Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Jangjorim, Telur Puyuh Fermentasi Ala Korea yang Unik

List Artikel
7 Juni 2022 | 1 Komentar

Kuliner Korea di Indonesia saat ini rasanya sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat sejak beberapa tahun belakangan. Pasalnya, kuliner Korea dirasa cocok di lidah masyarakat Indonesia. Ditambah lagi, sekarang kita sudah bisa menemukan banyak restoran Korea, tidak hanya di ibukota saja, tapi juga di beberapa kota yang ada di Indonesia. Salah satu kuliner Korea yang populer di Indonesia adalah kimchi yang dikenal sebagai makanan fermentasi khas Korea. Tapi selain kimchi ternyata ada makanan fermentasi khas Korea lainnya yang bisa kamu jumpai, yakni mechurial jangjorim.

 


Sumber: Cookatmarket.com


Telur Puyuh Marinasi

Mechurial jangjorim adalah telur puyuh marinasi asal Korea yang pastinya dibuat dari bahan dasar telur puyuh rebus yang difermentasikan dengan menggunakan kecap asin, irisan daun bawang, bawang putih, gula pasir, dan biji wijen. Bahan-bahan tersebut termasuk dalam kategori bahan dasar dasar. Tapi tentu saja selain bahan utama tersebut juga ada bahan tambahan lainnya seperti irisan daging sapi serta cabai. Dengan menambahkan cabai utuh maupun cabai yang telah diiris tipis bisa memberikan aroma berbeda dan pastinya rasa yang lebih pedas. Untuk rasa aslinya sendiri cenderung manis dan agak sedikit asin.



Sumber: Chunjungone.com


Termasuk dalam Golongan Banchan

Tak jauh berbeda dengan kimchi, mechurial jangjorim yang termasuk dalam makanan fermentasi ini juga termasuk ke dalam banchan alias lauk pauk yang cocok disantap dengan nasi putih hangat. Banchan sendiri merupakan makanan pendamping yang selalu disajikan di setiap acara makan Korea. Jenisnya bisa lebih dari satu sehingga kita tidak akan pernah bosan mencicipnya. Mechurial jangjorim ini sangat cocok disantap dengan banchan kimchi sehingga bisa membuat perpaduan rasa yang manis, gurih, asin, dan asam.

 

Bisa Awet Lebih dari Seminggu

Berhubung mechurial jangjorim adalah jenis kuliner fermentasi, maka daya simpannya bisa lebih lama dibandingkan masakan berbahan dasar telur puyuh lainnya. Mechurial jangjorim bisa tahan selama kurang lebih 2-3 hari jika disimpan di suhu ruangan biasa dalam wadah yang tertutup rapat. Tapi jika disimpan di dalam kulkas, maka bisa awet lebih dari seminggu. Kecap asin yang mengandung garam menjadi bahan pengawet alami yang bisa membuat jangjorim tahan lebih lama. Selain itu, jika disimpam di dalam kulkas yang memiliki suhu udara dingin bisa mematikan bakteri yang ada di dalam mechurial jangjorim sehingga kuliner ini tidak mudah basi.

 


Sumber: Detik.net.id


Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

Mechurial jangjorim tidak hanya lezat disantap, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Menjadi kuliner fermentasi, mechurial jangjorim sudah pasti bagus untuk sistem pencernaan karena di dalamnya terdapat bakteri baik untuk tubuh yang sudah terfermentasikan.Tapi selain itu,mechurial jangjorim juga bagus dikonsumsi sebagai sumber protein hewani dan sumber energi bagi tubuh.

 

Itulah sekilas mengenai mechurial jangjorim yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu sendiri pernah mencicip banchan yang satu ini saat bersantap di restoran Korea favorit?

Chingu Korean Fan Cafe

Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

GoGrill-Ah!

Foto GoGrill-Ah!
Foto GoGrill-Ah!
Foto GoGrill-Ah!

Mujigae

Foto Mujigae
Foto Mujigae
Foto Mujigae

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Mechurial jangjorim are marinated quail eggs from Korea which are made from the basic ingredients of boiled quail eggs which are fermented using soy sauce, sliced spring onions, garlic, granulated sugar and sesame seeds. Adding whole chilies or thinly sliced chilies can provide different aroma and of course a spicier taste. For clearer information, you can visit our website https://kulinerekstrim.com/
rezarinaldi0906@gmail.com | 08 Nov 2023 pk. 06:51 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?