional berbahan dasar tepung sagu. Dari kelimanya, manakah yang paling ingin kamu suka?

Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar

Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar
Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar
Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Pia Lie Tan

Foto Pia Lie Tan
Foto Pia Lie Tan
Foto Pia Lie Tan

Nas-Tar by Ritz

Foto Nas-Tar by Ritz
Foto Nas-Tar by Ritz
Foto Nas-Tar by Ritz

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?