Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan Tradisional di Korea yang Biasa Disajikan Saat Tahun Baru

List Artikel
14 Desember 2016 | 0 Komentar

Tahun 2016 akan segera berlalu dan berganti dengan tahun 2017. Sebagian orang sudah menanti-nantikan momen satu tahun sekali ini. Pada perayaan tahun baru, tentunya tak akan lengkap tanpa makanan khas tahun baru yang akan melengkapi kebahagiaan di awal tahun. Bila di Indonesia ada jagung bakar serta aneka makanan bakar lainnya, di Korea ada beberapa hidangan tradisional yang biasa disajikan saat tahun baru. Beberapa makanan tradisional ini tentunya tak sembarang dipilih karena mengandung makna, doa, serta harapan untuk sepanjang tahun nanti. Ingin tahu makanan tradisional Korea apa saja? Simak ulasan lengkapnya di bawah in:



1. Tteokguk



Sumber: ceritakorea.com


Tteokguk merupakan sup kue beras yang disantap pada tanggal 1 Januari. Bagi masyarakat Korea, tahun baru tak ada artinya tanpa menyantap tteokguk karena hidangan ini melambangkan keberuntungan di awal tahun. Tteokguk terbuat dari kue beras yang diiris tipis-tipis lalu dimasak dengan kuah kaldu daging dan disajikan bersama irisan daging, dadar telur iris, rumput laut, dan juga daun bawang.



2. Galbijjim



Sumber: koreabapsang.com


Galbijjim merupakan hidangan daging iga yang menjadi lauk wajib saat perayaan tahun baru di Korea. Galbijjim terbuat dari daging iga pendek yang dipotong-potong dan dicampur dengan aneka sayuran seperti kentang dan wortel lalu dimasak dengan cara dikukus dengan aneka bumbu seperti kecap, minyak wijen, daun bawang, merica, dan gula. Untuk memasak galbijjim membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni bisa berjam-jam karena harus menunggu daging iganya benar-benar empuk.



3. Japchae



Sumber: pergikuliner.com


Hidangan Korea yang satu ini kamu pasti sudah tahu karena japchae sudah banyak dijual di restoran Korea di Indonesia. Japchae sekilas mirip dengan bihun goreng ala Indonesia, tapi japchae ini sangat berbeda dengan bihun goreng. Japchae terbuat dari mie ubi jalar yang ditumis dengan aneka sayuran, daging, serta aneka bumbu lainnya. Japchae memiliki makna panjang umur sehingga selalu dihidangkan pada pesta perayaan tahun baru.



4. Namul



Sumber: wikimedia.org


Namul termasuk dalam jenis banchan alias lauk pauk pendamping. Namul terbuat dari aneka sayuran seperti kecambah kedelai, bayam, lobak, batang ubi jalar, dan masih banyak lagi. Sayuran tersebut ditumis atau dikukus sebentar lalu diberi minyak wijen dan garam untuk penambah rasa. Pada perayaan tahun baru, ada tiga namul yang wajib tersaji yakni sigeumchi namul alias bayam tumis, gosari namul yakni daun pakis tumis, dan doraji namul alias akar tanaman doraji yang ditumis.



5. Jeon



Sumber: misshappybelly.com


Jeon merupakan pancake atau gorengan ala Korea. Jeon bisa dibuat dari irisan daging, seafood, serta aneka sayuran tergantung selera kamu. Daging atau sayuran yang sudah diiris kemudian dicelupkan dalam adonan tepung lalu digoreng hingga matang. Saat perayaan tahun baru, masyarakat Korea lebih suka membuat jeon yang berbentuk bulat seperti mentimun yang diiris, lobak, dan lain sebagainya.



6. Yaksik



Sumber: korea.net


Yaksik merupakan hidangan manis yang melambangkan kesehatan pada tahun baru. Yaksik terbuat dari beras ketan, kenari, jujube, dan kacang pinus yang dibumbui dengan gula merah, minyak wijen, dan kecap. Yaksik disantap sebagai camilan setelah pergantian tahun yakni pada bulan Januari. Rasanya manis dan legit.



7. Yakgwa



Sumber: helloseoul.files.wordpress.com


Hidangan tahun baru yang terakhir adalah yakgwa yang merupakan hidangan penutup tradisional khas tahun baru. Yakgwa memiliki banyak khasiat kesehatan bagi tubuh karena terbuat dari tepung terigu, minyak wijen, madu, biji wijen, serta kacang-kacangan. Bentuk hidangan ini sangat cantik karena berbentuk mirip bunga.


Arasseo

Foto Arasseo
Foto Arasseo
Foto Arasseo

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Myeong Ga Myeon Ok

Foto Myeong Ga Myeon Ok

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

Born Ga

Foto Born Ga
Foto Born Ga
Foto Born Ga

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?